Iklan

Iklan

Pertanyaan

Penyediaan barang publik murni pada hakikatnya disediakan oleh pemerintah melalui sistem mekanisme pasar yang bersifat monopoli SEBAB Barang publik murni tidak dapat dikonsumsi secara kolektif ( non-rivals )

Penyediaan barang publik murni pada hakikatnya disediakan oleh pemerintah melalui sistem mekanisme pasar yang bersifat monopoli

                       SEBAB

Barang publik murni tidak dapat dikonsumsi secara kolektif (non-rivals)

  1.  Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat
     

  2. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

  3.  Jika pernyataan benar dan alasan salah

  4.  Jika pernyataan salah dan alasan benar

     

  5.  Jika pernyataan dan alasan, keduanya salah

Iklan

P. Rahayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Barang publik murni merupakan barang publik yang memiliki nilai absolut dalam sifatnya sebagai barang publik yaitu non-rivalry dan non-excludable , artinya kita benar-benar tidak dapat mencegah orang lain dalam menggunakan barang publik tersebut. Non-rivalry dalam penggunaan barang publik berarti bahwa penggunaan satu konsumen terhadap suatu barang tidak akan mengurangi kesempatan konsumen lain untuk juga mengkonsumsi barang tersebut. Setiap orang dapat mengambil manfaat dari barang tersebut tanpa mempengaruhi menfaat yang diperoleh orang lain. Sifat n on-excludable berarti bahwa apabila suatu barang publik tersedia, tidak ada yang dapat menghalangi siapapun untuk memperoleh manfaat dari barang tersebut atau dengan kata lain, setiap orang memiliki akses ke barang tersebut. Contoh barang publik murni adalah benda-benda alamiah yang setiap hari dikonsumsi seperti udara dan sinar matahari. Pernyataan salah, barang publik murni sudah tersedia secara alamiah. Alasan salah, barang publik dapat dikonsumsi secara kolektif.

Barang publik murni merupakan barang publik yang memiliki nilai absolut dalam sifatnya sebagai barang publik yaitu non-rivalry dan non-excludable, artinya kita benar-benar tidak dapat mencegah orang lain dalam menggunakan barang publik tersebut. Non-rivalry dalam penggunaan barang publik berarti bahwa penggunaan satu konsumen terhadap suatu barang tidak akan mengurangi kesempatan konsumen lain untuk juga mengkonsumsi barang tersebut. Setiap orang dapat mengambil manfaat dari barang tersebut tanpa mempengaruhi menfaat yang diperoleh orang lain. Sifat non-excludable berarti bahwa apabila suatu barang publik tersedia, tidak ada yang dapat menghalangi siapapun untuk memperoleh manfaat dari barang tersebut atau dengan kata lain, setiap orang memiliki akses ke barang tersebut. Contoh barang publik murni adalah benda-benda alamiah yang setiap hari dikonsumsi seperti udara dan sinar matahari.

Pernyataan salah, barang publik murni sudah tersedia secara alamiah.

Alasan salah, barang publik dapat dikonsumsi secara kolektif.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dubai, Indonesia, dan Qatar merupakan negara penghasil minyak bumi, namun pendapatan per kapita penduduknya berbeda signifikan, dikarenakan ....

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia