Roboguru

Pengguna narkoba di Indonesia cenderung makin marak. Bukan hanya orang biasa bahkan aparat pemerintah dan artis juga turut terjerat narkoba. Penyalahgunaan narkoba pun menjadi sebuah masalah sosial yang sulit teratasi di negeri ini. Penyebab masalah sosial tersebut adalah ....

Pertanyaan

Pengguna narkoba di Indonesia cenderung makin marak. Bukan hanya orang biasa bahkan aparat pemerintah dan artis juga turut terjerat narkoba. Penyalahgunaan narkoba pun menjadi sebuah masalah sosial yang sulit teratasi di negeri ini. Penyebab masalah sosial tersebut adalah ....  

  1. kurangnya pengawasan tentang peredaran obat-obatan terlarang  

  2. pengetahuan tentang obat-obatan terlarang yang masih minim  

  3. globalisasi mempermudah pengiriman obat-obat dari luar negeri  

  4. banyaknya permasalahan yang mendera seorang individu  

  5. sanksi yang kurang tegas dari aparat pemerintah  

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan masalah sosial dan poin yang ditanyakan adalah penyebab masalah sosial berdasarkan faktor psikologis.

Masalah sosial yang muncul di masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya faktor psikologis. Faktor psikologis berkaitan dengan pola pikir atau pribadi seseorang. Masalah sosial berdasarkan faktor psikologis tidak mudah ditangani karena hal ini berkaitan dengan psikis individu yang berbeda-beda. Contoh: Beban pikiran yang berat dapat menyebabkan seseorang mudah depresi dan melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri atau orang lain.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah D.  

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbedaan pendapat antar individu/kelompok yang ditanggapi secara emosional dapat menimbulkan masalah sosial berupa...

Pembahasan Soal:

Hakikat manusia adalah sebagai makhluk sosial yang pasti hidup berdampingan/membutuhkan orang lain, sedangkan hakikat manusia juga sebagai makhluk individu yang memiliki karakteristik berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, perbedaan pendapat antar kelompok/individu sangat wajar terjadi di masyarakat. Perbedaan pendapat dengan kepala dingin dapat diselesaikan dan disepakati dengan baik, apabila dengan emosional maka akan mengakibatkan terjadinya perkelahian/konflik sosial karena kedua belah pihak tidak mendapatkan kesepakatan. Konflik sosial adalah suatu pertentangan antara dua pihak kelompok atau individu yang memiliki tujuan berbeda dari pihak lain.undefined 

Berdasarkan penjelasan tersebut, perbedaan pendapat antar individu/kelompok yang ditanggapi secara emosional dapat menimbulkan masalah sosial berupa perkelahian/konflik sosial.

Roboguru

Perceraian dan kenakalan remaja dalam tinjauan Soerjono Soekanto merupakan masalah sosial .. . .

Pembahasan Soal:

Kesiapan dan ketidaksiapan tersebut menyebabkan perbedaan dalam melakukan adaptasi dalam lingkungan sosialnya. Jika mereka sebagian besar tidak siap menerima perubahan tersebut, maka munculah masalah sosial. Menururt Soerjono Soekanto, Penyebab masalah sosial dapat dikategorikan menjadi empat jenis faktor, yaitu:

  1. Faktor Ekonomi: Fakor ekonomi merupakan faktor terbesar penyebab terjadinya masalah sosial. Krisis global dan PHK dapat memicu tindak kriminal. Masalah tersebut didorong adanya ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya secara layak, misalnya pengangguran, anak jalanan, dan lain-lain.
  2. Faktor Budaya: Masalah sosial yang disebabkan oleh faktor budaya dipicu karena adanya ketidaksesuaian pelaksanaan norma, nilai, dan kepentingan sosial akibat adanya proses perubahan sosial dan pola masyarakat yangheterogen atau multikultural. Contoh kenakalan remaja, konflik antarsuku, diskriminasi, gender, pernikahan dini, dan bahkan pengakuan hak milik kebudayaan lintas negara. 
  3. Faktor Biologis: Masalah ini dapat timbul akibat adanya ketidaksesuain keadaan lingkungan yang berpotensi menimbulkan ketidakstabilan kondisi biologis masyarakat, seperti adanya wabah penyakit menular, virus penyakit baru, dan makanan beracun.
  4. Faktor Psikologi: Faktor ini berhubungan dengan masalah pola pikir suatu masyarakat atau pribadi tertentu yang bersinggungan dengan tatanan kehidupan sosial yang ada. Seperti aliran sesat dan pemahaman lainnya yang menyimpang dari ajaran agama yang jika diamati secara detail sangat tidak masuk akal. 

Soal tersebut menjelaskan masalah sosial kenakalan remaja dan perceraian. Masalah ini berhubungan dengan pola pikir pribadi yang bersinggungan dengan tatanan kehidupan yang ada. Hal ini dikarenakan kenakalan remaja tidak sesuai dengan tatanan nilai dan norma di massyarakat. 

Jadi, jawabannya adalah C psikologis 

Roboguru

Seseorang yang sering melakukan kejahatan dengan menganiaya atau membunuh, namun tidak merasa menyesali perbuatannya, maka perbuatannya dilatarbelakangi oleh ....

Pembahasan Soal:

Perbuatan tersebut dilatarbelakangi oleh faktor psikologis, yaitu berkaitan dengan kejiwaan dan mental seseorang. Jadi, jawaban yang tepat adalah faktor psikologis.undefined

Roboguru

Faktor psikologi sebagai penyebab masalah sosial berkaitan dengan ….

Pembahasan Soal:

Faktor psikologis berkaitan dengan mental, pikiran, perilaku, dan kejiwaan seseorang. Faktor psikologis tidak hanya berasal dari depresi yang muncul dalam diri individu, namun juga karena adanya tekanan dari lingkungan sosial. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.  undefined 

Roboguru

Tuliskan penyebab munculnya masalah sosial!

Pembahasan Soal:

Menurut  Elly M. Setiadi dan Usman Kolip dalam buku Pengantar Sosiologi (2011), dijelaskan bahwa faktor penyebab kemunculan masalah sosial dibedakan menjadi empat kategori, yaitu:

  1. Faktor ekonomi. Masalah sosial muncul disebabkan karena adanya ketimpangan pendapatan, ketidakmerataan pembangunan, dan ketidaksamaan dalam hak akses. Contoh pengangguran, kemiskinan, dan tingkat kriminalitas.
  2. Faktor budaya. Masalah sosial muncul karena ketidaksesuaian antara nilai, norma, dan perilaku masyarakat. Contoh kenakalan remaja, tawuran, westernisasi.
  3. Faktor biologis. Masalah sosial karena faktor biologis berkaitan dengan kondisi fisik manusia. Contoh: penyakit menular.
  4. Faktor psikologis. Masalah sosial karena faktor psikologis biasanya berhubungan dengan gangguan psikologis yang dialami suatu masyarakat. Contoh: seseorang yang memiliki permasalahan yang rumit kemudian menjadi beban fikiran yang mengakibatkan depresi. undefined
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved