Iklan

Iklan

Pertanyaan

Penyakit kuning pada bayi (Erytroblastosis fetalis) disebabkan oleh...

Penyakit kuning pada bayi (Erytroblastosis fetalis) disebabkan oleh... 

  1. infeksi malaria dalam kandunganspace space 

  2. rusaknya aglutinin bayi dalam kandunganundefined 

  3. masuknya antigen ibu ke darah anakundefined 

  4. masuknya aglutinin ibu ke darah anakspace space space space 

Iklan

N. I.

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Tadulako

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah B.

pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Iklan

Pembahasan

Pada sel darah merah (eritrosit) terdapat protein yang menentukan golongan darah dan rhesus kita. Pada sistem golongan darah, jenis golongan darah kita ditentukan oleh Isoaglutinogen yaitu sehingga terdapat golongan darah A, B, AB dan O. Pada sistem rhesus, jika terdapat antigen di eritrosit maka dinyatakan memiliki rhesus positif, sedangkan jikatidak terdapat antigen rhesus maka dinyatakan memiliki resus negatif. Rhesus negatif bila bertemu dengan rhesus positif akan membentuk aglutinin untuk menggumpalkan antigen rhesus positif. Penyakit kuning pada bayi (Erytroblastosis fetalis) terjadi karena adanya perbedaan rhesus antara ibu dan bayi yang dikandungnya. Bila ibu dengan rhesus negatif memiliki mengandung bayiyang memiliki rhesus positif maka kemungkinan besar pada kelahiran anak pertama akan terjadi kontak antara darah ibu dan bayi sehingga terbentuk aglutinin pada tubuh ibu. Pada saat ibu tersebut mengandung anak kedua maka aglutinin akan menggumpalkan antigen rhesus bayi pada kehamilan kedua ini, sehingga terjadiErytroblastosis fetalis. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Pada sel darah merah (eritrosit) terdapat protein yang menentukan golongan darah dan rhesus kita. Pada sistem golongan darah, jenis golongan darah kita ditentukan oleh Isoaglutinogen yaitu begin mathsize 14px style I to the power of A comma space I to the power of B comma space dan space I to the power of 0 end style sehingga terdapat golongan darah A, B, AB dan O. Pada sistem rhesus, jika terdapat antigen di eritrosit maka dinyatakan memiliki rhesus positif, sedangkan jika tidak terdapat antigen rhesus maka dinyatakan memiliki resus negatif. Rhesus negatif bila bertemu dengan rhesus positif akan membentuk aglutinin untuk menggumpalkan antigen rhesus positif.

Penyakit kuning pada bayi (Erytroblastosis fetalis) terjadi karena adanya perbedaan rhesus antara ibu dan bayi yang dikandungnya. Bila ibu dengan rhesus negatif memiliki mengandung bayi yang memiliki rhesus positif maka kemungkinan besar pada kelahiran anak pertama akan terjadi kontak antara darah ibu dan bayi sehingga terbentuk aglutinin pada tubuh ibu. Pada saat ibu tersebut mengandung anak kedua maka aglutinin akan menggumpalkan antigen rhesus bayi pada kehamilan kedua ini, sehingga terjadi Erytroblastosis fetalis.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

21

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan hasil uji laboratorium Sdr, Anton di bawah ini! Sel-sel darah Normal Hasil Laboratorium eritrosit 4-6 jt 5,3 jt leukosit 4,...

38

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia