Iklan

Iklan

Pertanyaan

Peranan lautan dalam mengontrol iklim adalah ....

Peranan lautan dalam mengontrol iklim adalah ....

  1. meningkatkan kecepatan angin

  2. menjadi sumber energi bagi manusia

  3. memindahkan sumber kelembaban udara

  4. menjadi sumber tingginya tekanan udara

  5. memindahkan panas dari matahari ke bumi

Iklan

I. Handayani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat dikatakan bahwa peran penting lautan dalam mengontrol iklim global dilakukan dengan pemindahan panas radiasi matahari dari suatu wilayah ke wilayah lainnya di permukaan bumi .

dapat dikatakan bahwa peran penting lautan dalam mengontrol iklim global dilakukan dengan pemindahan panas radiasi matahari dari suatu wilayah ke wilayah lainnya di permukaan bumi.

Iklan

Pembahasan

Dua per tiga luas permukaan bumi tertutup laut sehingga bumi sering disebut planet air. Perubahan yang terjadi di laut tentu memengaruhi bumi secara keseluruhan. Laut berfungsi sebagai penyimpan panas yang lebih baik dari daratan. Panas matahari hanya sampai kedalaman beberapa meter saja di daratan karena teksturnya yang padat. Hal ini menyebabkan daratan lebih cepat panas namun juga lebih cepat dingin. Berbeda dengan laut, penetrasi cahaya matahari bisa mencapai kedalaman 200 meter di perairan yang jernih sehingga laut mampu menyerap dan menyimpan panas yang lebih banyak dan lama dibanding daratan. Perbedaan karakter keduanya telah dimanfaatkan dengan baik oleh nelayan sejak dulu. Perbedaan karakter daratan dan lautan tersebut dapat menyebabkan terbentuknya angin darat dan angin laut yang bertiup secara silih berganti. Nelayan memanfaatkan angin darat untuk pergi berlayar mencari ikan. Nelayan memanfaatkan angin laut untuk membawa pulang ikan ke daratan. Selain itu, laut juga berperan penting dalam mengontrol distribusi suhu di Bumi . Perbedaan suhu air laut antara suatu wilayah dengan wilayah lain menyebabkan terbentuknya angin yang bergerak di atas permukaan laut. Pergerakan angin ini nantinya akan membawa awan dan menyebarkan hujan ke berbagai wilayah di permukaan bumi. Contohnya seperti fenomena el nino dan la nina di Samudra Pasifik. Distribusi suhu dan curah hujan di Samudra Pasifik akibat kedua fenomena tersebut disebabkan karena perbedaan suhu air laut antara tepian dan tengah Samudra Pasifik. Jadi dapat dikatakan bahwa peran penting lautan dalam mengontrol iklim global dilakukan dengan pemindahan panas radiasi matahari dari suatu wilayah ke wilayah lainnya di permukaan bumi .

Dua per tiga luas permukaan bumi tertutup laut sehingga bumi sering disebut planet air. Perubahan yang terjadi di laut tentu memengaruhi bumi secara keseluruhan. Laut berfungsi sebagai penyimpan panas yang lebih baik dari daratan. Panas matahari hanya sampai kedalaman beberapa meter saja di daratan karena teksturnya yang padat. Hal ini menyebabkan daratan lebih cepat panas namun juga lebih cepat dingin. Berbeda dengan laut, penetrasi cahaya matahari bisa mencapai kedalaman 200 meter di perairan yang jernih sehingga laut mampu menyerap dan menyimpan panas yang lebih banyak dan lama dibanding daratan. Perbedaan karakter keduanya telah dimanfaatkan dengan baik oleh nelayan sejak dulu. Perbedaan karakter daratan dan lautan tersebut dapat menyebabkan terbentuknya angin darat dan angin laut yang bertiup secara silih berganti. Nelayan memanfaatkan angin darat untuk pergi berlayar mencari ikan. Nelayan memanfaatkan angin laut untuk membawa pulang ikan ke daratan. Selain itu, laut juga berperan penting dalam mengontrol distribusi suhu di Bumi. Perbedaan suhu air laut antara suatu wilayah dengan wilayah lain menyebabkan terbentuknya angin yang bergerak di atas permukaan laut. Pergerakan angin ini nantinya akan membawa awan dan menyebarkan hujan ke berbagai wilayah di permukaan bumi. Contohnya seperti fenomena el nino dan la nina di Samudra Pasifik. Distribusi suhu dan curah hujan di Samudra Pasifik akibat kedua fenomena tersebut disebabkan karena perbedaan suhu air laut antara tepian dan tengah Samudra Pasifik. Jadi dapat dikatakan bahwa peran penting lautan dalam mengontrol iklim global dilakukan dengan pemindahan panas radiasi matahari dari suatu wilayah ke wilayah lainnya di permukaan bumi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pengaruh lautan dalam mengontrol iklim adalah … (SBMPTN 2016)

1

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia