Roboguru

Penyebab penyusutan potensi sumber daya air tanah di kota adalah faktor peningkatan ... Laju pembangunan fisik Kebutuhan air per kapita Kepadatan penduduk Eksploitasi air tanah

Pertanyaan

Penyebab penyusutan potensi sumber daya air tanah di kota adalah faktor peningkatan ...

  1. Laju pembangunan fisik
  2. Kebutuhan air per kapita
  3. Kepadatan penduduk
  4. Eksploitasi air tanah
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar.

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.

  4. HANYA 4 yang benar.

  5. SEMUA pilihan benar.

Pembahasan Soal:

Penggunaan air tanah yang berlebihan akan menyebabkan turunnya muka air sumur karena tidak memikirkan daerah-daerah yang menjadi resapan air tanah. Semua tanah dibangun beton dan bangunan sehingga air tidak meresap ke dalam tanah, namun air tanah yang terbatas tersebut banyak digunakan oleh sebagian masyarakat sehingga mengalami penyusutan. Faktor-faktor penyebab penyusutan air tanah kota adalah sebagai berikut :

  • Pembangunan fisik kota yang pesat.
  • Kebutuhan air tanah yang sangat besar.
  • Kepadatan penduduk yang sangat tinggi.
  • Eksploitasi air tanah secara besar-besaran.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka faktor-faktor penyebab penyusutan air tanah kota adalah pembangunan fisik kota yang pesat, kebutuhan air tanah yang sangat besar, kepadatan penduduk yang sangat tinggi dan eksploitasi air tanah secara besar-besaran.

 

Jadi, jawaban yang benar adalah E. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Meilani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 15 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sumber daya alam yang mempunyai sifat gabungan antara yang dapat diperbarui dengan yang tidak dapat diperbarui terbagi menjadi ... Sumber daya biologis Sumber daya energi Sumber daya tanah Sumbe...

Pembahasan Soal:

Sumber daya alam berdasarkan pemulihannya dibagi menjadi dua yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui. Namun, juga terdapat sumber daya alam yang mempunyai sifat gabungan antara yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui ini dibedakan menjadi dua macam, yaitu sumber daya biologis dan sumber daya tanah. Contoh sumber daya biologis yaitu hasil panen dan perikanan, sedangkan contoh sumber daya tanah yaitu berbagai jenis tanah.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka sumber daya alam yang mempunyai sifat gabungan antara yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui ini dibedakan menjadi dua macam, yaitu sumber daya biologis dan sumber daya tanah.

Jadi, jawaban yang benar adalah B. 

0

Roboguru

Sumber daya alam di dunia terbagi menjadi dua jenis, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui. Salah satu sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah air. Hal ini...

Pembahasan Soal:

Air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui karena selalu dapat tersedia kembali dengan mudah melalui siklus air atau siklus hidrologi. Siklus hidrologi adalah proses sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi, dan kembali ke atmosfer lagi melalui proses evaporasi air permukaan karena panas matahari, kondensasi awan, dan presipitasi hujan. Siklus hidrologi ini berjalan secara terus menerus. Dengan demikian, air tidak akan pernah habis dan dapat diperbarui bila dibandingkan sumber daya alam atau energi lainnya. 

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Rusaknya terumbu karang dapat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup dan kelestarian berbagai biota di Ia...

Pembahasan Soal:

Terumbu karang merupakan salah satu potensi sumber daya alam yang ada di laut.  Ekosistem terumbu karang habitatnya berada di dalam dasar perairan dengan bentuk batuan kapur  dengan tekstur kasar dan kuat menahan gaya dari gelombang laut. Terumbu karang dapat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup dan kelestarian berbagai biota di Iaut.  Terumbu karang menyediakan tempat tinggal, persediaan makanan, dan tempat berkembang biak bagi berbagai biota laut.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pernyataan terumbu karang dapat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup dan kelestarian berbagai biota di Iaut merupakan pernyataan yang benar. Pernyataan alasan terumbu karang menyediakan tempat tinggal, persediaan makanan, dan tempat berkembang biak bagi berbagai biota laut juga merupakan pernyataan yang benar.

Jadi, jawaban yang benar adalah A. 

0

Roboguru

Kekayaan ikan laut di Indonesia banyak hilang dicuri oleh nelayan asing karena ...

Pembahasan Soal:

Pencurian oleh nelayan asing bisa terjadi karena berbagai alasan. Namun secara geografis, alasan pencurian ikan oleh nelayan asing salah satunya dapat disebabkan oleh garis batas wilayah laut Indonesia yang kurang jelas. Hal ini sangat berakibat fatal karena kekayaan alam laut Indonesia yang sangat beragam mulai dari perikanan, terumbu karang dan sumber daya laut lainnya, tidak dijaga dengan ketat sehingga membuat nelayan asing leluasa mencuri.space

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space 

0

Roboguru

Jalur pegunungan lipatan yang terdapat di sebelah utara jalur gunungapi di Pulau Jawa mempunyai potensi tambang ...

Pembahasan Soal:

Indonesia dilalui jalur pegunungan (sirkum) pasifik dan mediterania. Sirkum ini membentuk pegunungan lipatan yang menjadi daerah perangkap. Tekanan dan panas bumi akan mengakibatkan batuan lumpur yang terperangkap mulai mengeluarkan minyak kental dan pekat. Semakin dalam batuan terperangkap di perut bumi, minyak dan gas bumi dihasilkan akan semakin banyak. Salah satu contoh wilayah jalur pegunungan lipatan sirkum yaitu terdapat di sebelah utara jalur gunungapi di Pulau Jawa, dimana wilayah ini mempunyai potensi tambang minyak dan gas bumi.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved