Roboguru

Penyebab terjadinya bencana banjir dan tanah longsor adalah ....

Pertanyaan

Penyebab terjadinya bencana banjir dan tanah longsor adalah ....space 

  1. Pemerintah menghukum para penebang liar.space 

  2. Penebangan liar merugikan banyak pihak.space 

  3. Datangnya musim hujan.space 

  4. Adanya penebangan liar sehingga tanah tidak mampu menyerap air.space 

  5. Tidak adanya aturan dari pemerintah.space 

Pembahasan Soal:

Jenis paragraf di atas adalah paragraf sebab akibat, Paragraf sebab akibat adalah salah satu paragraf yang merupakan pengembangan dari pola paragraf induktif dimana kalimat utama diletakkan pada akhir paragraf dan sering disebut juga kesimpulan.

Pada paragraf di atas, sebab dari banjir dan tanah longsor ada pada kalimat keempat yaitu Akibat dari penebangan liar tanah tidak mampu menyerap air dengan baik dan juga tanah tidak ada lagi yang mengikat. dan akibatnya ada pada kalimat kelima yaitu Oleh karena itu tiap datang musim hujan selalu terjadi bencana banjir dan juga tanah longsor.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Yuliani

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kata sambung pada kalimat yang bergaris bawah menyatakan hubungan ....

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Ciri kebahasaan teks eksplanasi antara lain (1) terdapat penggunaan istilah ilmiah; (2) menggunakan kata kerja pasif yang ditandai dengan awalan di-; (3) menggunakan konjungsi kausalitas yakni maka, kalau, karena, jika, bila, sebab, oleh karena itu, dan sebagainya; (4) menggunakan konjungsi kronologis seperti kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya; dan (5) penggunaan kata teknis.

Pada kalimat yang digarisbawahi dalam teks eksplanasi di atas menyatakan hubungan urutan waktu yang ditandai dengan konjungsi setelah.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.space  

0

Roboguru

Konjungsi yang ada dalam kalimat di atas adalah konjungsi ....

Pembahasan Soal:

Salah satu ciri kebahasaan teks eksplanasi adalah penggunaan kata hubung atau konjungsi. Konjungsi adalah kata tugas yang menghubungkan antarklausa, antarkalimat, dan antarparagraf. Kata penghubung biasanya terletak di tengah-tengah kalimat.

Konjungsi yang menjadi ciri dan banyak digunakan dalam teks eksplanasi adalah konjungsi kausalitas (sebab-akibat) dan konjungsi kronologis (urutan waktu). 

  • Konjungsi kausalitas adalah konjungsi yang menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa dapat terjadi. Konjungsi yang sering dipakai adalah oleh karena itu, karena, sehingga, akibatnya, sampai
  • Konjungsi kronologis (urutan) adalah konjungsi yang berhubungan dengan waktu. Konjungsi yang biasa digunakan adalah  kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kalimat di atas menggunakan konjungsi sebab-akibat. Hal ini ditandai penggunaan konjungsi Oleh karena itu. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.  

0

Roboguru

Perhatikan kutipan teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal! Kemiskinan merupakan suatu keadaan yang menunjukkan tingkat pendapatan masyarakat berada di taraf rendah sehingga tidak dapat memenuhi ...

Pembahasan Soal:

Konjungsi kausalitas adalah kata penghubung yang menghubungkan dua buah klausa atau lebih yang menggambarkan sebab akibat. Konjungsi kausalitas yang terdapat dalam teks di atas adalah sehingga dan karena. Sementara itu, kata penyebabnya tidak termasuk konjungsi. Kata penyebabnya merupakan nomina atau kata benda.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Kalimat yang menyatakan hubungan sebab akibat pada paragraf tersebut ditandai dengan nomor...

Pembahasan Soal:

Kalimat yang menggunakan hubungan sebab akibat biasanya ditandai dengan konjungsi "karena", "maka" atau "sebab". Kalimat hubungan sebab akibat digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa penyebab dan suatu peristiwa yang menjadi dampaknya.

Berikut ini adalah analisis kalimat yang menggunakan hubungan sebab akibat pada teks di atas, yaitu:

  • Kata hubung yang digunakan pada kalimat (1) adalah kata "pada mulanya" yang merupakan contoh dari konjungsi urutan. Adapun bukti kalimatnya, yaitu "Pada mulanya, senam otak dimanfaatkan untuk anak yang mengalami gangguan, seperti hiperaktif, kerusakan otak, sulit konsentrasi, dan depresi."
  • Kata hubung yang digunakan pada kalimat (2) adalah kata "namun" yang merupakan contoh dari konjungsi pertentangan. Adapun bukti kalimatnya, yaitu "Namun, dalam perkembangannya, setiap orang memanfaatkan brain gym untuk beragam kegunaan terutama membuat gelombang otak menjadi alfa."
  • Kata hubung yang digunakan pada kalimat (3) adalah kata "saat itu" yang merupakan contoh dari konjungsi keadaan. Adapun bukti kalimatnya, yaitu "Saat ini, hampir di sekolah-sekolah terbaik di seluruh dunia, brain gym sedang digemari."
  • Kata hubung yang digunakan pada kalimat (4) adalah kata "karena" yang merupakan contoh dari konjungsi sebab akibat. Adapun bukti kalimatnya, yaitu "Brain gym dimanfaatkan di sekolah-sekolah karena banyak siswa dan guru yang merasa terbantu melepaskan stress, menjernihkan pikiran, dan meningkatkan daya ingat.


Dengan demikian, kalimat yang menyatakan hubungan sebab akibat pada paragraf tersebut ditandai dengan nomor 4, yaitu "Brain gym dimanfaatkan di sekolah-sekolah karena banyak siswa dan guru yang merasa terbantu melepaskan stress, menjernihkan pikiran, dan meningkatkan daya ingat."

0

Roboguru

Kalimat yang menggunakan konjungsi waktu dan konjungsi kausalitas dalam cuplikan teks tersebut dinyatakan dengan nomor ...

Pembahasan Soal:

Konjungsi waktu atau konjungsi temporal adalah konjungsi yang berfungsi untuk menjelaskan hubungan waktu antara dua hal atau peristiwa. Beberapa contoh konjungsi waktu yaitu apabila, bila, hingga, ketika, sebelum, sampai, selama, sementara, sesudah, setelah, sejak, tatkala. Pada teks di atas terdapat konjungsi kausalitas pada kalimat "Oleh karena itu, beberapa saat setelah proklamasi itu dibacakan oleh Soekamo-Hatta, berbagai usaha dilakukan oleh para pejuang."

Konjungsi kausalitas adalah konjungsi yang berhubungan dengan hubungan sebab-akibat. Konjungsi ini  menjelaskan bahwa suatu peristiwa terjadi karena suatu sebab tertentu. Beberapa contoh konjungsi tersebut adalah sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, sehingga. Pada teks di atas terdapat konjungsi kausalitas pada kalimat "Oleh karena itu, beberapa saat setelah proklamasi itu dibacakan oleh Soekamo-Hatta, berbagai usaha dilakukan oleh para pejuang."

Jadi, kalimat yang menggunakan konjungsi waktu dan konjungsi kausalitas dalam cuplikan teks tersebut dinyatakan dengan nomor tiga (3).space 

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved