Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!

"Jadi, kita akan kuburkan dia di Sirnagara?" katanya pelan-pelan, setengah ditujukan kepada dirinya sendiri. Soleha tidak bisa menjawab. Ia mesti berpikir panjang. Ia mau mengatakannya, tapi ia segera ingat pada yang lain." Tapi, kita sudah kawinkan dia. Dan sekarang dia sudah jadi istri Sumarto?" Pikirannya makin tidak enak kalau mengingat soal itu. Ia memang sudah keberatan ketika suami Soleh dipanggil orang dari kampung sawah untuk mengobati Pak Murad. Sebagai mantri kesehatan di sekitar itu memang tak ada dokter. Suami Soleha sering diminta pertolangan. Namun, ia tahu betul Pak Murad ayah Murni. Murni sekarang menjanda karena suaminya meninggal dunia. Suami Soleha saling mencintai dengan Murni ketika masih bujang dan gadis. Mereka tak dapat melaksanakan niat hatinya sebab Murni dipaksa kawin.space 

Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan tersebut adalah ....

Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan tersebut adalah ....space 

  1. Karena suaminya mantri kesehatanspace 

  2. Karena suaminya diminta pertolonganspace 

  3. Karena cemburu terhadap Murnispace 

  4. Karena suami Soleha pernah mencintai Murnispace 

  5. Karena suaminya mengobati Pak Murad ayah Murnispace 

Iklan

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.space 

Iklan

Pembahasan

Cerita pendek adalah salah satu jenis prosa yang isi ceritanya bukan kejadian nyata dan hanya dibuat-buat. Jumlah kata di dalam cerita pendek tidak lebih dari 10.000 kata. Penulisan cerita pendek menggunakan gaya bahasa yang naratif, padat dan langsung kepada inti cerita. Konflik dalam teks cerpen merupakan ketegangan dan pertentangan dalam teks cerpendenganmencakup - petentangan antara dua kekuatan - pertentangan dalam diri seorang tokoh, - pertentangandua orang tokoh, - pertentangankelompok Penyebab konflik dalam teks cerpen antara lain : - dengan diri sendiri ( konflik batin), - antartokoh, - budaya, - alam/ lingkungan, - sosial Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan tersebut adalah karena suami Soleha pernah mencintai Murni. Hal ini dijelaskan dalam penggalan kalimat Murni sekarang menjanda karena suaminya meninggal dunia. Suami Soleha saling mencintai dengan Murni ketika masih bujang dan gadis. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Cerita pendek adalah salah satu jenis prosa yang isi ceritanya bukan kejadian nyata dan hanya dibuat-buat. Jumlah kata di dalam cerita pendek tidak lebih dari 10.000 kata. Penulisan cerita pendek menggunakan gaya bahasa yang naratif, padat dan langsung kepada inti cerita. 

Konflik dalam teks cerpen merupakan ketegangan dan pertentangan dalam teks cerpen dengan mencakup
-  petentangan antara dua kekuatan
-  pertentangan dalam diri seorang tokoh,
-  pertentangan dua orang tokoh,
-  pertentangan kelompok

Penyebab konflik dalam teks cerpen antara lain :
-  dengan diri sendiri ( konflik batin),
-  antartokoh,
-  budaya,
-  alam/ lingkungan,
-  sosial

Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan tersebut adalah karena suami Soleha pernah mencintai Murni. Hal ini dijelaskan dalam penggalan kalimat Murni sekarang menjanda karena suaminya meninggal dunia. Suami Soleha saling mencintai dengan Murni ketika masih bujang dan gadis.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

810

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan penggalan cerita berikut. Aku tertegun kenapa Hariz mengingatkanku? Kalau mau jujur, sesungguhnya sudut hatiku yang terdalam merasa amat sedih. Bermain berpasangan dalam bulu tan...

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia