Roboguru

Penjalaran impuls melintasi sinaps melibatkan zat yang dinamakan

Pertanyaan

Penjalaran impuls melintasi sinaps melibatkan zat yang dinamakanspace....

  1. Ganglionspace space

  2. Neurotransmiterspace space

  3. Aksonspace space

  4. Neurolemaspace space

  5. Dendritespace space

Pembahasan Soal:

Sinapsis merupakan celah penghubung antara neuron yang satu dengan neuron yang lainnya. Sinapsis terbentuk antara ujung akson (terminal akson) dengan dendrit dari sel saraf lain. Sinapsis berfungsi untuk meneruskan rangsang dari suatu sel saraf ke dendrit dari sel saraf lainnya.

Pada sinapsis, aliran impuls dihantarkan oleh zat kimia yang disebut dengan neurotransmitter. Contoh neurotransmitter diantaranya adalah asetilkolin, dopamin, serotonin, dan noradrenalin.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar ujung akson berikut ! Proses pelepasan neurotransmiter ditunjukkan bagian bernomor ....

Pembahasan Soal:

Untuk menjawab soal di atas, perhatikan gambar berikut!

Berdasarkan keterangan gambar, pelepasan neurotransmiter terletak pada nomor 4.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D. 4

0

Roboguru

Zat kimia yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang listrik adalah ....

Pembahasan Soal:

Neurotransmitter merupakan senyawa kimia yang ada di dalam tubuh yang mana bertugas untuk menyampaikan pesan atau sinyal antara satu sel saraf (neuron) ke sel saraf target. Neurotransmiter dapat menghantarkan rangsang listrik dikarenakan pada suatu kondisi adanya gaya tarik antara listrik. Sel-sel target Neurotransmiter dapat berada di sistem endokrin tubuh, otak, otot, berbagai kelenjar, dan bagian lain dalam tubuh. Neurotransmiter ini sendiri mempunyai peran yang sangat penting untuk otak manusia dalam mengatur kinerja berbagai sistem tubuh. Peran penting tersebut antara lain yaitu :

1. Dopamin

Dopamin dapat menyelesaikan proses terkait kesenangan di otak manusia sehingga dapat dikatakan juga sebagai motivasi. Sebagai contoh yaitu makanan yang mana bisa menstimulasi dari proses pelepasan dopamin itu sendiri.

2. Aseltikolin

Aseltikolin yang mana merupakan jenis Neurotransmiter yang berperan dalam proses pembelajaran dan memori pada otak manusia. Dan juga, asetilkolin ini berperan pada sinyal pergerakan otot, serta pengaturan sistem endokrin di dalam tubuh manusia. Jika manusia kekurangan jumlah aseltikolin ini sendiri maka dapat memicu terjadinya kelemahan otot.

3. Adrenalin

Adrenalin yang mana merupakan jenis Neurotransmiter yang berperan dalam membantu otak untuk membuat suatu keputusan cepat dalam menghadapi situasi bahaya. Contohnya ketika seseorang ketakutan maka adrenalin ini sendiri akan mengalami pelepasan.

0

Roboguru

Apakah neurontransmitter itu?

Pembahasan Soal:

Neurotransmitter adalah senyawa kimiawi dalam tubuh yang bertugas untuk menyampaikan pesan antara satu sel saraf (neuron) ke sel saraf target. Sel-sel target ini dapat berada di otot, berbagai kelenjar, dan bagian lain dalam tubuh.Neurotransmiter memainkan peran yang sangat penting untuk otak dalam mengatur kinerja berbagai sistem tubuh. Sistem tubuh tersebut termasuk:

  • Detak jantung
  • Pernapasan
  • Siklus pengaturan tidur
  • Pencernaan
  • Suasana hati
  • Konsentrasi
  • Nafsu makan
  • Gerakan otot

0

Roboguru

Jaringan otot dan sel saraf tidak membentuk kontak fisik, melainkan terdapat celah di antara keduanya. Akan tetapi, keduanya masih dapat berinteraksi oleh karena adanya sinyal kimia yang dihasilkan ol...

Pembahasan Soal:

Sel saraf, sebagai pembawa pesan berupa impuls saraf, dengan jaringan efektor (otot atau kelenjar) berkomunikasi dengan perantara neurotransmitter. Neurotransmitter adalah pembawa sinyal berupa zat kimia yang dilepaskan sel saraf dan akan diterima jaringan otot. Neurotransmitter sangat beragam dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Asetilkolin adalah jenis neurotransmitter yang menghubungkan sel saraf dan sel otot. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Proses fisiologi di dalam tubuh hewan dapat dipengaruhi oleh tekanan pada level seluler. Tekanan tinggi dapat menghambat proses pelipatan protein, pelipatan protein dan mengurangi keenceran (fluiditas...

Pembahasan Soal:

Kondisi yang baik di dalam sel menjadi faktor utama suatu sistem organ dapat bekerja secara optimum di dalam tubuh manusia. Adanya perbedaan tekanan yang terjadi di dalam sel memiliki dampak pada kinerja sel tersebut. Pada sistem neural, jika terjadi suatu keadaan yang kurang menguntungkan maka dapat berdampak pada pengurangan rambatan impuls pada sel-sel syaraf. Misalnya pada otot, aktivitas pengikatan asetilkolin akan terhambat sehingga kontraksi otot tidak dapat berlangsung secara maksimal.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved