Roboguru

Penulisan judul makalah yang tepat adalah ...

Pertanyaan

Penulisan judul makalah yang tepat adalah ...space 

  1. Menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan dirispace 
     

  2. Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan Kepercayaan Dirispace 

  3. Menggali Potensi Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Dirispace 

  4. Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan kepercayaan dirispace 

Pembahasan Soal:

Aturan penulisan judul dalam Bahasa Indonesia ada di dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) bab Pemakaian Huruf Kapital. Di sana tertulis "Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama setiap kata (termasuk unsur kata ulang sempurna) di dalam judul buku, karangan, artikel, dan makalah serta nama majalah dan surat kabar, kecuali kata tugas, seperti dikedaridanyang, dan untuk, yang tidak terletak pada posisi awal."

Maka dari itu, penulisan judul makalah di atas adalah sebagai berikut.

Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Buku adalah jendela dunia, sudahkah Anda membaca "korelasi membaca dengan tingkat kecerdasan intelektual dan hubungan sosial?" Perbaikan penulisan judul karangan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Penulisan judul karya ilmiah yang tepat sesuai kaidah EYD adalah Korelasi Membaca dengan Tingkat Kecerdasan Intelektual dan Hubungan Sosial. Hal ini sesuai dengan aturan mengenai penulisan judul karya ilmiah yang benar, yakni dengan menggunakan huruf awal kapital pada setiap awal kata, kecuali kata-kata penghubung. Kata penghubung dalam judul tersebut adalah dengan dan dan

Roboguru

Ia baru menyelesaikan tulisannya mengenai pengaruh internet dalam buku yang berjudul pengaruh internet terhadap kemajuan belajar siswa sekolah menengah atas. Penulis judul karangan sesuai dengan EYD ...

Pembahasan Soal:

Penulisan judul karya ilmiah yang tepat sesuai kaidah EYD adalah Pengaruh Internet terhadap Kemajuan Siswa Sekolah Menengah Atas. Hal ini sesuai dengan aturan mengenai penulisan judul buku yang benar, yakni dengan menggunakan huruf awal kapital pada setiap awal kata, kecuali kata-kata penghubung. Kata “terhadap” merupakan salah satu kata penghubung. Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

Roboguru

Perhatikan judul buku berikut.    Lelaki Yang Keluar Dari Rumah, karya Puthut EA Ksatria, Putri, Dan Bintang Jatuh, karya Dewi Lestari Muslimah Yang Diperdebatkan, karya Kalis Mardiasih Sebuah S...

Pembahasan Soal:

Karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Judul karya ilmiah biasa dirumuskan dalam satu frasa yang jelas dan lengkap. Judul harus menampilkan objek dan/atau subjek dari penelitian. Selain itu, judul yang baik dapat menentukan batas yang jelas terkait ruang lingkup penelitian, tujuan penelitian, dan metode yang dipakai. 

Penulisan judul buku yang benar sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), sebagai berikut:

  1. Setiap kata pada judul diawali dengan huruf kapital atau huruf besar. Akan tetapi ada pengecualian, silakan lihat poin berikutnya.
  2. Gunakan huruf kecil semua pada kata yang sifatnya partikel, yaitu kata penghubung (konjungsi), kata depan (preposisi), dan kata seruan perasaan (interjeksi). Contohnya pada kata berikut: dari, ke, di, pun, pada, kepada, jika, maka, agar, supaya, hingga, sebagai, terhadap, karena, yang, dan yang lainnya.
  3. Gunakan huruf kapital di awal setiap kata ulang yang katanya sama. Contohnya: Undang-Undang, Orang-Orang, Teman-Teman, dan yang lainnya.
  4. Gunakan huruf kapital hanya di awal kata pertama pada kata ulang yang berubah bunyi dan juga kata ulang berimbuhan. Contoh kata ulang berubah bunyi: Sayur-mayur, Lauk-pauk, dan yang lainnya. Contoh kata ulang berimbuhan: Terbirit-birit, Kejar-mengejar, Tergopoh-gopoh, Kejar-mengejar, Berlari-lari, dan yang lainnya.

Berdasarkan ketentuan di atas, maka judul yang tepat untuk masing-masing karya di atas adalah:

  1. Lelaki yang Keluar dari Rumah, karya Puthut EA.
  2. Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh, karya Dewi Lestari.
  3. Muslimah yang Diperdebatkan, karya Kalis Mardiasih.
  4. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat, karya Mark Manson.
  5. Sebuah Seni untuk Memahami Kekasih, karya Agus Mulyadi.space 
Roboguru

Judul: Penggunaan teknik rekonstruksi cerita film melalui VCD dalam pembelajaran menulis cerpen Penulisan judul yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) adalah ...

Pembahasan Soal:

Karya ilmiah adalah tulisan hasil berpikir ilmiah yang ditulis berdasarkan analisis data dan menggunakan metode yang disusun secara sistematis, serta logis, dan memenuhi kaidah ilmu pengetahuan yang berlaku.

Salah satu bagian karya ilmiah adalah halaman judul. Judul karya tulis ilmiah ditulis berdasarkan topik yang diangkat sehingga menjadi nama dari karya ilmiah tersebut dan ditulis sesuai dengan kaidah PUEBI.

Cara penulisan judul sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI):

  1. Setiap huruf di awal kata ditulis dengan huruf kapital
  2. Gunakan huruf kecil untuk preposisi, konjungsi, interjeksi, kata sandang, dan partikel
  3. Setiap huruf pada awal kata ulang utuh (dwilingga) ditulis dengan huruf kapital

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Roboguru

Penulisan judul karya tulis yang tepat adalah ....

Pembahasan Soal:

Judul penelitian adalah pencerminan dari keseluruhan isi karya ilmiah yang bersifat menjelaskan diri, menarik sehingga orang langsung menduga materi dan masalah dan materi apa yang diteliti, penjabaran dari topik yang lebih spesifik dan sering menyiratkan variabel yang akan dibahas.

Penulisan judul penelitian yang benar sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI): 

  1. Setiap kata pada judul diawali dengan huruf kapital atau huruf besar.
  2. Gunakan huruf kecil semua pada kata yang sifatnya partikel, yaitu kata penghubung (konjungsi), kata depan (preposisi), dan kata seruan perasaan (interjeksi).
  3. Gunakan huruf kapital di awal setiap kata ulang yang katanya sama. Contohnya: Undang-Undang, Orang-Orang, Teman-Teman, dll.
  4. Gunakan huruf kapital hanya di awal kata pertama pada kata ulang yang berubah bunyi dan juga kata ulang berimbuhan. Contoh kata ulang berubah bunyi: Sayur-mayur, Lauk-pauk, dll.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka penulisan judul karya tulis yang tepat adalah "Pengendalian Hama Belalang dan Ulat pada Tanaman dengan Biopestisida".

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved