Iklan

Iklan

Pertanyaan

Penyimpangan sosial dapat terjadi karena ....

Penyimpangan sosial dapat terjadi karena ....space space space 

  1. ....

  2. ....

Iklan

A. Mutiara

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Perilaku menyimpang sendiri merupakan tingkah laku yang bertentangan dengan norma dan nilai sosial yang berlaku di masyarakat. Terdapat dua faktor yang menyebabkan terjadinya penyimpangan, yaitu sebagai berikut : Proses sosialisasi tidak berjalan dengan sempurna. Hal ini terjadi karena adanya ketidaksepadanan antara pesan yang disampaikan aden sosialisasi yang satu dan lainnya .Contoh, setiap siswa dididik oleh guru untuk tidak menyontek. Namun, siswa melihat praktik tersebut dilakukan oleh banyak siswa lain di sekolah. Kondisi inilah yang menyebabkan konflik batin di dalam diri siswa antara menghargai norma atau nilai dari yang diajarkan oleh guru atau memilih norma yang berkembang di dalam kelompok bermainnya di sekolah. Sub kebudayaan menyimpang, suatu kelompok masyarakat tertentu dapat memiliki kebudayaan yang berlainan dengan kebudayaan yang berlaku secara umum. P erbedaan kebudayaan dalam kelompok masyarakat tersebut dinamakan subkebudayaan menyimpang. Contoh, di daerah lokalisasi, praktik seks bebas dinilai sesbagai sesuatu yang normal karena dilakukan oleh banyak anggotanya. Otomatis, hal ini menjadi sesuatu yang biasa. Namun, tidak demikian halnya di tempat lain. Masyarakat umum menganggap ini sebagai perilaku menyimpang.

Perilaku menyimpang sendiri merupakan tingkah laku yang bertentangan dengan norma dan nilai sosial yang berlaku di masyarakat. Terdapat dua faktor yang menyebabkan terjadinya penyimpangan, yaitu sebagai berikut :

  1. Proses sosialisasi tidak berjalan dengan sempurna. Hal ini terjadi karena adanya ketidaksepadanan antara pesan yang disampaikan aden sosialisasi yang satu dan lainnya.Contoh, setiap siswa dididik oleh guru untuk tidak menyontek. Namun, siswa melihat praktik tersebut dilakukan oleh banyak siswa lain di sekolah. Kondisi inilah yang menyebabkan konflik batin di dalam diri siswa antara menghargai norma atau nilai dari yang diajarkan oleh guru atau memilih norma yang berkembang di dalam kelompok bermainnya di sekolah.
  2. Sub kebudayaan menyimpang, suatu kelompok masyarakat tertentu dapat memiliki kebudayaan yang berlainan dengan kebudayaan yang berlaku secara umum. Perbedaan kebudayaan dalam kelompok masyarakat tersebut dinamakan subkebudayaan menyimpang. Contoh, di daerah lokalisasi, praktik seks bebas dinilai sesbagai sesuatu yang normal karena dilakukan oleh banyak anggotanya. Otomatis, hal ini menjadi sesuatu yang biasa. Namun, tidak demikian halnya di tempat lain. Masyarakat umum menganggap ini sebagai perilaku menyimpang.space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa perilaku menyimpang tetap ada walaupun nilai dan norma ada dalam masyarakat?

70

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia