Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah cerita inspiratif binatang di bawah ini dengan teliti!


Kupu-kupu Berhati Mulia

    Dikisahkan, pada saat matahari berangkat dari peraduannya, ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling sambil menyapa binatang-binatang yang di taman itu (1).

      Ia melihat kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek kepompong yang jelek. “Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting. Ayo jalan-jalan, lihat dunia ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?” (2)

    Sang semut selalu membanggakan dirinya. “Aku adalah binatang paling kuat dan aku mampu mengangkat beban lebih besar daripada tubuhku,” sambungnya.(3)

     Beberapa hari kemudian, menjelang dhuhur, sang semut kembali berjalan. Karena hujan, genangan lumpur meluber ke mana-mana hingga ke kolam kecil. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke kolam. Semut berteriak sekencang-kencangnya untuk meminta bantuan.(4)

     “Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!” Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut. (5)

    “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat rantingnya.” Lalu sang semut memegang ranting itu dan kupu-kupu mengangkat dan menurunkannya di tempat yang aman. (6)

       Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji. Mendengar pujian itu, kupu-kupu tersenyum. “Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si Kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya. (7)

     Dalam hidup ini kita tidak bisa hidup sendiri. Kita harus bersosial, bermasyarakat, dan saling menolong satu sama lain.(8)space 

Peran protagonis pada penggalan cerita di atas adalah tokoh ....

Peran protagonis pada penggalan cerita di atas adalah tokoh ....space 

  1. semut space 

  2. kupu-kupuspace 

  3. kepompongspace 

  4. kepompong dan semutspace 

Iklan

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Dalam sebuah cerita, pasti ada tokoh yang sifatnya baik dan jahat. Itulah dinamakan penokohan. Penokohan bisa disebut sebagai sifat atau karakter tokoh dalam cerita. Penokohan dibagi menjadi dua jenis, yaitu protagonis dan antagonis.Tokoh protagonis, biasanya menjadi idola para pembaca karena wataknya yang baik, seperti suka menolong, rendah hati, pandai, cerdik, dan setia kawan. Pada penggalan fabel di atas, yang menjadi peran protagonis adalah kupu-kupu. Kupu-kupu telah menyelamatkan semut agar tidak tenggelam. Ternyata, kepompong yang dulu diejek dan sekarang telah menjadi kupu-kupu sudah menyelamatkan dirinya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Dalam sebuah cerita, pasti ada tokoh yang sifatnya baik dan jahat. Itulah dinamakan penokohan. Penokohan bisa disebut sebagai sifat atau karakter tokoh dalam cerita. Penokohan dibagi menjadi dua jenis, yaitu protagonis dan antagonis. Tokoh protagonis, biasanya menjadi idola para pembaca karena wataknya yang baik, seperti suka menolong, rendah hati, pandai, cerdik, dan setia kawan. Pada penggalan fabel di atas, yang menjadi peran protagonis adalah kupu-kupu. Kupu-kupu telah menyelamatkan semut agar tidak tenggelam. Ternyata, kepompong yang dulu diejek dan sekarang telah menjadi kupu-kupu sudah menyelamatkan dirinya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

257

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks berikut! Ulu, seekor katak hijau, sedang berdiri di pinggir kolam. Hari itu, langit sangat gelap dan hari seperti itulah yang Ulu sukai. Tidak lama kemudian, air mulai menetes per...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia