Pertanyaan

Penerapan pendekatan kewilayahan dalam pembangunan Kawasan permukiman adalah dengan mempertimbangkan berbagai aspek fisik dan non-fisik. SEBAB Penerapan pendekatan kewilayahan di dalam kajian geografi dilakukan dengan urutan aspek fisik terlebih dahulu.

Penerapan pendekatan kewilayahan dalam pembangunan Kawasan permukiman adalah dengan mempertimbangkan berbagai aspek fisik dan non-fisik.

SEBAB

Penerapan pendekatan kewilayahan di dalam kajian geografi dilakukan dengan urutan aspek fisik terlebih dahulu.

  1. jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat

  2. jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat

  3. jika pernyataan benar dan alasan salah

  4. jika pernyataan salah dan alasan benar

  5. jika pernyataan dan alasan keduanya salah

I. Handayani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dalam penerapannya perlu memperhatikan kondisi fisik maupun non-fisik . Penerapan pendekatan kewilayahan di dalam kajian geografi mendahulukan kajian aspek fisik terlebih dahulu daripada aspek sosial . Hal ini dikarenakan kajian aspek fisik yang statis lebih mudah dilakukan dan lebih mudah dalam pengukurannya, sedangkan aspek sosial yang dinamis cenderung cepat berubah, sehingga perlu dilakukan pengukuran berulang-ulang dan menjadi lebih sulit dilakukan , oleh karena itu pelaksanaannya dilakukan setelah pengkajian aspek fisik. Kedua pernyataan benar, tetapi tidak terdapat hubungan, pernyataan pertama menjelaskan tentang kewilayahan, sementara pernyataan kedua menjelaskan pelaksanaan kajian aspek fisik dan non-fisik dalam pelaksanaan pendekatan kewilayahan. Jadi jawaban yang tepat adalah pilihan B.

dalam penerapannya perlu memperhatikan kondisi fisik maupun non-fisik. Penerapan pendekatan kewilayahan di dalam kajian geografi mendahulukan kajian aspek fisik terlebih dahulu daripada aspek sosial. Hal ini dikarenakan kajian aspek fisik yang statis lebih mudah dilakukan dan lebih mudah dalam pengukurannya, sedangkan aspek sosial yang dinamis cenderung cepat berubah, sehingga perlu dilakukan pengukuran berulang-ulang dan menjadi lebih sulit dilakukan, oleh karena itu pelaksanaannya dilakukan setelah pengkajian aspek fisik. Kedua pernyataan benar, tetapi tidak terdapat hubungan, pernyataan pertama menjelaskan tentang kewilayahan, sementara pernyataan kedua menjelaskan pelaksanaan kajian aspek fisik dan non-fisik dalam pelaksanaan pendekatan kewilayahan. Jadi jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Pembahasan

Pendekatan kewilayahan (regional) dalam arti sempit diartikan sebagaisuatu pendekatan yang mengkaji ruang dengan segala kondisinya. Oleh karena itu, dalam penerapannya perlu memperhatikan kondisi fisik maupun non-fisik . Penerapan pendekatan kewilayahan di dalam kajian geografi mendahulukan kajian aspek fisik terlebih dahulu daripada aspek sosial . Hal ini dikarenakan kajian aspek fisik yang statis lebih mudah dilakukan dan lebih mudah dalam pengukurannya, sedangkan aspek sosial yang dinamis cenderung cepat berubah, sehingga perlu dilakukan pengukuran berulang-ulang dan menjadi lebih sulit dilakukan , oleh karena itu pelaksanaannya dilakukan setelah pengkajian aspek fisik. Kedua pernyataan benar, tetapi tidak terdapat hubungan, pernyataan pertama menjelaskan tentang kewilayahan, sementara pernyataan kedua menjelaskan pelaksanaan kajian aspek fisik dan non-fisik dalam pelaksanaan pendekatan kewilayahan. Jadi jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Pendekatan kewilayahan (regional) dalam arti sempit diartikan sebagai suatu pendekatan yang mengkaji ruang dengan segala kondisinya. Oleh karena itu, dalam penerapannya perlu memperhatikan kondisi fisik maupun non-fisik. Penerapan pendekatan kewilayahan di dalam kajian geografi mendahulukan kajian aspek fisik terlebih dahulu daripada aspek sosial. Hal ini dikarenakan kajian aspek fisik yang statis lebih mudah dilakukan dan lebih mudah dalam pengukurannya, sedangkan aspek sosial yang dinamis cenderung cepat berubah, sehingga perlu dilakukan pengukuran berulang-ulang dan menjadi lebih sulit dilakukan, oleh karena itu pelaksanaannya dilakukan setelah pengkajian aspek fisik. Kedua pernyataan benar, tetapi tidak terdapat hubungan, pernyataan pertama menjelaskan tentang kewilayahan, sementara pernyataan kedua menjelaskan pelaksanaan kajian aspek fisik dan non-fisik dalam pelaksanaan pendekatan kewilayahan. Jadi jawaban yang tepat adalah pilihan B.

994

Alwan Haikal

Bantu banget

Iklan

Pertanyaan serupa

Pengembangan kawasan Joglosemar, Jabodetabek, Mebidang, dan lainnya merupakan pendekatan geografis yang berkaitan dengan analisis....

0

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia