Roboguru

Penjelasan tentang kedatangan bangsa bangsa barat ke indonesia....

Pertanyaan

Penjelasan tentang kedatangan bangsa bangsa barat ke indonesia....

  1. Portugis dan Belanda

  2. ....

Pembahasan Soal:

Pada dasarnya daya tarik magnet Indonesia atau Nusantara sebagai sebuah wilayah penghasil rempah-rempah terbaik dan terbesar, yang kemudian menjadi tujuan dari penjelajahan bangsa barat yaitu Portugis yang dipimpin oleh Alfonso de Alburqueque dan Belanda yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman, ada pula beberapa faktor lainnya yang mendorong bangsa barat untuk datang ke Nusantara yaitu, motivasi 3 G (Gold, Gospel, dan Glory), Revolusi industri, dan jatuh dikuasainya Konstantinopel oleh kekaisaran Turki Usmani.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Purnasih

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan penjajahan Portugis di Indonesia....

Pembahasan Soal:

Kedatangan Portugis ke Indonesia pada tahun 1511 dipimpin oleh Alfonso De'Alburqueque. Pada tahun 1512 Portugis berhasil menguasai dan menopoli perdagangan di Selat Malaka. Tujuan pelayaran Portugis ke Indonesia biasa disebut dengan kolonialisme dan imperialisme kuno dengan menerapkan sistem 3G (Gold, Glory, Gospel). Gold secara etimologi emas yang artinya Portugis bertujuan mendapatkan kekayaan yang besar. Glory secara etimologi kejayaan yang artinya Portugis ingin memperluas wilayah kekuasaannya. Gospel secara etimologi tugas suci menyebarkan agama Katholik yang artinya Portugis membawa misi penyebaran agama Katholik di setiap daerah yang Portugis singgahi. 

Dengan demikian, penjajahan Portugis di Indonesia terjadi ketika Portugis melakukan ekspedisi pada tahun 1511 dan kedatangannya dengan membawa motif 3G.

0

Roboguru

Tulis secara singkat kedatangan bangsa Barat ke Indonesia yaitu kedatangan bangsa Portugis, Spanyol dan Belanda....

Pembahasan Soal:

Portugis ialah negara Eropa yang pertama kali berinteraksi dengan masyarakat Indonesia. Portugis yang dipimpin oleh Alfonso De'Alburqueque berhasil ke Selat Malaka pada tahun 1511 dan ke daerah Maluku untuk mencari rempah-rempah pada tahun 1512.
Selain Portugis, kedatangan Spanyol ke Indonesia diawali pada tahun 1521 yang mendarat di Sulawesi Utara, Manado. Spanyol kemudian mendirikan pos benteng pertahanan di Manado, dan bekerja sama dengan Kerajaan Tidore yang pada waktu itu sedang bersitegang dengan Kerajaan Ternate.
Kedatangan bangsa Barat selanjutnya adalah Belanda yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman yang datang ke Banten pada tahun 1596. Ekspedisi awal Belanda yang mencari rempah-rempah tiba Banten dan ingin memonopoli perdagangan di Banten. Kemudian Belanda membentuk Kongsi Dagang VOC pada tahun 1602. 

Dengan demikian, kedatangan bangsa barat ke Indonesia dilakukan Portugis yang datang ke Selat Malaka dan Maluku, kemudian Spanyol ke Maluku, dan Belanda ke Banten. 

1

Roboguru

Kronologis penjajahan bangsa Eropa di Indonesia....

Pembahasan Soal:

Kronologi penjajahan bangsa barat di Indonesia dimulai oleh armada Portugis yang dipimpin oleh Alfonso De'Alburqueque yang berhasil menguasai Selat Malaka pada tahun 1512. Kemudian penjajahan bangsa barat di Indonesia dilanjutkan oleh Belanda yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman yang berhasil mendarat di Banten pada tahun 1596. Meskipun awal kedatangan Belanda ke Indonesia untuk berdagang, Belanda berusaha memonopoli perdagangan di Banten. Selanjutnya penjajahan bangsa barat di Indonesia dilakukan oleh Inggris dengan pelayaran yang dilakukan oleh Henry Middelton yang sampai di Sumatera dan menuju Banten pada akhir 1604. 

Dengan demikian, kronologis penjajahan bangsa barat di Indonesia dilakukan oleh Portugis, Belanda, dan Inggris. space

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan latar belakang kedatangan bangsa barat melakukan penjelajahan ke dunia timur adalah....

Pembahasan Soal:

Pada dasarnya kedatangan bangsa barat Eropa ke Indonesia, berkaitan erat dengan semangat reconquista atau semangat penaklukan. Semboyan kolonialisme dan imperialisme awal yang selalu menjadi latar belakang kedatangan bangsa barat ke Indonesia adalah 3G, Gold, Glory, dan Gospel. Gold ialah dorongan praktik kolonialisme dan imperialisme yang memburu kekayaan berdasarkan logam mulia berupa emas, perak, dan bahan tambang lain yang berharga. Kemudian Glory yang artinya kejayaan. Kejayaan sebuah bangsa atau negara di Eropa dapat dilihat daru banyaknya wilayah koloni yang dikuasainya. Dorongan ini yang kemudian membuat bangsa-bangsa atau negara-negara di Eropa berhasrat untuk memiliki daerah kekuasaan yang sangat luas. Terakhir Gospel, ialah tugas suci, membawa misi dari gereja untuk menyebarkan ajaran injil (kristen).

Dengan demikian jawaban yang paling tepat adalah B. 

0

Roboguru

Yang melatar belakangi bangsa Belanda datang ke Indonesia adalah....

Pembahasan Soal:

Pada abad ke-16 Belanda berada di bawah Kerajaan Spanyol, selama kurang lebih 80 tahun Belanda melakukan perlawanan kepada Raja Spanyol. Posisi Belanda pada saat itu hanya menjadi perantara perdagangan rempah-rempah yang dibawa oleh Portugis dari Nusantara. Ketika Revolusi perang kemerdekaan, Belanda terdorong dan mempunyai jalur perdagangan sendiri menuju Indonesia. Hingga datangnya Cornelis de Houtman ke Banten pada tahun 1596.

Dengan demikian, yang melatarbelakangi bangsa Belanda datang ke Indonesia adalah adanya Revolusi Belanda.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved