Iklan

Iklan

Pertanyaan

Peran Otto Iskandardinata dalam sidang PPKI pertama adalah?

Peran Otto Iskandardinata dalam sidang PPKI pertama adalah?

Iklan

F. Freelancer4

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

peranOtto Iskandardinata dalam sidang PPKI pertama adalah mengusulkan Soekarno dan Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

peran Otto Iskandardinata dalam sidang PPKI pertama adalah mengusulkan Soekarno dan Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Otto Iskandarmuda adalah salah satu tokoh pahlawan nasional yang berasal dari Jawa Barat, lahir pada 31 Maret 1897 di Bojongsoang Kabupaten Bandung. Keberaniannnya dalam menentang praktik kolonialisme Belanda menjadikan Otto Iskandar dikenal dengan Si Jalak Harupat. Perannya tidak kalah penting dalam perjuangan berdirinya Republik Indonesia salah satunya ialah keikutsertaannya dalam Sidang PPKI. Dalam sidang PPKI 18 Agustus 1945 yang salah satu agenda utamanya memilihpresiden dan wakil presiden. Otto Iskandardinata kemudian mengusulkan pemilihan presiden dan wakil presidensecara aklamasi dan terpilih Ir. Sukarno sebagai Presiden RI dan Drs. Moh.Hatta sebagai Wakil Presiden Rl hal tersebut disambut baik oleh peserta sidang lainnya. Dengan demikian peranOtto Iskandardinata dalam sidang PPKI pertama adalah mengusulkan Soekarno dan Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Otto Iskandarmuda adalah salah satu tokoh pahlawan nasional yang berasal dari Jawa Barat, lahir pada 31 Maret 1897 di Bojongsoang Kabupaten Bandung. Keberaniannnya dalam menentang praktik kolonialisme Belanda menjadikan Otto Iskandar dikenal dengan Si Jalak Harupat. Perannya tidak kalah penting dalam perjuangan berdirinya Republik Indonesia salah satunya ialah keikutsertaannya dalam Sidang PPKI. Dalam sidang PPKI 18 Agustus 1945 yang salah satu agenda utamanya memilih presiden dan wakil presiden. Otto Iskandardinata kemudian mengusulkan  pemilihan presiden dan wakil presiden secara aklamasi dan terpilih Ir. Sukarno sebagai Presiden RI dan Drs. Moh.Hatta sebagai Wakil Presiden Rl hal tersebut disambut baik oleh peserta sidang lainnya.

Dengan demikian peran Otto Iskandardinata dalam sidang PPKI pertama adalah mengusulkan Soekarno dan Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Latihan Bab

Peristiwa Sekitar Proklamasi

Pembentukan Pemerintahan RI Pertama

Proklamator dan Tokoh Lainnya

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan hasil sidang PPKI yang pertama ...

5rb+

4.7

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia