Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pengangguran dapat memengaruhi kegiatan produksi barang dan atau jasa. Analisislah pengaruh antara keduanya!

Pengangguran dapat memengaruhi kegiatan produksi barang dan atau jasa. Analisislah pengaruh antara keduanya! 

Iklan

D. Ismawati

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

mereka akan menurunkan jumlah barang/jasa yang diproduksi untuk menstabilkan harga jual kembali untuk meraih tingkat keuntungan seperti sediakala. Keadaan ini akan berlangsung hingga keseimbangan antara aggregate demand , aggregate supply , dan pasar tenaga kerja kembali ke kondisi keseimbangannya.

mereka akan menurunkan jumlah barang/jasa yang diproduksi untuk menstabilkan harga jual kembali untuk meraih tingkat keuntungan seperti sediakala. Keadaan ini akan berlangsung hingga keseimbangan antara aggregate demand, aggregate supply, dan pasar tenaga kerja kembali ke kondisi keseimbangannya. space space space

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Jawaban pertanyaan tersebut, terdapat pada tingginya tingkat pengangguran yang mempengaruhi tingkat pendapatan masyarakat yang terjadi pada fase keadaan ekonomi jangka panjang ( Long Term) . Penurunan tingkat pendapatan masyarakat mengakibatkan output nasional (Y) menurun. Kondisi tersebut akan berakibat pada tingkat Aggregate Supply (produksi barang/jasa). Sebelum terjadi perubahan pada Aggregate Supply , didahului oleh tingkat pendapatan masyarakat yang menurun, yang menyebabkan penurunan permintaan barang/jasa. Kondisi turunya permintaan masyarakat, mengakibatkan banyaknya persediaan barang dan jasa di pasaran yang tidak terjual. Dampak dari kondisi tersebut yaitu ketidakmampuan produsen untuk menjual barang/jasa seperti biasanya (jumlah omset menurun). Imbasnya tingkat keuntungan produsen menurun dan mereka tidak mampu mempertahankan keadaannya untuk terus beroperasi/berproduksi seperti biasanya. Oleh karena itu, mereka akan menurunkan jumlah barang/jasa yang diproduksi untuk menstabilkan harga jual kembali untuk meraih tingkat keuntungan seperti sediakala. Keadaan ini akan berlangsung hingga keseimbangan antara aggregate demand , aggregate supply , dan pasar tenaga kerja kembali ke kondisi keseimbangannya.

Jawaban pertanyaan tersebut, terdapat pada tingginya tingkat pengangguran yang mempengaruhi tingkat pendapatan masyarakat yang terjadi pada fase keadaan ekonomi jangka panjang (Long Term). Penurunan tingkat pendapatan masyarakat mengakibatkan output nasional (Y) menurun. Kondisi tersebut akan berakibat pada tingkat Aggregate Supply (produksi barang/jasa).

Sebelum terjadi perubahan pada Aggregate Supply, didahului oleh tingkat pendapatan masyarakat yang menurun, yang menyebabkan penurunan permintaan barang/jasa. Kondisi turunya permintaan masyarakat, mengakibatkan banyaknya persediaan barang dan jasa di pasaran yang tidak terjual. Dampak dari kondisi tersebut yaitu ketidakmampuan produsen untuk menjual barang/jasa seperti biasanya (jumlah omset menurun). Imbasnya tingkat keuntungan produsen menurun dan mereka tidak mampu mempertahankan keadaannya untuk terus beroperasi/berproduksi seperti biasanya.

Oleh karena itu, mereka akan menurunkan jumlah barang/jasa yang diproduksi untuk menstabilkan harga jual kembali untuk meraih tingkat keuntungan seperti sediakala. Keadaan ini akan berlangsung hingga keseimbangan antara aggregate demand, aggregate supply, dan pasar tenaga kerja kembali ke kondisi keseimbangannya. space space space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan pengaruh pengangguran terhadap kegiatan ekonomi!

11

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia