Pertanyaan

Peneliti menemukan populasi yang akan diteliti cenderung homogen meskipun jumlahnya banyak. Ia ingin agar seluruh populasi dapat terwakili, teknik sampling yang cocok digunakan adalah ....

Peneliti menemukan populasi yang akan diteliti cenderung homogen meskipun jumlahnya banyak. Ia ingin agar seluruh populasi dapat terwakili, teknik sampling yang cocok digunakan adalah ....

  1. random

  2. area

  3. cluster

  4. stratified

  5. purposive

F. Dwi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Seorang peneliti ingin meneliti sebuah populasi yang homogen dan berjumlah banyak. Ia ingin agar seluruh populasi dapat terwakili. Berdasarkan kasus ini maka jenis teknik pengambilan sampel yang tepat adalah teknik random sampling (opsi A). Teknik random sampling adalah teknik pengambilan sampel anggota populasi secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu karena setiap anggota dalam populasi memiliki kesamaan karakteristik. Teknik ini sangat cocok untuk populasi yang homogen. Adapun teknik pengambilan sampel lainnya, yaitu: Teknik stratified sampling adalah c ara mengambil sampel dengan memperhatikan tingkatan atau strata dalam populasi penelitian. Area sampling adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel pada daerah penelitian yang luas sehingga harus dibagi menjadi beberapa bagian daerah. Cluster sampling adalah teknik yang digunakan apabila populasi tidak terdiri dari individu-individu, melainkan terdiri dari kelompok-kelompok individu atau cluster . Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel di mana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian.

Seorang peneliti ingin meneliti sebuah populasi yang homogen dan berjumlah banyak. Ia ingin agar seluruh populasi dapat terwakili. Berdasarkan kasus ini maka jenis teknik pengambilan sampel yang tepat adalah teknik random sampling (opsi A).  Teknik random sampling adalah teknik pengambilan sampel anggota populasi secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu karena setiap anggota dalam populasi memiliki kesamaan karakteristik. Teknik ini sangat cocok untuk populasi yang homogen.

Adapun teknik pengambilan sampel lainnya, yaitu:

  • Teknik stratified sampling adalah cara mengambil sampel dengan memperhatikan tingkatan atau strata dalam populasi penelitian.
  • Area sampling adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel pada daerah penelitian yang luas sehingga harus dibagi menjadi beberapa bagian daerah.  
  • Cluster sampling adalah teknik yang digunakan apabila populasi tidak terdiri dari individu-individu, melainkan terdiri dari kelompok-kelompok individu atau cluster.
  • Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel di mana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian.

25

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Seorang peneliti memberikan kesempatan yang sama kepada setiap subyek untuk di pilih menjadi sampel penelitian, keadaan subjek di dalam populasi benar-benar homogen. Berdasarkan deskripsi tersebut, ca...

22

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia