Iklan

Iklan

Pertanyaan

Penyelesaian masalah kemiskinan harus didasarkan pada pemahaman dan pengkajian mengenai struktur dan kultur masyarakat. Dalam hal ini fungsi sosiolog seperti memberikan data yang akurat kepada para pengambil kebijakan berguna untuk..

Penyelesaian masalah kemiskinan harus didasarkan pada pemahaman dan pengkajian mengenai struktur dan kultur masyarakat. Dalam hal ini fungsi sosiolog seperti memberikan data yang akurat kepada para pengambil kebijakan berguna untuk..

  1. merencanakan pembangunan

  2. melaksanakan penelitian

  3. mengevaluasi hasil pembangunan

  4. mengusulkan pemecahan masalah

  5. mengidentifikasi perilaku masyarakat

Iklan

M. Aulia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan ilustrasi terdapat poin memberikan data yang akurat kepada para pengambil kebijakan sehingga fungsi sosiologi yang tepat adalah merencanakan pembangunan. Karena Fungsi sosiologi dalam tahap perencanaan adalah memberikan data dan informasi mengenai kondisi sosial masyarakat, baik berupa keadaan atau fakta sosial masyarakat. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Melaksanakan penelitian kurang tepat karena dalam fungsi penelitian sosiolog harus mencari data dengan cara mempelajari berbagai gejala sosial dalam masyarakat, serta mengkaji hal yang tersembunyi di balik gejala sosial yang nampak sehingg bisa mendapatkan data. Sedangkan di ilutrasi soal sudah mendapatkan data. Mengevaluasi hasil pembangunan kurang tepat karena peran ini sosiolog diminta untuk menganalisis berbagai dampak akibat pembangunan yang ada dalam masyarakat. Mengusulkan pemecahan masalah kurang tepat karena peran ini sosiolog diperlukan untuk menganalisis berbagai permasalahan sosial dengan menggunakan metode penelitian sehingga mendaptkan solusi pemecahan masalah. Mengidentifikasi perilaku masyarakat tidak tepat.

Berdasarkan ilustrasi terdapat poin memberikan data yang akurat kepada para pengambil kebijakan sehingga fungsi sosiologi yang tepat adalah merencanakan pembangunan. Karena Fungsi sosiologi dalam tahap perencanaan adalah memberikan data dan informasi mengenai kondisi sosial masyarakat, baik berupa keadaan atau fakta sosial masyarakat.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Melaksanakan penelitian kurang tepat karena dalam fungsi penelitian sosiolog harus mencari data dengan cara mempelajari berbagai gejala sosial dalam masyarakat, serta mengkaji hal yang tersembunyi di balik gejala sosial yang nampak sehingg bisa mendapatkan data. Sedangkan di ilutrasi soal sudah mendapatkan data.
  • Mengevaluasi hasil pembangunan kurang tepat karena peran ini sosiolog diminta untuk menganalisis berbagai dampak akibat pembangunan yang ada dalam masyarakat.
  • Mengusulkan pemecahan masalah kurang tepat karena peran ini sosiolog diperlukan untuk menganalisis berbagai permasalahan sosial dengan menggunakan metode penelitian sehingga mendaptkan solusi pemecahan masalah.
  • Mengidentifikasi perilaku masyarakat tidak tepat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

50

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Akhir-akhir ini terjadi gejala kelompok sosial yang ajarannya menyimpang dari norma umum. Masih banyak anggota masyarakat yang terkecoh dan masuk dalam kelompok tersebut. Penelitian sosial dilakukan u...

337

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia