Roboguru

Pertanyaan

Penyusutan luas kawasan hutan akibat penambangan batubara di Kalimantan dapat diidentifikasi melalui citra ....

  1. multidigital

  2. multispasial

  3. multitemporal

  4. multidimensional

  5. multispektral

D. Tri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan

Untuk memperoleh data citra dan menganalisis data penginderaan jauh dikenal beberapa konsep multi. Pengklasifikasian konsep multi ini ada tiga macam, yakni:

  • Multispektral

Merupakan cara memperoleh dan menganalisis data penginderaan jauh dengan memanfaatkan banyaknya saluran gelombang elektromagnetik yang digunakan. Sebagai contoh adalah citra 432, yaitu citra yang menggunakan saluran 4 (gelombang warna merah), saluran 3 (gelombang warna hijau), dan saluran 2 (gelombang warna biru). Penggunaan citra multispektral ini ditujukan untuk ekstraksi informasi tambahan apabila mata manusia gagal untuk menangkap dengan reseptor untuk gelombang merah, hijau, dan biru.

  • Multitingkat

Merupakan cara memperoleh dan menganalisis data penginderaan jauh dengan memanfaatkan perbedaan ketinggian terbang atau orbit wahana pada saat melakukan pengindraan jauh. Sebagai contoh, citra suatu wilayah yang diambil menggunakan drone, balon udara, pesawat, dan satelit. Akan ada banyak informasi yang didapatkan dari citra ini, semakin jauh wahana terbang atau mengorbit, maka akan semakin luas wilayah yang terekam. Semakin dekat wahana terbang, maka wilayah yang terekam semakin sempit, tetapi penampakan hasil penginderaannya akan lebih detail.

  • Multitemporal

Merupakan cara memperoleh dan menganalisis data penginderaan jauh dengan memanfaatkan waktu perekaman yang berbeda.  Objek yang tergambar dalam citra menggambarkan kondisi dan waktu perekaman yang berbeda-beda.  Misalnya, pada perekaman wilayah pertanian sawah. Perekaman dilakukan pada saat musim tanam, musim tumbuh, dan musim panen. Citra yang dihasilkan akan menampilkan gambaran yang berbeda berdasarkan waktu perekaman. Saat musim tanam, akan terlihat berair, musim tumbuh akan terlihat hijau, musim panen akan terlihat kuning.

Kasus dalam soal adalah kasus perubahan luas tutupan hutan di Kalimantan. Perubahan luas tutupan lahan hutan biasanya terjadi dalam jangka waktu tertentu. Untuk dapat melihat perubahannya maka diperlukan citra multitemporal yang dapat merekam wilayah yang sama dengan memanfaatkan waktu perekaman yang berbeda. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

574

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Berikut ini pernyataan yang tepat mengenai perbedaan antara foto udara dan citra satelit yaitu...

98

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia