Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks berikut!


Pendidikan karakter merupakan bekal siswa di masa depan. Siswa harus memiliki sikap individu kepada sesama dan memiliki skill atau potensi diri yang dapat dibanggakan agar siswa sebagai penerus bangsa ini lebih siap mengahadapi.space 

Perbaikan penggunaan kata yang tepat pada teks tersebut adalah ....

Perbaikan penggunaan kata yang tepat pada teks tersebut adalah ....space 

  1. karakter menjadi sikapspace 

  2. bekal menjadi modalspace 

  3. individu menjadi toleransispace 

  4. penerus menjadi generasispace 

Iklan

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C. space 

Iklan

Pembahasan

Perbaikan penggunaan kata atau istilah dapat dilakukan dengan menggantinya dengan istilah/kata yang disesuaikan dengan konteks kalimat. Berkaitan dengan hal ini, kita harus mengetahui makna kata/istilah yang sesuai dengan konteks kalimat tersebut. Kesalahan penggunaan kata pada teks di atas, terdapat pada kalimat kedua yaitu pada kata "sikap individu". Penggunaan kata "individu" pada kalimat ini tidak logis jika melihat dari keseluruhan konteks kalimatnya, yaitu Siswa harus memiliki sikap individu kepada sesama dan memiliki skill atau potensi diri yang dapat dibanggakan agar siswa sebagai penerus bangsa ini lebih siap mengahadapi. Kata "individu" bertentangan dengan frasa "kepada sesama". Sehingga perbaikan yang tepat adalah individu menjadi toleransi. Perbaikannya menjadiSiswa harus memiliki sikap toleransi kepada sesama dan memiliki skill atau potensi diri yang dapat dibanggakan agar siswa sebagai penerus bangsa ini lebih siap mengahadapi. Kata "toleransi" memiliki hubungan yang logis dengan frasa "kepada sesama". Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Perbaikan penggunaan kata atau istilah dapat dilakukan dengan menggantinya dengan istilah/kata yang disesuaikan dengan konteks kalimat. Berkaitan dengan hal ini, kita harus mengetahui makna kata/istilah yang sesuai dengan konteks kalimat tersebut. 

Kesalahan penggunaan kata pada teks di atas, terdapat pada kalimat kedua yaitu pada kata "sikap individu". Penggunaan kata "individu" pada kalimat ini tidak logis jika melihat dari keseluruhan konteks kalimatnya, yaitu Siswa harus memiliki sikap individu kepada sesama dan memiliki skill atau potensi diri yang dapat dibanggakan agar siswa sebagai penerus bangsa ini lebih siap mengahadapi. Kata "individu" bertentangan dengan frasa "kepada sesama". 

Sehingga perbaikan yang tepat adalah individu menjadi toleransi. Perbaikannya menjadi Siswa harus memiliki sikap toleransi kepada sesama dan memiliki skill atau potensi diri yang dapat dibanggakan agar siswa sebagai penerus bangsa ini lebih siap mengahadapi. Kata "toleransi" memiliki hubungan yang logis dengan frasa "kepada sesama".

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Eksposisi

Kebahasaan Teks Eksposisi

Menganalisis Teks Eksposisi

Menyusun Teks Eksposisi

395

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Cermati kalimat berikut. Andika menerima bea siswa dari sekolah. Penulisan kata bea siswa pada kalimat tersebut tidak baku. Penulisan kata yang baku adalah ....

828

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia