Iklan

Iklan

Pertanyaan

Penggunaan pupuk kimia secara berlebihan dapat mengakibatkan....

Penggunaan pupuk kimia secara berlebihan dapat mengakibatkan....

  1. Tanaman pertanian tumbuh subur

  2. Pesatnya pertumbuhan gulma (tumbuhan hama pertanian)

  3. Eutrofikasi sehingga menyebabkan blooming algae

  4. Rusaknya ekosistem pertanian

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pupuk kimia adalah pupuk yang diproduksi oleh pabrik dengan komposisi bahan-bahan kimia anorganik dengan kadar hara yang tinggi. Akibat penggunaan pupuk kimia secara berlebihan diataranya : Dapat menurunkan kesuburan tanah, karena kandungan bahan kimia yang berlebihan akan merusak kandungan alami yang terdapat dalam tanah. Merusak ekosistem pertanian. Kandungan bahan kimia yang berlebihan akan berdampak buruk bagi organisme yang berada ditempat tersebut. Organisme yang terpapar bahan kimia tersebut akan mengalami kematian dan populasinya akan menurun drastis. Menghambat pembusukan bahan organik. Penggunaan pupuk kimia secara berlebihan tentu saja akan membunuh mikroorganisme yang terdapat di dalam tanah, jika mikroorganisme di dalam tanah terbunuh maka proses pembusukan akan terhambat. Berdasarkan uraian akibat dari penggunaan pupuk kimia secara berlebihan pilihan jawaban yang sesuai adalah merusak ekosistem perairan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Pupuk kimia adalah pupuk yang diproduksi oleh pabrik dengan komposisi bahan-bahan kimia anorganik dengan kadar hara yang tinggi. Akibat penggunaan pupuk kimia secara berlebihan diataranya :

  • Dapat menurunkan kesuburan tanah, karena kandungan bahan kimia yang berlebihan akan merusak kandungan alami yang terdapat dalam tanah.
  • Merusak ekosistem pertanian. Kandungan bahan kimia yang berlebihan akan berdampak buruk bagi organisme yang berada ditempat tersebut. Organisme yang terpapar bahan kimia tersebut akan mengalami kematian dan populasinya akan menurun drastis.
  • Menghambat pembusukan bahan organik. Penggunaan pupuk kimia secara berlebihan tentu saja akan membunuh mikroorganisme yang terdapat di dalam tanah, jika mikroorganisme di dalam tanah terbunuh maka proses pembusukan akan terhambat.

Berdasarkan uraian akibat dari penggunaan pupuk kimia secara berlebihan pilihan jawaban yang sesuai adalah merusak ekosistem perairan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.
 

Latihan Bab

Kerusakan dan Pencemaran Lingkungan

Pencemaran Air

Pencemaran Cahaya dan Suara

Pencemaran Udara

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

474

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu penyebab pencemaran tanah adalah limbah pertanian denganpenggunaan insektisida (Pembasmi seranga) secara berlebihan. Insektisida selain membunuh serangga juga dapat mematikan binatang binat...

25

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia