Roboguru

Penyebaran berita Proklamasi Kemerdekaan dilakukan melalui sarana-sarana berikut, kecuali...

Pertanyaan

Penyebaran berita Proklamasi Kemerdekaan dilakukan melalui sarana-sarana berikut, kecuali...

  1. Kantor berita Domei 

  2. Kawat telepon 

  3. Pamflet, poster, dan coretan-coretan pada tembok 

  4. Radio 

  5. Utusan di satu daerah 

Pembahasan Soal:

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia telah dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun hal ini tidak lantas membuat seluruh rakyat Indonesia tau. Maka dari itu pentingnya penyebarluasan berita kemerdekaan Indonesia telah disadari sejak teks proklamasi kemerdekaan selesai dirumuskan. Kalangan yang berperan dalam penyebarluasan berita adalah pemuda dan pegawai kantor berita Domei. Adapun langkah-langkah yang dilakukan oleh para pemuda seperti membuat pamflet dan memanfaatkan surat kabar.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Azisy

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana cara penyebaran berita proklamasi kemerdekaan Indonesia?

Pembahasan Soal:

Tersebarnya berita proklamasi dilakukan berbagai cara dan secara bertahap agar menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Penyebaran proklamasi kemerdekaan tidak hanya lewat media seperti surat kabar dan radio, tapi juga melalui pemasangan pamflet poster, dan spanduk. Media tersebut dipasang dan ditempel dibergai penjuru kota. Seperti ditempel pada tembok- tembok dan gerbong-gerbong kereta api.

Dengan demikian, berita proklamasi tersebar melalui berbagai cara diantaranya dengan media seperti surat kabar dan radio, tapi juga melalui pemasangan pamflet poster, dan spanduk.

Roboguru

Setelah proklamasi kemerdekaaan, pemerintahan mengirim beberapa delegasi ke berbagai para sahabat untuk menyebar luaskan berita proklamasi kemerdekaan. Salah satunya adalah tokoh Maramis yang diutus u...

Pembahasan Soal:

Diawal kemerdekaan, AA Maramis menjabat anggota KNIP. Beliau pun diutus untuk pergi menggalang dukungan atas kemerdekaan RI negara India bersama Mr. Palar.

Roboguru

Jelaskan reaksi spontan terhadap Aksi Menteng 31 di Yogyakarta ...

Pembahasan Soal:

Reaksi Yogyakarta ketika mendengar kemerdekaan RI adalah pemberian dukungan langsung dari Sri Sultan HB IX tanggal 5 September 1945, Sri Sultan HB IX menegaskan Kasultanan Yogyakarta bersifat kerajaan adalah daerah Istimewa dalam lingkup NKRI. Sebagai kepala daerah, Sri Sultan HB IX pemegang kekuasaan pemerintahan di wilayah kasultanan Yogyakarta. Hubungan Kasultanan Yogyakarta dengan pemerintah pusat RI bersifat langsung, dan bertanggung jawab atas Yogyakarta langsung kepada presiden.
 
Dengan demikian reaksi spontan terhadap Aksi Menteng 31 di Yogyakarta adalah dengan pemberian dukungan langsung kepada NKRI oleh wilayah Yogyakarta, berupa pengakuan bahwa Kasultanan Yogyakarta adalah daerah Istimewa dalam lingkup NKRI.space
Roboguru

Tokoh-tokoh di bawah ini yang menyebarkan berita proklamasi ke daerah-daerah yakni Sam Ratulangi ke daerah....

Pembahasan Soal:

Sam Ratulangi adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia yang turut hadir pada saat teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan. Pada permulaan Agustus 1945, Sam Ratulangi mewakili Sulawesi untuk mengikuti sidang PPKI di Jakarta. Setelah Republik Indonesia merdeka, Sam Ratulangi diangkat menjadi Gubernur Sulawesi. Sepulang dari Jakarta Sam Ratulangi pun langsung mengumumkan secara resmi kemerdekaan Republik Indonesia di depan rakyat Sulawesi.


Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B

Roboguru

Jelaskan reaksi spontan terhadap Aksi Menteng 31 di Palembang ...

Pembahasan Soal:

Berita Proklamasi Kemerdekaan ketika sampai di Palembang membuat dr. Adnan Kapau Gani bersama tokoh-tokoh Sumatera Selatan pada tanggal 18 Agustus 1945 membicarakan tentang penyambutan berita proklamasi. Dilanjutkan pada tanggal 20 Agustus pengibaran bendera di Masjid Agung. Dan puncaknya tanggal 23 Agustus 1945 membentuk pemerintahan bangsa Indonesia Karesidenan Palembang dan dr. A.K Gan sebagi residennya yang disahkan oleh Gubernur Sumatera.

Dengan demikian reaksi spontan terhadap Aksi Menteng 31 di Palembang adalah  tanggal 20 Agustus 1945 pengibaran bendera merah putih di Masjid Agung dan dilanjutkan tanggal 23 Agustus 1945 membentuk pemerintahan bangsa Indonesia Karesidenan Palembang dan dr. A.K Gani sebagi residennya yang disahkan oleh Gubernur Sumatera.
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved