Pertanyaan

Pengembangan kawasan Joglosemar, Jabodetabek, Mebidang, dan lainnya merupakan pendekatan geografis yang berkaitan dengan analisis …. (SBMPTN 2014)

Pengembangan kawasan Joglosemar, Jabodetabek, Mebidang, dan lainnya merupakan pendekatan geografis yang berkaitan dengan analisis …. 

(SBMPTN 2014)

  1. asosiasi keruanganundefined 

  2. struktur keruanganundefined 

  3. proses keruanganundefined 

  4. organisasi keruanganundefined 

  5. sinergi keruanganundefined 

F. Seftiani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang paling tepat yaitu pilihan E.

jawaban yang paling tepat yaitu pilihan E.undefined 

Pembahasan

Terdapat beberapa variasi analisis yang dapat dilakukan dalam penerapan pendekatan keruangan, misalnya seperti: Asosiasi keruangan berfokus pada asosiasi atau kaitan antara berbagai gejala/ketampakan pada suatu ruang. Misal di Indonesia ada hutan mangrove di pesisir selatan Kalimantan, di pesisir utara jawa, dan di pesisir selatan Papua. Kemudian pendekatan ini berusaha mencari tahu, apa ada kaitan dari persebaran tadi? apa ada kesamaan ciri dari bentang alamnya yang menyebabkan mangrove bisa tumbuh di tempat-tempat itu? Struktur keruangan berfokus pada analisis mengenai apa saja elemen-elemen/unsur-unsur pembentuk suatu ruang. Misal pada suatu kota terdapat penduduk, permukiman, perkantoran, jalan raya, lengkap beserta segala teknologi yang digunakan. Proses keruangan berfokus pada proses perubahan keruangan dari waktu ke waktu. Misal penggunaan lahan, yang tadinya hutan kemudian berubah menjadi perkebunan dan berubah lagi menjadi lokasi industri. Organisasi keruangan berfokus pada analisis mengenai elemen/unsur ruang mana yang berpengaruh pada terciptanya tatanan spesifik dari elemen-elemen/unsur-unsur pembentuk ruang. Misal pada suatu kota ketertiban lalu lintasnya berjalan dengan baik. Angka kecelakaan sangat kecil. Kira-kira apa unsur/elemen di kota itu yang mendorong kesuksesan tersebut? apakah hukumnya? atau penegak hukumnya? Sinergi keruangan berfokus pada sinergi suatu ruang/wilayah/kawasan. hal ini berkaitan erat dengan perkembangan teknologi di bidang transportasi dan komunikasi sehingga menyebabkan dinamika yang terjadi pada suatu ruang menjadi semakin kompleks. Contoh terciptanya kawasan-kawasan seperti Joglosemar, Jabodetabek, dan Mebidang yang bersinergi dalam menuju kawasan maju bersama yang didorong oleh kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi, sehingga transfer barang, jasa, dan informasi antarbagian pada kawasan-kawasan itu menjadi lebih mudah dan lancar. Jadi, jawaban yang paling tepat yaitu pilihan E.

Terdapat beberapa variasi analisis yang dapat dilakukan dalam penerapan pendekatan keruangan, misalnya seperti:

  • Asosiasi keruangan berfokus pada asosiasi atau kaitan antara berbagai gejala/ketampakan pada suatu ruang. Misal di Indonesia ada hutan mangrove di pesisir selatan Kalimantan, di pesisir utara jawa, dan di pesisir selatan Papua. Kemudian pendekatan ini berusaha mencari tahu, apa ada kaitan dari persebaran tadi? apa ada kesamaan ciri dari bentang alamnya yang menyebabkan mangrove bisa tumbuh di tempat-tempat itu?
  • Struktur keruangan berfokus pada analisis mengenai apa saja elemen-elemen/unsur-unsur pembentuk suatu ruang. Misal pada suatu kota terdapat penduduk, permukiman, perkantoran, jalan raya, lengkap beserta segala teknologi yang digunakan.
  • Proses keruangan berfokus pada proses perubahan keruangan dari waktu ke waktu. Misal penggunaan lahan, yang tadinya hutan kemudian berubah menjadi perkebunan dan berubah lagi menjadi lokasi industri.
  • Organisasi keruangan berfokus pada analisis mengenai elemen/unsur ruang mana yang berpengaruh pada terciptanya tatanan spesifik dari elemen-elemen/unsur-unsur pembentuk ruang. Misal pada suatu kota ketertiban lalu lintasnya berjalan dengan baik. Angka kecelakaan sangat kecil. Kira-kira apa unsur/elemen di kota itu yang mendorong kesuksesan tersebut? apakah hukumnya? atau penegak hukumnya?
  • Sinergi keruangan berfokus pada sinergi suatu ruang/wilayah/kawasan. hal ini berkaitan erat dengan perkembangan teknologi di bidang transportasi dan komunikasi sehingga menyebabkan dinamika yang terjadi pada suatu ruang menjadi semakin kompleks. Contoh terciptanya kawasan-kawasan seperti Joglosemar, Jabodetabek, dan Mebidang yang bersinergi dalam menuju kawasan maju bersama yang didorong oleh kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi, sehingga transfer barang, jasa, dan informasi antarbagian pada kawasan-kawasan itu menjadi lebih mudah dan lancar.

Jadi, jawaban yang paling tepat yaitu pilihan E.undefined 

172

Iklan

Pertanyaan serupa

Pengembangan kawasan Joglosemar, Jabodetabek, Mebidang, dan lainnya merupakan pendekatan geografis yang berkaitan dengan analisis....

0

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia