Roboguru

Pengaruh Imperialisme dan Kolonialisme Eropa terhadap bangsa Indonesia pada masa sekarang!

Pertanyaan

Pengaruh Imperialisme dan Kolonialisme Eropa terhadap bangsa Indonesia pada masa sekarang!space space space

  1. ...space space space

  2. ...space space space

Pembahasan Soal:

Salah satu pengaruh imperialisme dan kolonialisme adalah bangsa Indonesia menjadi lebih mudah diadu domba, banyak sumber daya alam yang dikeruk habis oleh bangsa penjajah, dan mengalami krisis identitas.


Dengan demikian, Salah satu pengaruh imperialisme dan kolonialisme adalah bangsa Indonesia menjadi lebih mudah diadu domba, banyak sumber daya alam yang dikeruk habis oleh bangsa penjajah, dan mengalami krisis identitas.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Junaedi

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apakah perbedaan antara kolonialisme dan imperialisme?

Pembahasan Soal:

Kolonialisme berasal dari kata coloni yang artinya 'wilayah kekuasaan', dan isme yang artinya 'paham'. Kolonialisme merupakan paham yang menganut adanya pengembangan kekuasaan suatu negara atas wilayah beserta manusianya yang berada di luar batas negaranya. Adapun imperialisme berasal dari kata imperium yang artinya 'memerintah' dan isme yang artinya 'paham'. lmperialisme merupakan suatu sistem jajahan yang dibentuk dengan cara membentuk pemerintahan jajahan di wilayah yang dijajahnya. Kolonialisme lebih diartikan sebagai proses pembentukan atau penguasaan wilayah. Adapun imperialisme sebagai praktik penjajahannya. Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme adalah sebagai berikut:

Kategori Kolonialisme Imperialisme
Awal kemunculannya Kolonialisme muncul pada abad ke-15.  Imperialisme muncul sejak zaman Romawi.
Target Kolonialisme menargetkan untuk menguasai bidang perdagangan. Imperialisme lebih mengejar atau menargetkan individunya (penduduk).
Pengetian Secara etimologi Kolonialisme berasal dari Bahasa Latin, yakni coloni, yang artinya wilayah kekuasaan. Imperialisme berasal dari Bahasa Latin, yakni imperium, berarti memerintah.
Kontrol Kolonialisme mengontrol atau mengambil kendali atas berbagai bidang. Contoh bidang politik dan ekonomi. Imperialisme mengontrol atau mengambil kendali pada bidang politik atau ekonomi, baik secara formal atau informal.
Tujuan Mengeksploitasi sumber daya negara (alam dan manusia) untuk kepentingan negara penakluk. Menciptakan kerajaan atau sistem pemerintah dan memperluas daerah kekuasaannya.
Kedaulatan Walau menaklukkan negara lain bahkan tinggal secara permanen, namun negara penakluk tetap menjalankan perintah dari negara induknya. Imperialisme dilakukan dengan menjalankan kekuasaan atas wilayah yang berhasil dikuasai melalui mekanisme kedaulatan atau kontrol tidak langsung.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kolonialisme diartikan pembentukan wilayah kekuasaan sedangkan imperialisme lebih ke praktik penjajahannya

0

Roboguru

Imperialisme yang berkembang ada masa sebelum Revolusi Industri dengan semboyan Gold, Gospel, and Glory (Kekayaan, Penyebaran Agama, dan Kejayaan) termasuk pada masa...

Pembahasan Soal:

Imperialisme adalah paham / sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lainya. Imperialisme yang terjadi sebelum revolusi Industri adalah Imperialisme Kuno, yaitu Imperiaisme dengan tujuan 3G (gold, dlory dan  gospel).  Saat itu di Eropa terjadi sistem Ekonomi Merkantilisme. Konsep merkantilisme merupakan bagian dari ekonomi absolutisme atau monarki absolut. Kebijakan merkantilisme ini bertujuan untuk mengumpulkan cadangan moneter sebanyak-banyaknya lewat keseimbangan perdagangan positif, terutama perdagangan barang jadi. 

Dengan demikian praktek Imperialisme yang berkembang sebelum adanya Revolusi Industri (Imperialisme Kuno) terjadi pada masa Merkantillisme di Eropa

0

Roboguru

Kolonialisme telah membuat perpecahan di dalam kehidupan masyarakat ttradisional, selain telah memunculkan golongan yang pro dan kontra terhadap pemerintah kolonial, juga memicu kehancuran ....

Pembahasan Soal:

Pengaruh kehidupan Eropa mulai merusak nilai-nilai kehidupan tradisional. Tradisi-tradisi dan nilai-nilai kehidupan penduduk pribumi perlahan-lahan digantikan dengan tradisi para penguasa kolonial. Tradisi dan nilai-nilai bangsa Eropa banyak mendapat penentangan, terutama dari kalangan pemimpin agama. Tradisi dan nilai-nilai bangsa Eropa dianggap bertentangan dengan ajaran Islam. Pandangan keagamaan dan diskriminasi ras menjadi faktor pendorong dilakukannya perlawanan terhadap pemerintah kolonial oleh penduduk pribumi. Dari penjelasan berikut maka dapat disimpulkan kolonialisme telah membuat perpecahan di dalam kehidupan masyarakat tradisional, selain telah memunculkan golongan yang pro dan kontra terhadap pemerintah kolonial, juga memicu kehancuran tradisi dan struktur masyarakat tradisional

0

Roboguru

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Jelaskan tentang semboyan 3G (gold, gospel, dan glory) yang menjadi motivasi kedatangan bangsa Barat di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Latar belakang kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia dilandasi semboyan gold, glory, dan gospel. Semboyan gold mendorong mereka memburu kekayaan berupa emas, perak, dan bahan tambang lain yang berharga. Sebab, menurut paham ini, suatu negara dikatakan makmur apabila mempunyai emas yang melimpah. Semboyan glory berarti kejayaan, yang meyakini kejayaan sebuah bangsa dilihat dari banyaknya wilayah koloni yang dimiliki. Kondisi ini mendorong bangsa-bangsa Eropa untuk memiliki daerah kekuasaan yang luas. Penjelajahan bangsa Eropa ke Timur juga membawa misi suci dari gereja, yaitu menyebarkan ajaran injil (gospel). Setiap kapal yang melakukan penjelajahan samudra selalu diikuti kelompok misionaris, yang menganggap menyebarkan ajaran injil merupakan panggilan hidup dan tugas mulia.

Dengan demikian, semboyan 3G merupakan semboyan dari bangsa Barat untuk mengambil kekayaan, memperluas kekuasaan, dn menyebarkan agama.
 

0

Roboguru

Dalam melakukan penjelajahan dan imperialisme, salah satu motivasi yang dijalankan oleh negara Barat adalah glory yang berarti...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan waktu kemunculannya, imperialisme dibagi menjadi imperialisme kuno dan imperialisme modern. Imperialisme kuno berlangsung sebelum terjadinya Revolusi Industri dengan tujuan untuk mencari kekayaan (gold), mencapai kejayaan (glory) dan menyebarkan agama Nasrani (gospel). Negara yang menganut aliran imperialisme kuno adalah Spanyol dan Portugis. Sementara imperialisme modern berlangsung setelah Revolusi Industri. Munculnya imperialisme modern disebabkan oleh keinginan negara oenjajah mengembangkan perekonomiannya. Negara yang menganut paham imperialisme modern melakukan pembangunan industri secara besar-besaran. Perindustrian yang besar tersebut membutuhkan banyak bahan mentah dan daerah pemasaran. Hal itu hanya dapat dipenuhi dengan memiliki daerah jajahan yang luas. Oleh sebab itu, timbul usaha untuk mencari daerah jajahan seluas mungkin. Adapun negara pelopor imperialisme modern adalah Inggris.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved