Roboguru

Penerapan ilmu kimia pada teknologi baterai melibatkan berbagai ilmu, baik cabang-cabang ilmu kimia itu sendiri maupun disiplin ilmu yang lain. Hingga saat ini baterai telah berkembang sangat pesat. Sebagai contoh baterai pada smartphone. Mungkinkah teknologi baterai tersebut akan mengalami perkembangan? Berikan alasannya! Prediksikan perkembangan yang dapat terjadi!

Pertanyaan

Penerapan ilmu kimia pada teknologi baterai melibatkan berbagai ilmu, baik cabang-cabang ilmu kimia itu sendiri maupun disiplin ilmu yang lain. Hingga saat ini baterai telah berkembang sangat pesat. Sebagai contoh baterai pada smartphone.

  1. Mungkinkah teknologi baterai tersebut akan mengalami perkembangan? Berikan alasannya!
  2. Prediksikan perkembangan yang dapat terjadi!

Pembahasan Soal:

  1. Di era teknologi, pembuatan baterai akan terus berkembang. Misalnya baterai pada smartphone yang menjadi sumber tenaga dalam menggunakan smartphone akan mengalami perkembangan supaya baterai yang digunakan tidak membahayakan pemilik dan orang-orang sekitarnya dan pembuatan baterai tidak menghasilkan limbah yang terlalu berbahaya. Baterai litium ion yang digunakan sebagai sumber tenaga smartphone memiliki dampak negatif. Jika seseorang melakukan pengisian ulang pada smartphone secara berlebihan,partikel kimia yang ada dalam baterai litium akan bergerak tidak beraturan dan bahkan menyebabkan gelembung yang bisa memicu api atau ledakan.
  2. Perkembangan yang akan terjadi adalah pembuatan baterai yang tahan lama yang dinamakan dengan superkapasitor dimana baterai tersebut akan bertahan selama satu minggu. Pembuatan baterai yang ramah lingkungan atau dikenakal dengan flow battery dimana bahan bakunya berasal dari molekul organik dalam larutan air dengan pH netral dan dapat bertahan selama 10 tahun. Flow battery ini tidak memiliki senyawa yang tidak beracun sehingga lebih ramah lingkungan dan aman bagi pengguna.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Bestanika

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apakah peran ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari?

Pembahasan Soal:

Ilmu kimia sering disebut sebagai pusatnya pengetahuan karena peranannya sangat penting di antara ilmu pengetahuan lainnya. Ilmu kimia juga merupakan ilmu yang mempelajari materi yang ada di sekitar dan mempengeruhi berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, ilmu kimia memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini perananan ilmu kimia dalam berbagai bidang.

  • Kesehatan dan kedokteran

Di bidang kesehatan dan kedokteran, ilmu kimia mempermudah parah ahli dalam mendiagnosis berbagai penyakit dalam mempelajari genetika untuk metode pengobatan kesehatan seperti pembuatan alat cuci darah, pembuatan materi sintesis  pengganti tulang dan gigi.

  • Farmasi

Di bidang farmasi, ilmu kimia berperan dalam pembuatan obat-obatan, pembuatan vaksin, dan menemukan pengobatan yang tidak menimbulkan efek samping terhadap penyembuhan penyakit seperti kanker, AIDS, dan penyakit lainnya.

  • Energi dan lingkungan

Pada bidang energi, ilmu kimia berperan untuk pencarian energi alternatif seperti biogas dari tumbuhan dan sel surya. Selain itu, ilmu kimia berperan untuk monitoring udara dan laut yang tujuannya untuk mempelajari dampak perubahan komposisinya terhadap lingkungan.

  • Bioteknologi

Bioteknologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup maupun produk dari makhluk hidup. Ilmu kimia berkolaborasi dengan ilmu terapan lainnya dalam pengembangan bioktenologi terutama dalam proses fermentasi, teknologi pangan, rekayasa genetika, kultur sel, dan kultur jaringan.

  • Bahan pangan dan pertanian

Pangan merupakan kesatuan primer manusia yang diperoleh dari industri pertanian. Untuk mengimbangi terjadinya pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, produksi bahan pangan harus dioptimalkan. Oleh karena itu, ahli kimia menciptakan pupuk sintesis yang tujuannya untuk meningkatkan hasil pertanian tanpa merusak lingkungan. Selain itu, ahli kimia juga menciptakan pestisida supaya tidak dirusak oleh hama tanaman.

Maka, peran ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari sesuai penjelasan di atas.

0

Roboguru

Jelaskan pengertian ilmu kimia! Manfaat apa yang diperoleh dengan belajar ilmu kimia? Salah satu manfaat belajar ilmu kimia adalah program langit biru? Apa maksudnya?

Pembahasan Soal:

Salah satu bidang ilmu yang perlu dipelajari adalah ilmu kimia. Ilmu kimia termasuk salah satu ilmu sains yang saling berkaitan dengan ilmu sains lainnya.

  1. Ilmu kimia adalah cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan materi, dan energi yang menyertai perubahan tersebut. Ilmu kimia meliputi topik-topik seperti sifat-sifat atom, cara atom membentuk ikatan kimia untuk menghasilkan senyawa kimia, interaksi zat-zat melalui gaya antarmolekul yang menghasilkan sifat-sifat umum dari materi, dan interaksi antar zat melalui reaksi kimia untuk membentuk zat-zat yang berbeda.
  2. Manfaat mempelajari ilmu kimia adalah dapat memahami fenomena-fenomena yang terjadi di alam yang berkaitan dengan materi dan perubahan materi, selain itu dapat mengenal bahan-bahan kimia berbahaya dan menghindarinya, dapat mengetahui bahan-bahan kimia pencemar lingkungan dan mengurangi penggunaannya.
  3. Menurut Dirjen Perhubungan Darat, Ir. Iskandar Abubakar, Msc, Program langit biru merupakan program yang bermaksud untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara dan mewujudkan perilaku sadar lingkungan baik dari sumber tidak bergerak (industri) maupun sumber bergerak yaitu kendaraan bermotor.space 

Jadi, ilmu kimia adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan materi, dan energi yang menyertai perubahan tersebut. Ilmu kimia bermanfaat bagi kehidupan manusia, salah satunya pada program langit biru.

0

Roboguru

llmu kimia sering disebut sebagai pusat ilmu pengetahuan alam (central science) karena berperan sangat penting untuk ilmu-ilmu lainnya. Tentukan apakah proses-proses berikut terkait dengan ilmu kimia....

Pembahasan Soal:

Identifikasi rambut untuk pengenalan pelaku kejahatan dapat menggunakan tes DNA. Tes DNA dalam ilmu kedokteran digunakan untuk mengetahui informasi genetika seseorang. Salah satu tahapan tes DNA adalah reaksi rantai polimerase yaitu memasukkan sampel DNA yang telah dimurnikan kedalam mesin sebagai tahapan amplifikasi. Hasil akhir dari tahap amplifikasi ini adalah berupa kopi urutan DNA lengkap dari DNA sampel. Selanjutnya kopi urutan DNA ini akan dikarakterisasi dengan elektroforesis untuk melihat pola pitanya. Karena urutan DNA setiap orang berbeda maka jumlah dan lokasi pita DNA (pola elektroforesis) setiap individu juga berbeda. Pola pita inilah yang disebut DNA sidik jari (DNA finger print) yang akan dianalisa pola Short Tandem Repeats-nya. Dari pengenalan sidik jari ini lah pelaku kejahatan dapat diidentifikasi.

Jadi, identifikasi rambut untuk pengenalan pelaku kejahatan berkaitan dengan ilmu kimia.

0

Roboguru

Jelaskan fungsi dari molekul berikut dalam kehidupan sehari hari!

Pembahasan Soal:

Fungsi dari molekul air (begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style) adalah sebagai berikut:

  • Sebagai sumber air minum mahluk hidup
  • Zat pelarut yang penting untuk makhluk hidup dan bagian penting dalam proses metabolisme.
  • Menjaga homeostasis sel
  • Dibutuhkan dalam fotosintesis dan respirasi. 
  • Pelarut yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti mencuci, mandi, serta limbah rumah tangga juga dibawa oleh air melalui saluran pembuangan.

Jadi, begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style merupakan komponen mendasar bagi makhluk hidup untuk mempertahankan hidupnya

 

0

Roboguru

Krisis ketersediaan batu bara sebagai sumber energi listrik mendorong munculnya berbagai energi alternatif salah satunya yaitu, sel surya. Fenomena perubahan energi radiasi sinar matahari menjadi ener...

Pembahasan Soal:

Perbaikan pada sel surya terus diupayakan, terutama untuk menghasilkan sel surya dengan efisiensi energi listrik yang tinggi, harga material yang relatif murah dan meminimalisir dampaknya terhadap lingkungan. Martin Green mengelompokkan sel surya menjadi 3 generasi, berdasarkan pada material yang digunakan, efisiensi konversi maksimum, dan harga energi tiap peak-nya. Jadi, jawaban yang tepat adalah opsi C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved