Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pengaruh budaya India terhadap budaya Indonesia dapat dilihat pada ...

Pengaruh budaya India terhadap budaya Indonesia dapat dilihat pada ...

  1. hasil karya sastra

  2. pemerintahan demokratis

  3. bangunan punden berundak

  4. candi sebagai makam raja-raja

  5. candi terbuat dari batu bata merah

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pengaruh budaya India terhadap budaya Indonesia dapat dilihat pada hasil karya sastra yang muncul pada masa Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia. Banyak terjadi penggubahan karya sastra India seperti Ramayana, Mahabrata , dan Arjunawiwaha . Kitab Ramayana ditulis oleh Mpu Walmiki, kitab ini berisi mengenai perjuangan Rama dalam merebut kembali istrinya, Dewi Sinta, yang diculik Rahwana. Kitab Mahabrata ditulis oleh Mpu Wiyasa yang menceritakan tentang peperangan besar antara Pandawa dan Kurawa. Kitab Arjunawiwaha ditulis oleh Mpu Kanwa yang menceritakan mengenai perkawinan Arjuna dengan bidadari Supraba, hadiah dari para dewa atas jasa Arjuna mengalahkan raksasa Niwatakawaca yang menyerang dan mengacaukan kahyangan. Kitab ini merupakan kitab ketiga dari kitab Mahabrata .

Pengaruh budaya India terhadap budaya Indonesia dapat dilihat pada hasil karya sastra yang muncul pada masa Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia. Banyak terjadi penggubahan karya sastra India seperti Ramayana, Mahabrata, dan Arjunawiwaha. Kitab Ramayana ditulis oleh Mpu Walmiki, kitab ini berisi mengenai perjuangan Rama dalam merebut kembali istrinya, Dewi Sinta, yang diculik Rahwana. Kitab Mahabrata ditulis oleh Mpu Wiyasa yang menceritakan tentang peperangan besar antara Pandawa dan Kurawa. Kitab Arjunawiwaha ditulis oleh Mpu Kanwa yang menceritakan mengenai perkawinan Arjuna dengan bidadari Supraba, hadiah dari para dewa atas jasa Arjuna mengalahkan raksasa Niwatakawaca yang menyerang dan mengacaukan kahyangan. Kitab ini merupakan kitab ketiga dari kitab Mahabrata.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

96

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tokoh Punakawan merupakan tokoh asli kreasi masyarakat Indonesia yang pertama kali muncul dalam karya sastra yang berjudul ....

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia