Iklan

Iklan

Pertanyaan

Penulisan gabungan kata yang benar terdapat pada kalimat?

Penulisan gabungan kata yang benar terdapat pada kalimat? space space 

  1. Permasalahan tuna wisma itu harus segera ditangani. space space 

  2. Perkelahian antar pelajar sering terjadi di kota besar. space space 

  3. Bapak Karim Hasan menjadi duta besar di Swedia. space space 

  4. Program Keluarga Berencana menekankan terbentuknya catur warga. space space 

  5. Kegiatan ekstra kurikuler dapat meningkatkan potensi siswa. space space 

Iklan

M. Rozalina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Iklan

Pembahasan

Penulisan gabungan kata yang tepat dari kelima pilihan jawaban di atas adalah pilihan C. Pilihan Cterdapat gabungan kata duta besar yang penulisannya sudah tepat karena penulisannya dipisah. Pilihan A terdapat gabungan kata tuna wisma . Kata tersebut kurang tepat karenaseharusnya penulisannya dirangkaimenjadi tunawisma . Pilihan B terdapat gabungan kata yang kurang tepat, yaitu pada kata antar pelajar dan kota besar . Gabungan kata kota besar sudah tepat penulisannya dipisah, sedangkan gabungan kata antar pelajar kurang tepat karena penulisannya tidak ditulis secara terpisah. Gabungan kata antar pelajar seharusnya ditulis menjadi antarpelajar . Pilihan D terdapat gabungan kata catur warga yang penulisannya kurang tepat. Penulisan catur warga yang tepat seharusnya adalah caturwarga . Lalu, pilihan E terdapat dua gabungan kata, yaitu ekstra kurikuler dan potensi siswa . Penulisan gabungan kata potensi siswa sudah tepat karena p enulisannya dipisah. Gabungan kata yang kurang tepat , yaitu kata ekstra kurikuler . Kata tersebut seharusnya tidak ditulis secara terpisah , yaitu ekstrakurikuler . Dengan demikian, penulisan gabungan kata yang tepat adalah duta besar pada pilihan jawaban C. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Penulisan gabungan kata yang tepat dari kelima pilihan jawaban di atas adalah pilihan C. Pilihan C terdapat gabungan kata duta besar yang penulisannya sudah tepat karena penulisannya dipisah. Pilihan A terdapat gabungan kata tuna wisma. Kata tersebut kurang tepat karena seharusnya penulisannya dirangkai menjadi tunawisma. Pilihan B terdapat gabungan kata yang kurang tepat, yaitu pada kata antar pelajar dan kota besar. Gabungan kata kota besar sudah tepat penulisannya dipisah, sedangkan gabungan kata antar pelajar kurang tepat karena penulisannya tidak ditulis secara terpisah. Gabungan kata antar pelajar seharusnya ditulis menjadi antarpelajarPilihan D terdapat gabungan kata catur warga yang penulisannya kurang tepat. Penulisan catur warga yang tepat seharusnya adalah caturwarga. Lalu, pilihan E terdapat dua gabungan kata, yaitu ekstra kurikuler dan potensi siswa. Penulisan gabungan kata potensi siswa sudah tepat karena penulisannya dipisah. Gabungan kata yang kurang tepat, yaitu kata ekstra kurikuler. Kata tersebut seharusnya tidak ditulis secara terpisah, yaitu ekstrakurikuler. Dengan demikian, penulisan gabungan kata yang tepat adalah duta besar pada pilihan jawaban C. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

163

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks berikut! (1) Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan konvensional (tatapmuka) ke arah pendidikan yang lebih terbuka. (2) Dengan masuknya pengaruh G...

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia