Roboguru

Pengolahan tanah untuk pembudidayaan tanaman pangan merupakan industri dalam bidang….

Pertanyaan

Pengolahan tanah untuk pembudidayaan tanaman pangan merupakan industri dalam bidang….

  1. Pertanian

  2. Perkebunan

  3. Peternakan

  4. Perikanan

  5. Pariwisata

Pembahasan Soal:

Pengolahan tanah untuk pembudidayaan tanaman pangan merupakan industri dalam bidang pertanian. Industri pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Jadi, jawaban yang benara adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Junior

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bahan yang digunakan untuk membantu proses produksi dalam menghasilkan produk adalah pengertian dari bahan ...

Pembahasan Soal:

Bahan baku adalah bahan yang digunakan untuk membantu proses produksi dalam menghasilkan produk. Contohnya pembuatan meja membutuhkan kayu sebagai bahan baku.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Lokasi yang tepat untuk pembangunan industri pengalengan ikan di daerah nomor....

Pembahasan Soal:

Pembuatan pengalengan ikan dibutuhkan bahan mentah yang segar, sehingga hasil ikan yang dikalengin akan tetap segar untuk waktu yang lama. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah dekat bahan mentah.

0

Roboguru

Jika pabrik gula pasir didirikan di wilayah perkebunan maka pertimbangannya adalah ....

Pembahasan Soal:

Ada beberapa bahan pertimbangan dalam menentukan lokasi industri, seperti jarak industri dengan pasar atau bahan baku. Lokasi industri gula harus dekat dengan bahan bakunya, yaitu perkebunan tebu. Dengan demikian, maka industri gula dapat menekan angka biaya transportasi untuk pengangkutan bahan baku ke tempat industri. Selain itu, industri gula juga harus dekat dengan permukiman penduduk agar mudah untuk mendapatkan tenaga kerja. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah D.

0

Roboguru

Industri semen merupakan jenis industri yang lokasinya terikat pada ....

Pembahasan Soal:

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian, industri adalah seluruh bentuk kegiatan ekonomi yang mengolah bahan baku dan/atau memanfaatkan sumber daya industri sehingga menghasilkan barang yang mempunyai nilai tambah atau manfaat lebih tinggi, termasuk jasa industri. Adapun beberapa klasifikasi industri, salah satunya klasifikasi industri berdasarkan lokasi unit usaha adalah sebagai berikut.

  1. Industri berorientasi pada pasar (market oriented industry) adalah industri yang didirikan mendekati daerah persebaran konsumen ;
  2. Industri berorientasi pada tenaga kerja (employment oriented industry) adalah industri yang didirikan mendekati daerah pemusatan penduduk, terutama daerah yang memiliki banyak angkatan kerja tetapi kurang pendidikannya. Contohnya adalah industri rokok, industri sepatu ;
  3. Industri berorientasi pada pengolahan (supply oriented industry) adalah industri yang didirikan dekat atau ditempat pengolahan. Contohnya adalah industri pupuk di Palembang (dekat dengan sumber pospat dan amoniak), dan industri BBM di Balongan Indramayu (dekat dengan kilang minyak) ;
  4. Industri berorientasi pada bahan baku adalah industri yang didirikan di tempat tersedianya bahan baku. Contohnya adalah industri konveksi berdekatan dengan industri tekstil, industri pengalengan ikan berdekatan dengan pelabuhan laut, industri semen berdekatan dengan pegunungan batuan gamping, dan industri gula berdekatan dengan lahan tebu ; dan
  5. Industri yang tidak terikat oleh persyaratan yang lain (footloose industry) adalah industri dapat didirikan di mana saja tanpa syarat-syarat tertentu dikarenakan bahan baku, tenaga kerja, dan pasarnya sangat luas serta dapat ditemukan di mana saja. Contohnya industri elektronik, industri otomotif, dan industri transportasi. 

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa industri semen merupakan jenis industri yang lokasinya terikat pada bahan baku hal ini dikarenakan lokasi pengolahan industri semen harus berdekatan dengan sumber bahan bakunya, yaitu batuan gamping.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Jika pabrik gula pasir didirikan di wilayah perkebunan maka pertimbangannya adalah...

Pembahasan Soal:

Lokasi pabrik gula pasir yang berada di wilayah perkebunan maka akan mudah mendapatkan bahan baku. Daerah perkebunan tersebut dapat difungsikan sebagai perkebunan tebu. Dilihat dari denah lokasi perkebunan juga berada dekat dengan wilayah permukiman, yang mana akan menyediakan sumber tenaga kerja di pabrik gula pasir dan di perkebunan tebu.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved