Roboguru

Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut ditandai dengan nomor ...

Pertanyaan

Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut ditandai dengan nomor ...undefined 

Pembahasan Soal:

Ejaan menurut KBBI adalah kaidah-kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalam bentuk tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca.

Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut ditandai dengan nomor 1, 2, dan 3.

Adapun penggunaan ejaan yang tidak tepat pada kalimat tersebut ditandai dengan nomor (4), dalam kutipan berikut:

Ujian praktik berbicara dilaksanakan sesuai dengan jadual.

Seharusnya jadual ditulis jadwal.

Dengan demikian, penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut ditandai dengan nomor 1, 2, dan 3.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan teks berikut!     (1) Sariawan merupakan suatu kelainan selaput lendir mulut, yang ditandai dengan adanya bercak luka berwarna putih pada dinding mulut, bibir atas, dan lidah. (2) Nama la...

Pembahasan Soal:

Penulisan kata yang SALAH pada bacaan di atas adalah kata simplex. Perbaikan kata simplex adalah simpleks. Huruf x diganti dengan huruf ks. Hal tersebut karena teks di atas berbahasa Indonesia sehingga ejaan kata dalam teks pun harus menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang tepat.

Pilihan A, B, C, dan E tidak tepat karena penulisan kata tersebut sudah benar dan sesuai dengan KBBI.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Penulisan lambang bilangan tingkat pada kalimat tersebut yang sesuai dengan EYD adalah ....

Pembahasan Soal:

Ada beberapa aturan dalam penulisan kata bilangan yang sesuai dengan EYD, yaitu:

  1. Penggunaan kata bilangan pada angka romawi tidak memerlukan kata "ke" di awal katanya, contohnya abad XX.
  2. Penggunaan kata bilangan pada angka biasa, di awal katanya harus menggunakan kata "ke-", contohnya abad ke-20.
  3. Penggunaan kata bilangan dengan menggunakan huruf dapat ditambah kata "ke" di awal katanya yang digabung dengan tulisan huruf bilangannya, contohnya abad kedua puluh, ulang tahun kelima.

Berikut ini adalah analisis penggunaan kata bilangan tingkat yang sesuai dengan EYD, yaitu:

  • Penggunaan kata bilangan pada kalimat "ulang tahun kemerdekaan RI ke-LIX" tepatnya pada bilangan "ke-LIX" merupakan penggunaan kata bilangan yang tidak sesuai dengan aturan nomor 1 di atas yang seharusnya tidak menggunakan kata "ke-" di awal katanya, cukup kata bilangan "LIX" saja.
  • Penggunaan kata bilangan pada kalimat "ulang tahun kemerdekaan RI ke-59" tepatnya pada bilangan "ke-59" merupakan penggunaan kata bilangan yang sesuai dengan aturan nomor 2.
  • Penggunaan kata bilangan pada kalimat "ulang tahun kemerdekaan RI 59" tepatnya pada bilangan "59" merupakan penggunaan kata bilangan yang tidak sesuai dengan aturan nomor 2 di atas yang seharusnya menggunakan kata "ke-59".
  • Penggunaan kata bilangan pada kalimat "ulang tahun kemerdekaan RI ke 59" tepatnya pada bilangan "ke 59" merupakan penggunaan kata bilangan yang tidak sesuai dengan aturan nomor 2 di atas yang seharusnya pada kata "ke 59" diberikan tanda strip (-) sehingga menjadi "ke-59".
  • Penggunaan kata bilangan pada kalimat "ulang tahun kemerdekaan RI ke-limapuluh sembilan" tepatnya pada kata "ke-limapuluh sembilan" merupakan penggunaan kata bilangan yang tidak sesuai dengan aturan nomor 3 di atas yang seharusnya penggunaan kata "ke-" tidak menggunakan tanda strip dan penulisannya digabungkan menjadi "kelimapuluh sembilan".

Berdasarkan analisis di atas, maka penulisan lambang bilangan tingkat pada kalimat tersebut yang sesuai dengan EYD adalah pada kalimat "ulang tahun kemerdekaan RI ke-59".


Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.space

Roboguru

Penulisan judul karangan yang sesuai dengan EYD adalah ...

Pembahasan Soal:

Penulisan judul buku ataupun karya ilmiah yang benar sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) yakni setiap kata pada judul harus diawali dengan huruf kapital, kecuali pada kata penghubung, kata depan, dan kata seruan. Contoh: Integrasi Alam dan Sains dalam Pendidikan Agama.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.space 

Roboguru

Perhatikan kalimat berikut! Dalam memberikan penghargaan kepada karyawan yakni karyawan yang berprestasi dalam bekerja, pimpinan di pabrik rotan Perkasa Makmur mengadakan koordinasi dengan para peng...

Pembahasan Soal:

Kesalahan penulisan pada kalimat tersebut adalah kurangnya tanda baca koma (,) sebelum kata yakni. Pada kalimat tersebut, pernyataan yakni karyawan yang berprestasi dalam bekerja, pimpinan di pabrik rotan Perkasa Makmur mengadakan koordinasi dengan para pengawas perusahaan merupakan keterangan dari subjek. Subjek pada kalimat tersebut adalah ​​​Dalam memberikan penghargaan kepada karyawan. Dengan demikian, perlu ditambahkan tanda baca koma setelah subjek tersebut untuk menegaskan adanya keterangan dari subjek tersebut. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban A. 

Pilihan jawaban B tidak tepat karena tanda baca koma (,) setelah kata bekerja berfungsi agar tidak terjadi salah baca atau salah pengertian. Pilihan jawaban C tidak tepat karena kata pemimpin bukan merupakan nama diri yang harus diawali huruf kapital. Pilihan jawaban D tidak tepat karena frasa pabrik rotan bukan nama diri, nama dirinya hanya Perkasa Makmur pada kalimat tersebut. Pilihan jawaban E tidak tepat karena pengawas perusahaan tidak diikuti dengan nama diri sehingga penulisannya tidak perlu diawali dengan huruf kapital. 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Hutan merupakan penopang kelestarian kehidupan di bumi karena tidak hanya menyediakan bahan pangan ataupun bahan produksi, melainkan juga menjadi penghasil oksigen, penahan lapisan tanah, dan penyimpa...

Pembahasan Soal:

Kata tidak hanya pada kalimat tersebut merupakan konjungsi korelatif atau konjungsi yang berpasangan antara kata yang satu dengan yang lainnya. Jika pasangannya salah atau difungsikan tanpa pasangannya, kalimat tersebut akan menjadi tidak baku. Berikut ini adalah konjungsi korelatif yang lain:

1. Baik… maupun

2. Tidak (hanya)… tetapi (juga)

3. Bukan (hanya)… melainkan (juga) (khusus untuk menegasikan nomina)

4. Jangankan… … pun

5. Entah… entah…

Dengan demikian, perbaikan yang tepat untuk kalimat tersebut adalah dengan mengganti kata melainkan agar sesuai dengan pasangannya, tidak hanya. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved