Iklan

Iklan

Pertanyaan

Para nasabah asuransi mengeluh pelayan asuransi tersebut. Ini diakibatkan oleh klaim bayaran asuransi atas kehilangan motor terkesan berbelit-belit dan dihabiskan waktu yang cukup lama.space 

Perbaikan kata berimbuhan yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....

Perbaikan kata berimbuhan yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....space 

  1. layanan, pembelian, menghabiskanspace 

  2. pelayanan, pembayaran, menghabiskanspace 

  3. pelayan, pemberian, menghabisispace 

  4. pegawai, pemberi, memakaispace 

  5. pegawai, pembayaran, terbuangspace 

Iklan

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.space 

Iklan

Pembahasan

Teks artikel adalah karangan berisi fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan di media cetak maupun media sosial. Teks artikel memiliki ciri kebahasaan yang sama dengan jenis teks lainnya, salah satunya adalah kalimat-kalimat yang memiliki imbuhan. Imbuhan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)adalah bubuhan (yang berupa awalan, sisipan, akhiran) pada kata dasar untuk membentuk kata baru, disebut juga afiks. Jenis-jenis imbuhan: Prefiks atau awalan merupakan imbuhan yang terletak di awal kata dasar, misalnya me-, di-, ber-, ter- , dan lainnya. Sufiks atau akhiran merupakan imbuhan yang terletak di akhir kata dasar. Contoh: -an, -kan, -nya, -i, dan lainnya. Infiks atau sisipan merupakan imbuhan yang disisipkan di tengah kata dasar. Contoh: em, el, in, er, ah, dan lainnya. Konfiks atau simulfiks merupakan imbuhan yang terletak di awal dan akhir kata dasar sekaligus. Contoh: ke-an, per-an, ber-an, di-i di-kan, dan lainnya. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita analisis kesalahan imbuhan pada kata bercetak miring pada teks, sebagai berikut: Diksi yang pertama seharusnya menunjukkan proses melayani sehingga kata yang tepat adalah pelayanan karena kata pelayan mengandung arti orang yang melayani. Diksi yang kedua pun kurang tepat karena yang dimaksud pada kalimat tersebut adalah proses membayar asuransi , bukan orang yang membayar asuransi sehingga kata yang tepat adalah pembayaran . Diksi yang ketiga memiliki struktur kalimat aktif dengan frasa waktu yang cukup lama sebagai objek sehingga diksi yang tepat adalah verba aktif menghabiskan . Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Teks artikel adalah karangan berisi fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan di media cetak maupun media sosial. Teks artikel memiliki ciri kebahasaan yang sama dengan jenis teks lainnya, salah satunya adalah kalimat-kalimat yang memiliki imbuhan. 

Imbuhan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bubuhan (yang berupa awalan, sisipan, akhiran) pada kata dasar untuk membentuk kata baru, disebut juga afiks. 

Jenis-jenis imbuhan:

  • Prefiks atau awalan merupakan imbuhan yang terletak di awal kata dasar, misalnya me-, di-, ber-, ter- , dan lainnya.
  • Sufiks atau akhiran merupakan imbuhan yang terletak di akhir kata dasar. Contoh: -an, -kan, -nya, -i, dan lainnya.
  • Infiks atau sisipan merupakan imbuhan yang disisipkan di tengah kata dasar. Contoh: em, el, in, er, ah, dan lainnya.
  • Konfiks atau simulfiks merupakan imbuhan yang terletak di awal dan akhir kata dasar sekaligus. Contoh: ke-an, per-an,  ber-an, di-i  di-kan, dan lainnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita analisis kesalahan imbuhan pada kata bercetak miring pada teks, sebagai berikut:

  • Diksi yang pertama seharusnya menunjukkan proses melayani sehingga kata yang tepat adalah pelayanan karena kata pelayan mengandung arti orang yang melayani.
  • Diksi yang kedua pun kurang tepat karena yang dimaksud pada kalimat tersebut adalah proses membayar asuransi, bukan orang yang membayar asuransi sehingga kata yang tepat adalah pembayaran.
  • Diksi yang ketiga memiliki struktur kalimat aktif dengan frasa waktu yang cukup lama sebagai objek sehingga diksi yang tepat adalah verba aktif menghabiskan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

276

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ubahlah kutipan teks di atas dalam bentuk formal dan bentuk nonformal!

18

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia