Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut ini!


Tiang bendera yang berdiri tegak di pinggir lapangan upacara itu terbuat dari besi. Tinggi tiang itu sekitar 7 meter. Tiang tersebut dicat putih. Di ujung tiang terlihat sang merah putih berkibar. Bendera tersebut baru saja dikibarkan pada upacara senin pagi.space 

Penulisan kata yang tidak baku pada teks di atas adalah ....

Penulisan kata yang tidak baku pada teks di atas adalah ....space 

  1. tiangspace 

  2. seninspace 

  3. benderaspace 

  4. upacaraspace 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Iklan

Pembahasan

Teks deskripsi adalah teks yang melukiskan suatu objek dengan rangkaian kata-kata yang dapat merangsang indra pembaca. Teks di atas mendeskripsikan tiang bendera setinggi 7 meter yang terbuat dari besi. Terdapat penulisan kata yang belum baku pada paragraf di atas. Mari kita jabarkan menurut pilihan jawabannya. Pilihan jawaban A adalah kata "tiang". Penulisan kata "tiang" terdapat pada kalimat "Tiang bendera yang berdiri tegak di pinggir lapangan upacara itu terbuat dari besi.", "Tinggi tiang itu sekitar 7 meter. Tiang tersebut dicat putih.", "Di ujung tiang terlihat sang merah putih berkibar." Penulisan kata "tiang" pada kalimat tersebut sudah tepat karena sudah sesuai dengan kaidah PUEBI. Pilihan jawaban B adalah kata "senin". Penulisan kata "senin" terdapat pada kalimat "Bendera tersebut baru saja dikibarkan pada upacara senin pagi." Penulisan kata "senin" belum tepat karena sesuai dengan kaidah penulisan yang diatur dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), penulisannama tahun, bulan, hari , dan hari besar atau hari raya ditulisan menggunakan awalan huruf kapital. Jadi, seharusnya kata "senin" ditulis "Senin". Pilihan jawaban C adalah kata "bendera". Penulisan kata "bendera" terdapat pada kalimat "Tiang bendera yang berdiri tegak di pinggir lapangan upacara itu terbuat dari besi." dan "Bendera tersebut baru saja dikibarkan pada upacara senin pagi.". Penulisan kata "bendera" pada kalimat tersebut sudah tepat karena sudah sesuai dengan kaidah PUEBI. Pilihan jawaban D adalah kata "upacara". Penulisan kata "upacara" terdapat pada kalimat "Tiang bendera yang berdiri tegak di pinggir lapangan upacara itu terbuat dari besi." dan "Bendera tersebut baru saja dikibarkan pada upacara senin pagi.". Penulisan kata "upacara" pada kalimat tersebut sudah tepat karena sudah sesuai dengan kaidah PUEBI. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Teks deskripsi adalah teks yang melukiskan suatu objek dengan rangkaian kata-kata yang dapat merangsang indra pembaca. Teks di atas mendeskripsikan tiang bendera setinggi 7 meter yang terbuat dari besi.

Terdapat penulisan kata yang belum baku pada paragraf di atas. Mari kita jabarkan menurut pilihan jawabannya.

  1. Pilihan jawaban A adalah kata "tiang". Penulisan kata "tiang" terdapat pada kalimat "Tiang bendera yang berdiri tegak di pinggir lapangan upacara itu terbuat dari besi.", "Tinggi tiang itu sekitar 7 meter. Tiang tersebut dicat putih.", "Di ujung tiang terlihat sang merah putih berkibar."
    Penulisan kata "tiang" pada kalimat tersebut sudah tepat karena sudah sesuai dengan kaidah PUEBI.
  2. Pilihan jawaban B adalah kata "senin". Penulisan kata "senin" terdapat pada kalimat "Bendera tersebut baru saja dikibarkan pada upacara senin pagi."
    Penulisan kata "senin" belum tepat karena sesuai dengan kaidah penulisan yang diatur dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), penulisan nama tahun, bulan, hari, dan hari besar atau hari raya ditulisan menggunakan awalan huruf kapital. Jadi, seharusnya kata "senin" ditulis "Senin".
  3. Pilihan jawaban C adalah kata "bendera". Penulisan kata "bendera" terdapat pada kalimat "Tiang bendera yang berdiri tegak di pinggir lapangan upacara itu terbuat dari besi." dan "Bendera tersebut baru saja dikibarkan pada upacara senin pagi.".
    Penulisan kata "bendera" pada kalimat tersebut sudah tepat karena sudah sesuai dengan kaidah PUEBI.
  4. Pilihan jawaban D adalah kata "upacara". Penulisan kata "upacara" terdapat pada kalimat "Tiang bendera yang berdiri tegak di pinggir lapangan upacara itu terbuat dari besi." dan "Bendera tersebut baru saja dikibarkan pada upacara senin pagi.".
    Penulisan kata "upacara" pada kalimat tersebut sudah tepat karena sudah sesuai dengan kaidah PUEBI.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Deskripsi

Kebahasaan Teks Deskripsi

Menganalisis Teks Deskripsi

Membuat Teks Deskripsi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat yang memerlukan perbaikan huruf kapital pada teks di atas adalah ...

646

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia