Penggunaan bahan bakar minyak dapat berdampak tidak baik pada lingkungan. Berikan saran Anda bagaimana cara mengurangi dampak buruk pembakaran bahan bakar minyak terhadap lingkungan !

Pertanyaan

Penggunaan bahan bakar minyak dapat berdampak tidak baik pada lingkungan. Berikan saran Anda bagaimana cara mengurangi dampak buruk pembakaran bahan bakar minyak terhadap lingkungan !

Y. Rochmawatie

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Bahan bakar minyak berasal dari minyak bumi yang kandungannya terdiri atas hidrokarbon, sebagian besar jenis alkana. Dalam prosesnya, bahan bakar melalui reaksi pembakaran yang merupakan reaksi eksoterm dan akan melepaskan energi sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi. Proses pembakaran sempurna bahan bakar minyak ini menghasilkan gas begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style dan uap air. Namun, jika pembakaran tidak sempurna akan menghasilkan gas CO yang berbahaya. Gas begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style dan CO dalam jumlah yang banyak berdampak buruk bagi lingkungan, maka langkah yang dapat dilakukan adalah:

  1. Membuat pembakaran bahan bakar sesempurna mungkin dengan menggunakan bahan bakar dengan bilangan oktan yang tinggi. Bilangan oktan adalah bilangan yang menentukan kualitas suatu bahan bakar. Semakin tinggi  bilangan oktan semakin bagus kualitas suatu bahan bakar.
  2. Melakukan penanaman pohon atau reboisasi untuk membantu mengurangi jumlah gas begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar.
  3. Berupaya melakukan penggunaan bahan bakar alternatif yang tidak berdampak buruk bagi lingkungan, misalnya: bahan bakar berbasis angin, air terjun, matahari (panel surya), hidrogen bahkan nuklir.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak gas begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style dan CO terhadap lingkungan.

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Tuliskan beberapa langkah untuk mengatasi dan mencegah permasalahan lingkungan akibat penggunaan plastik dan pemanasan global.

287

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia