Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Harga Gula Pasir di sejumlah daerah terus meninggi. (2) Bahkan sudah mencapai Rp18 ribu per kg. (3) Padahal, harga komoditas pemanis itu sempat turun. (4) Pertengahan bulan lalu harganya Rp14 ribu per kg.space

Penggunaan ejaan yang tidak tepat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....

Penggunaan ejaan yang tidak tepat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....space 

  1. 1space

  2. 2space

  3. 3space

  4. 4space

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space

Iklan

Pembahasan

Ejaan adalah penggunaan tulisan yang mengikuti pedoman Ejaan Bahasa Indonesia. Ejaan dapat berkaitan dengan penggunaan huruf kapital dan huruf kecil. Sesuai pedoman Ejaan Bahasa Indonesia, huruf kapital hanya digunakan sebagai huruf pertama awal kalimat dan dipakai sebagai huruf pertama untuk menunjukkan letak geografis, nama orang, jabatan, dan lain sebagainya. Berdasarkan soal, kalimat yang perlu dicermati adalah (1) Harga Gula Pasir di sejumlah daerah terus meninggi . Kalimat tersebut berisi ejaan yang belum tepat, yaitu Gula Pasir . Penulisan frasa Gula Pasir lebih tepat huruf kecil karena bukan huruf pertama di awal kalimat dan tidak menunjukkan letak geografis, nama orang, jabatan, dan lain sebagainya. Perbaikan yang tepat adalah gula pasir . Dengan demikian, penggunaan ejaan yang tidak tepat pada teks tersebut ditandai dengan nomor 1 . Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

Ejaan adalah penggunaan tulisan yang mengikuti pedoman Ejaan Bahasa Indonesia. Ejaan dapat berkaitan dengan penggunaan huruf kapital dan huruf kecil. Sesuai pedoman Ejaan Bahasa Indonesia, huruf kapital hanya digunakan sebagai huruf pertama awal kalimat dan dipakai sebagai huruf pertama untuk menunjukkan letak geografis, nama orang, jabatan, dan lain sebagainya.

Berdasarkan soal, kalimat yang perlu dicermati adalah (1) Harga Gula Pasir di sejumlah daerah terus meninggi. Kalimat tersebut berisi ejaan yang belum tepat, yaitu Gula Pasir. Penulisan frasa Gula Pasir lebih tepat huruf kecil karena bukan huruf pertama di awal kalimat dan tidak menunjukkan letak geografis, nama orang, jabatan, dan lain sebagainya. Perbaikan yang tepat adalah gula pasir.

Dengan demikian, penggunaan ejaan yang tidak tepat pada teks tersebut ditandai dengan nomor 1.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

19

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Selain itu masih ada satu karung berisi seratus setel seragam SD serta paket buku dan alat tulis. Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...

5

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia