Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pengaruh kemajemukan masyarakat Indonesia dapat mengakibatkan konflik apabila...

Pengaruh kemajemukan masyarakat Indonesia dapat mengakibatkan konflik apabila...

Iklan

F. Freelancer6

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Kemajemukan bisa diartikan dengan beragam atau beraneka ragam.Banyaknya kelompok dalam suatu wilayah membuat masyarakat akan terbagi berdasarkan golongan atau klasifikasinya. Kemajemukan itu menyebabkan adanya masyarakat majemuk karena banyaknya ragam etnis, suku, budaya adat bahkan keragaman hayati, dalam keragaman unsur masyarakat itu tentu akan ada dampak positif dan negatif dalam suatu wilayah. Pengaruh positif dari kemajemukan masyarakat Indonesia diantaranya adalah dapat menjadikan Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang hidup berdampingan dan memiliki hubungan yang selaras dan harmonis sehingga terwujudnya suatu rasa persatuan. Dan dari keanekaragaman tersebut akan muncul juga suatu ciri khas dari bangsa Indonesia itu sendiri. Sementara pengaruh negatif dari kemajemukan masyarakat Indonesia diantaranya akan mudahnya muncul suatu konflik,apabila masyarakat masih menganut perilaku primordialisme, dan anti tolerans i. selain itu juga karena semangat kebangsaan anggota masyarakat lemah , sehingga hal itu akan menyebabkan konflik, oleh karena itu kita harus memiliki sikap nasionalisme, patriotisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara juga toleransi dalam perbedaan untuk mengurangi adanya konflik yang ada.

Kemajemukan bisa diartikan dengan beragam atau beraneka ragam.  Banyaknya kelompok dalam suatu wilayah membuat masyarakat akan terbagi berdasarkan golongan atau klasifikasinya. Kemajemukan itu menyebabkan adanya masyarakat majemuk karena banyaknya ragam etnis, suku, budaya adat bahkan keragaman hayati, dalam keragaman unsur masyarakat itu tentu akan ada dampak positif dan negatif dalam suatu wilayah.

Pengaruh positif dari kemajemukan masyarakat Indonesia diantaranya adalah dapat menjadikan Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang hidup berdampingan dan memiliki hubungan yang selaras dan harmonis sehingga terwujudnya suatu rasa persatuan. Dan dari keanekaragaman tersebut akan muncul juga suatu ciri khas dari bangsa Indonesia itu sendiri. 

Sementara pengaruh negatif dari kemajemukan masyarakat Indonesia diantaranya akan mudahnya muncul suatu konflik,  apabila masyarakat masih menganut perilaku primordialisme, dan anti toleransi.space selain itu juga karena semangat kebangsaan anggota masyarakat lemah, sehingga hal itu akan menyebabkan konflik, oleh karena itu kita harus memiliki sikap nasionalisme, patriotisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara juga toleransi dalam perbedaan untuk mengurangi adanya konflik yang ada. space space space space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

80

Mahesa gusmano pratama

Pembahasan lengkap banget

Marsa Anggraini

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan faktor pendorong konflik sosial!

36

3.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia