Roboguru

Penulisan kalimat yang benar adalah ...

Pertanyaan

Penulisan kalimat yang benar adalah ...undefined 

  1. Besok hari Minggu.undefined 

  2. Ayah berasal dari Soloundefined 

  3. Ibu lahir bulan maretundefined 

Pembahasan Soal:

Kalimat ialah gabungan kata yang dirangkai dan terdiri dari subjek, predikat, dan objek. Kalimat diakhiri dengan tanda titik. Ketika penulisan kalimat, awal kalimat menggunakan huruf kapital. Selain awal kalimat, huruf kapital juga digunakan untuk penulisan nama hari dan bulan serta penulisan nama kota.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Febriyanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Temukanlah kesalahan pada kalimat berikut sesuai dengan aturan penggunaan huruf kapital yang benar! Edo dan teman-teman melewati jalan malioboro.

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI,  huruf kapital atau huruf besar adalah  huruf yang berukuran dan berbentuk khusus (lebih besar daripada huruf biasa), biasanya digunakan sebagai huruf pertama dari kata pertama dalam kalimat, huruf pertama nama diri dan sebagainya, seperti A, B, C, D, atau E. Huruf kapital digunakan dalam penulisan nama jalan dan nama suatu tempat.

Edo dan teman-teman melewati jalan malioboro.

Kalimat tersebut terdapat kesalahan dalam penggunaan huruf kapital. Huruf kapital digunakan dalam penulisan nama jalan dan nama suatu tempat. Nama jalan yang terdapat dalam kalimat tersebut adalah Jalan Malioboro. Perbaikan penulisan huruf kapital yang benar adalah Edo dan teman-teman melewati Jalan malioboro.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah Edo dan teman-teman melewati Jalan malioboro. undefined 

0

Roboguru

Temukanlah kesalahan penggunaan huruf kapital pada kalimat berikut! Ayah berkata, “jangan bermain di jalan ya, Nak! Itu bisa membahayakan diri.”

Pembahasan Soal:

Ayah berkata, “jangan bermain di jalan ya, Nak! Itu bisa membahayakan diri.”undefined

Kalimat tersebut terdapat kesalahan dalam penggunaan huruf kapital. Huruf kapital digunakan di awal kalimat. Penggunaan dari huruf kapital terletak pada huruf pertama dari kalimat yang dipetik. Perbaikan yang tepat untuk kalimat tersebut adalah Ayah berkata, “Jangan bermain di jalan ya, Nak! Itu bisa membahayakan diri.”

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah Ayah berkata, “Jangan bermain di jalan ya, Nak! Itu bisa membahayakan diri.” space 

0

Roboguru

Temukanlah kesalahan pada kalimat berikut sesuai dengan aturan penggunaan huruf kapital yang benar! Sungai kapuas adalah salah satu sungai terpanjang di Indonesia.

Pembahasan Soal:

Sungai kapuas adalah salah satu sungai terpanjang di Indonesia.

Kalimat tersebut terdapat dalam kesalahan dalam penggunaan huruf kapital. Huruf kapital digunakan dalam penulisan mengenai nama suatu tempat atau wilayah. Dalam kalimat tersebut terdapat nama tempat atau suatu wilayah. Nama tempat yang terdapat dalam kalimat tersebut adalah Kapuas. Dengan demikian Kapuas menggunakan huruf kapital. Perbaikan kalimat tersebut yang tepat adalah Sungai Kapuas adalah salah satu sungai terpanjang di Indonesia.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah Sungai Kapuas adalah salah satu sungai terpanjang di Indonesia. undefined 

0

Roboguru

Temukanlah kesalahan pada kalimat berikut sesuai dengan aturan penggunaan huruf kapital yang benar! Ngarai sianok terdapat di bukittinggi.

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI,  huruf kapital atau huruf besar adalah  huruf yang berukuran dan berbentuk khusus (lebih besar daripada huruf biasa), biasanya digunakan sebagai huruf pertama dari kata pertama dalam kalimat, huruf pertama nama diri dan sebagainya, seperti A, B, C, D,atau  E. Huruf kapital digunakan untuk penulisan nama suatu tempat atau lokasi dan nama pertama geografi. Selain itu, huruf kapital digunakan untuk penulisan nama orang. Tanda baca titik digunakan untuk mengakhiri suatu kalimat.

Ngarai sianok terdapat di bukittinggi

Dalam kalimat tersebut terdapat kesalahan dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca titik. Huruf kapital dalam kalimat tersebut digunakan dalam penulisan nama suatu tempat atau lokasi dan nama pertama geografi. Nama tempat dan nama pertama geografi dalam kalimat tersebut adalah Ngarai Sianok dan Bukittinggi. Perbaikan kalimat tersebut yang tepat adalah Ngarai Sianok terdapat di Bukittinggi.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah Ngarai Sianok terdapat di Bukittinggi. space 

 

0

Roboguru

Penulisan huruf kapital yang benar pada kalimat di bawah ini adalah ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan pilihan jawaban, ditunjukkan adanya petikan langsung yang ditandai oleh tanda petik dua. Dalam penulisan petikan langsung perlu memerhatikan aturan penggunaan huruf kapital. Awal kalimat dalam petikan langsung harus menggunakan huruf kapital. Selain itu, huruf kapital juga digunakan pada penulisan nama dan kata sapaan. Pada pilihan, terdapat nama kereta api dan kata sapaan Ayah yang seharusnya menggunakan huruf kapital. Dengan demikian, penulisan huruf kapital yang benar adalah sebagai berikut.

“Besok kita akan naik Kereta Api Ganesha pukul 08.00.” kata Ayah.space  


Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved