Roboguru

Pengaruh Hindu-Buddha dari India terhadap Indonesia dalam bidang kebudayaan dapat dilihat dari contoh berikut, kecuali ....

Pertanyaan

Pengaruh Hindu-Buddha dari India terhadap Indonesia dalam bidang kebudayaan dapat dilihat dari contoh berikut, kecuali .... 

  1. dibangunnya candi-candi bercorak Hindu-Budha

  2. penggunaan kalender Saka

  3. bentuk rumah ibadah yang berundak-undak

  4. banyak seni patung sebagai perwujudan penghormatan kepada dewa

  5. penggunaan bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa

Pembahasan Soal:

Pengaruh Hindu-Buddha dari India terhadap Indonesia dalam bidang kebudayaan dapat dilihat dari contoh berikut yakni:

  1. Banyaknya seni patung sebagai perwujudan penghormatan kepada dewa
  2. Penggunaan kalender Saka
  3. Dibangunnya candi-candi bercorak Hindu-Buddha
  4. Penggunaan bahasa Sanskerta dan huruf Pallawa

Adapun yang bukan menjadi Pengaruh Hindu-Buddha dari India terhadap Indonesia dalam bidang kebudayaan dapat dilihat adalah bentuk rumah ibadah yang berundak-undak. Hal ini dikarenakan punden berundak adalah kebudayaan lokal yang tidak terpengaruh apapun dari masuknya hindu buddha di Indonesia.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Masuknya Hindu-Buddha turut mempengaruhi perkembangan budaya di Indonesia. Salah satu bentuk pengaruh tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Pengaruh kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia membawa perubahan signifikan dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat. Adapun perwujudan akulturasi antara kebudayaan Hindu-Budha dengan kebudayaan Indonesia terlihat dari seni bangunan (bangunan candi), kesusastraan, bahasa dan tulisan (Bahasa sansekerta dengan huruf Pallawa), kepercayaan dan filsafat (agama Hindu-Budha), juga sistem pemerintahan (pemerintahan monarki).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

1

Roboguru

Salah satu peninggalan monumental yang berupa bangunan bercorak Buddha dari masa pengaruh Hindu dan Buddha di Indonesia yaitu ...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Mataram Kuno yang berkembang di Jawa Tengah merupakan kerajaan besar yang diperintah oleh dua wangsa yakni wangsa Sanjaya dan wangsa Syailendra. Keduanya meninggalkan peninggalan berupa candi. Ada yang bercorak Hindu, dan ada yang bercorak Buddha, salah satunya adalah candi Borobudur. Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Dengan demikian, salah satu peninggalan monumental yang berupa bangunan bercorak Buddha dari masa pengaruh Hindu dan Buddha di Indonesia yaitu candi Borobudur.

0

Roboguru

Sebutkan masing-masing dua peninggalan masa kerajaan Hindu-Buddha berdasarkan jenisnya?

Pembahasan Soal:

Kerajaan Hindu-Buddha membawa berbagai macam peninggalan yang berbeda-beda. Berdasarkan jenisnya, peninggalan kerajaan Hindu-Buddha adalah sebagai berikut.

  • Seni Bangunan. Salah satu peninggalan kerajaan Hindu-Buddha dalam seni bangunan adalah candi. Candi adalah sebuah bangunan untuk beribadah bagi penganut agama Hindu-Buddha. Candi di Indonesia lebih digunakan untuk makam para raja. Beberapa contoh dari candi adalah Candi Borobudur dan Candi Prambanan.
  • Seni Rupa dan Seni Ukir. Terdapat beragam peninggalan mengenai seni rupa dan seni ukir seperti relief pada Candi Borobudur yang menceritakan tentang Sidarta Gautama dan arca yang merupakan perwujudan dari dewa-dewi seperti arca Wisnu
  • Seni Sastra. Berkembangnya agama Hindu-Buddha ke Indonesia memengaruhi para penganutnya untuk mengerti huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta. Hal ini dapat dilihat dari berbagai peninggalan seperti Kitab dan prasasti. contoh  prasasti yang menggunakan huruf pallawa dan bahasa sansekerta adalah Yupa dan Prasasti Tugu.

Jadi, beberapa peninggalan masa kerajaan Hindu-Buddha dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yang pertama adalah seni bangunan  Kedua adalah seni rupa dan seni ukir dan yang. Ketiga adalah seni sastra.

0

Roboguru

Salah satu wujud akulturasi budaya Indonesia dengan budaya Buddha terlihat pada bangunan candi Borobudur yang merupakan akulturasi antara stupa dengan ...

Pembahasan Soal:

Diketahui bahwa Candi Borobudur merupakan salah satu dari wujud akulturasi antara kebudayaan Buddha dan Indonesia. Candi Borobudur ini berbentuk punden berundak dengan dihiasi banyak sekali stupa-stupa, di puncaknya terdapat sebuah stupa yang sangat besar. Stupa ini merupakan salah satu kebudayaan India yang diperuntukan sebagai makam kalangan bangsawan. Sedangkan punden berundak merupakan peninggalan zaman Megalithikum yang berbentuk bangunan bertingkat yang setiap tingkatannya memiliki makna tersendiri. Terdapat tiga tingkatan di bangunan Candi Borobudur, yakni :

  1. Kamadhatu (bagian dasar candi): melambangkan kehidupan manusia yang penuh dosa.
  2. Rupadhatu (bagian tengah candi): melambangkan kehidupan manusia di dunia yang hanya mementingkan nafsu.
  3. Arupadhatu (bagian atas candi): melambangkan manusia sudah mencapai nirwana.

Dengan demikian, candi Borobudur yang merupakan akulturasi antara stupa dengan punden berundak.

0

Roboguru

No Penjelasan  Hasil Budaya Akulturasi yang dimaksud 1 Bentuknya mengambil dasar- dasar dari bangunan punden berundak-undak, yaitu salah satu bentuk bangunan tempat pemuj...

Pembahasan Soal:

Patung tersebut adalah dewa Wisnu. Dewa Wisnu dilambangkan mempunyai banyak kuasa yaitu Alam Semesta. Cakra Senjata pemusnah yang melammbangkan sebagai penghancur dan pemusnah Iblis dan Kejahatan. Gada yang melambangkan ke individual. Bunga teratai yang melambangkan awal mula Alam Semesta dan Burung Garuda sebagai Tunggangannya bahwa dia adalah seorang Maha Kuasa yang agung. Pada umumnya, raja-raja di Indonesia dianggap sebagai perwujudan atau keturunan dari dewa. Beberapa diantaranya ada yang dianggap atau sebagai keturunan dari dewa Wisnu, seperti raja Purnawarman dari Tarumanegara yang dianggap sebagai titisan dewa Wisnu.

Dengan demikian, para raja di Indonesia dianggap sebagai perwujudan atau keturunan dewa untuk melegitimasi kekuasaannya, seperti yang diguankan oleh raja Purnawarman dari kerajaan Tarumanegara yang dianggap sebagai titisan dari dewa Wisnu.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved