Roboguru

Pengelolaan sumber daya lahan pertanian hendaknya memperhatikan kelestarian sumber daya lahan tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan penanaman bermacam-macam tanaman dalam satu lahan, yaitu petani menanam lebih dari satu jenis tanaman sayur. Sistem pengelolaan tersebut adalah sistem tanam ....

Pertanyaan

Pengelolaan sumber daya lahan pertanian hendaknya memperhatikan kelestarian sumber daya lahan tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan penanaman bermacam-macam tanaman dalam satu lahan, yaitu petani menanam lebih dari satu jenis tanaman sayur. Sistem pengelolaan tersebut adalah sistem tanam ....space 

  1. monokulturspace 

  2. hortikulturaspace 

  3. tumpang sarispace 

  4. teraseringspace 

  5. residu tanamanspace

Pembahasan Soal:

Upaya pelestarian sumberdaya lahan pertanian merupakan tindakan pengelolaan dan penggunaan lahan pertanian untuk peningkatan produktivitas pertanian bersamaan dengan upaya pelestarian, pemeliharaan, perbaikan dan peningkatan mutu serta pemeliharaan keseimbangan ekologis untuk memperoleh sistem produksi yang berkelanjutan. Upaya pelestarian sumber daya lahan dibedakan menjadi tiga yaitu metode mekanik, metode vegetatif dan metode kimiawi. Salah satu metode vegetatif pelestarian lahan pertanian yaitu dengan memadukan dua jenis tanaman atau lebih dalam satu area lahan pertanian dan periode tanamn yang sama. Metode ini disebut sebagai tumpang sari.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Widyaningsih

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 11 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan beberapa upaya berikut! Reboisasi. Diversifikasi. Ekstensifikasi. Intensifikasi. Penghijauan. Pemanfaatan lingkungan hidup dalam upaya meningkatkan produksi pertanian ditunjukkan o...

Pembahasan Soal:

Beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan produksi pertanian adalah dengan melakukan ekstensifikasi, intensifikasi, dan diversifikasi pertanian.

  • Ekstensifikasi pertanian adalah kegiatan meningkatkan produksi pertanian dengan menambah luas areal pertanian seperti pemanfaatan lahan kritis atau lahan yang belum dimanfaatkan sebagai lahan pertanian.
  • Intensifikasi pertanian adalah kegiatan meningkatkan hasil pertanian dengan mengoptimalkan lahan yang sudah ada, seperti .
  • Diversifikasi pertanian adalah kegiatan penganekaragaman hasil pertanian agar tidak tergantung pada salah satu hasil

Berdasarkan pernjelasan diatas maka upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi pertanian adalah 2, 3, dan 4. 

0

Roboguru

Apa yang dapat Anda lakukan untuk turut serta menanggulangi pembalakan liar?

Pembahasan Soal:

Upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi atau mengurangi pembalakan liar adalah :

  1. Melakukan Penyuluhan Kepada Masyarakat. Penyuluhan dilakukan untuk memberikan edukasi mengenai dampak dan pengaruh negatif dengan adanya pembalakan liar 
  2. Melakukan Reboisasi atau Penanaman Kembali. Reboisasi dilakukan pada lahan yang sudah mengalami kerusakan lingkungan 
  3. Perketat Pengawasan dan Pengendalian. Pengawasan ini dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan lembaga masyarakat dan petugas penjagaan hutan.  
  4. Mempertegas Peraturan Perundang-undangan.
  5. Melakukan edukasi melalui sosial media. 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini! Terasering Pemupukan Penghijauan Reboisasi Pembuatan guludan Diversifikasi tanaman Cara yang dilakukan untuk mengurangi tingkat erosi adalah ....

Pembahasan Soal:

Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat erosi antara lain sebagai berikut.

  1. Pembuatan terasering
    Terasering dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi panjang lereng dan memperkecil kemiringan lereng. Pembuatan terasering bertujuan untuk mengurangi tingkat erosi. Sebab, terasering dapat memperlambat aliran air di permukaan tanah.
  2. Pembuatan guludan
    Pematang atau guludan dibuat dengan cara seperti membuat tanggul -tanggul kecil dan saluran sejajar garis kontur. Pematang yang dibuat tersebut berfungsi menahan laju air sehingga dapat memperbesar kemungkinan air untuk meresap ke dalam tanah.
  3. Penghijauan
    Kegiatan penghijauan adalah cara yang dilakukan dengan menanami kembali lahan -lahan yang kehilangan vegetasi penutupnya. Penanaman dilakukan dengan cara menanam bibit pepohonan besar yang biasanya dapat tumbuh dengan mudah.
  4. Reboisasi
    Reboisasi dilakukan dengan cara menanami lahan yang gundul dengan tanaman keras. Kegiatan reboisasi selain efektif mencegah terjadinya erosi, juga dapat diambil manfaat lainnya, seperti hasil kayunya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini ! Memperbanyak tanaman keras untuk menjaga tanah; Membiarkan fungsi hutan lindung sebagai daerah tangkapan hujan; Membuat permukiman di daerah hutan lindung; Me...

Pembahasan Soal:

Erosi adalah peristiwa pindahnya atau terangkutnya tanah atau sebagian tanah yang disebabkan media alam seperti angin, air, atau es. Penyebab terjadinya erosi tanah yaitu tanah gundul atau tidak ada vegetasi, tidak ada teras-teras atau guludan pada tanah miring sebagai penahan laju air, adanya penebangan pohon di kawasan hutan dan permukaan tanah yang berlumpur semakin rusak karena digunakan untuk menggembalakan hewan ternak, seperti sapi atau kerbau. Berdasarkan penyebab erosi tanah tersebut, maka diperlukan upaya penanggulangan erosi tanah contohnya dengan cara memperbanyak tanaman keras untuk menjaga tanah dan membiarkan fungsi hutan lindung sebagai daerah tangkapan hujan.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Salah satu upaya pencegahan erosi tanah adalah ...

Pembahasan Soal:

Erosi tanah adalah perubahan bentuk tanah atau batuan yang dapat disebabkan oleh kekuatan air, angin, es, pengaruh gaya berat, ataupun organisme hidup. Erosi tanah dapat terjadi karena beberapa akibat. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya erosi tanah adalah sebagai berikut.

  • Melakukan konservasi tanah.
  • Membuat terasering searah dengan kemiringan agar air dapat menyerap ke dalam tanah, tidak menjadi limpasan.
  • Melakukan reboisasi pada tanah miring dengan tanaman penutup tanah.

Dari penjelasan tersebut, maka yang sesuai untuk jawaban soal di atas adalah pembuatan terasering searah dengan kemiringan. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved