Roboguru

Penggunaan tanah pedesaan di Indonesia sangat dipengaruhi oleh …. ketinggian curah hujan lereng kepadatan penduduk

Pertanyaan

Penggunaan tanah pedesaan di Indonesia sangat dipengaruhi oleh ….

  1. ketinggian
  2. curah hujan
  3. lereng
  4. kepadatan penduduk 
  1. 1, 2, 3 SAJA yang benar 

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar 

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar 

  4. HANYA 4 yang benar 

  5. SEMUA pilihan benar 

Pembahasan Soal:

Struktur ruang desa ditunjukkan oleh pola keruangan desa, yaitu pemanfaatan lahan desa untuk berbagai keperluan penduduk. Struktur ruang desa dibedakan menjadi ruang yang memiliki fungsi ekonomi dan fungsi sosial. Ruang untuk fungsi ekonomi, misalnya area pertanian dan peternakan. Ruang untuk fungsi sosial yaitu area permukiman. Perbedaan struktur desa dipengaruhi faktor-faktor sebagai berikut.

  • Ketersediaan air merupakan kebutuhan pokok bagi penduduk, terutama untuk keperluan domestik. Penduduk desa cenderung memilih tinggal di dekat sumber air seperti mata air dan sungai. 
  • Kondisi tanah. Desa memiliki lahan yang luas dengan berbagai kondisi tanah. Penggunaan lahan desa menyesuaikan dengan kondisi tanahnya. Lahan yang subur umumnya digunakan untuk kegiatan pertanian. Lahan yang kurang subur digunakan untuk permukiman atau nonpertanian. 
  • Topografi menunjukkan relief atau bentuk permukaan Brimi. Topografi memengaruhi struktur ruang desa. Lahan miring di perbukitan dimanfaatkan penduduk desa untuk kegiatan pertanian dan perkebunan. Permukiman dibangun di daerah yang datar. 
  • Iklim. Curah hujan dan suhu udara merupakan unsur iklim yang berpengaruh pada kegiatan pertanian, Penduduk desa membudidayakan jenis tanaman sesuai kondisi iklim di desa. 
  • Aktivitas penduduk. Sebagian besar penduduk desa beraktivitas di sektor agraris. Penduduk desa mengelola lahan untuk kegiatan pertanian, peternakan; dan perikanan darat. 
  • Budaya. Kehidupan desa kaya akan budaya yang tercermin pada bahasa, teknologi, agama/kepercayaan, dan kesenian. Penduduk desa menghormati tokoh agama/kepercayaan. Nilai-nilai seni dan ada istiadat terpelihara dengan baik dalam kehidupan desa.

Berdasarkan penjelasan tersebut, pilihan jawaban yang benar adalah nomor 1,2,dan 3.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 28 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bencana longsor dapat dipicu oleh adanya ketidakteraturan tata ruang pada wilayah ....

Pembahasan Soal:

Banyaknya bangunan liar pada wilayah dataran tinggi dapat menimbulkan bencana alam, seperti tanah longsor. Hal ini dapat terjadi jika kegiatan pembangunan yang dilakukan pada wilayah dataran tinggi tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku, seperti membangun bangunan fisik pada wilayah resapan air, melakukan penebangan hutan secara liar, dan lain-lain. Hal tersebut bisa menyebabkan beban lahan semakin berat dan aliran air permukaan makin banyak sehingga potensi terjadinya longsor akan makin besar. undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Di Indonesia, perencanaan pembangunan wilayah menghasilkan pemetaan ... Taraf hidup penduduk Jumlah penduduk Kesejahteraan penduduk Kesehatan penduduk

Pembahasan Soal:

Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan hidup masa sekarang dan mempertimbangkan pemenuhan kebutuhan di masa mendatang. Prinsip pembangunan berkelanjutan yang utama adalah memiliki kualitas hidup manusia di masa sekarang dan masa mendatang. Modal dasar pembangunan antara lain sumber daya manusia yang berkualitas dan sumber daya alam yang melimpah. Perencanaan pembangunan wilayah menghasilkan pemetaan jumlah penduduk dan kesehatan penduduk karena dalam proses pengembangan wilayah harus memiliki jumlah penduduk yang ideal dan memiliki kualitas kesehatan yang baik.space

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space

0

Roboguru

Karakteristik wilayah yang mencirikan wilayah fungsional adalah …. menunjukkan kondisi fisik tertentu merupakan wilayah yang dinamis merupakan kawasan homogen umumnya berada di pusat kota

Pembahasan Soal:

Wilayah fungsional merupakan wilayah di sekeliling pusat pertumbuhan yang didukung sistem transportasi, sistem komunikasi, dan aktivitas ekonorni. Berikut adalah ciri khas sebuah wilayah yang dikategorikan sebagai wilayah fungsional.

  1. Memiliki hubungan yang erat antar nodal wilayahnya. Artinya, dalam suatu wilayah, terdapat beberapa titik-titik yang saling berhubungan secara erat. Unsur penting dalam suatu region nodal adalah : adanya arus barang, ide/gagasan dan manusia, adanya node (pusat) yang menjadi pusat pertemuan arus tersebut secara terorganisir, adanya wilayah yang makin meluas, dan adanya jaring-jaring rute tempat berlangsungnya tukar menukar. 
  2. Umumnya memiliki karakteristik yang heterogen. Berbeda dengan kawasan formal, kawasan fungsional umumnya memiliki karakteristik yang heterogen. Mereka menjadi suatu wilayah hanya karena hubungan-hubungan yang terbentuk. Contohnya adalah kawasan perkotaan Cirebon raya yang diisi oleh perkotaan dan daerah-daerah pertanian.
  3. Umumnya memiliki batas yang kurang jelas atau lebih fleksibel, sehingga bersifat dinamis. Karena terbentuk berbasis hubungan timbal balik, kawasan fungsional memiliki batas-batas yang terkadang berubah-ubah.
  4. Pewilayahan fungsional memusatkan pada aliran antartitik pusat. Aliran ini dapat berupa perpindahan barang, jasa, atau orang. Titik pusat dari suatu wilayah fungsional, contohnya pusat pelayanan transportasi; pusat perdagangan, dan pusat pendidikan. Titik pusat juga dapat berupa lokasi yang berpotensi mendorong terbentulaiya pusat pertumbuhan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, hanya nomor 2 dan 4 yang benar.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Berikut kegiatan yang mampu meningkatkan kebutuhan tenaga kerja dan mendorong suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan adalah...

Pembahasan Soal:

Pusat pertumbuhan dapat terbentuk dari kegiatan ekonomi yang menyerap banyak tenaga kerja. Kegiatan ekonomi tersebut biasanya merupakan seKtor jasa dan perdagangan. Salah satu kegiatan yang mampu meningkatkan kebutuhan tenaga kerja dan mendorong suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan adalah kegiatan pariwisata pantai.


Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Arah pengembangan wilayah seperti gambar akan bergerak ke ...

Pembahasan Soal:

Wilayah permukaan bumi terdiri atas berbagai fenomena geografis. Fenomena geografis ini dapat dijadikan dasar untuk menentukan perwilayahan. Proses mengembangkan suatu wilayah, perlu dibuat analisis detailnya. Arah pengembangan wilayah seperti gambar tersebut akan bergerak ke sawah karena memiliki tanah relative datar, hal ini dikarenakan topogafi tanah seperti itu lebih memudahkan dalam pengembangkan wilayah untuk pembangunan fisik seperti permukiman penduduk, tempat kegiatan ekonomi dan sebagainya.space 

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved