Iklan

Iklan

Pertanyaan

Peneliti ingin mengetahui kehidupan masyarakat miskin di suatu kota. Ia melakukan observasi dan wawancara dengan beberapa warga miskin yang menjadi subyek penelitian. Ditinjau dari tempat pengambilan data metode jenis tersebut merupakan penelitian ....

Peneliti ingin mengetahui kehidupan masyarakat miskin di suatu kota. Ia melakukan observasi dan wawancara dengan beberapa warga miskin yang menjadi subyek penelitian. Ditinjau dari tempat pengambilan data metode jenis tersebut merupakan penelitian ....

 

  1. terapan

  2. lapangan

  3. percobaan

  4. laboratorium

  5. pengembangan

Iklan

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Bila dilihat dari latar tempatnya, penelitian sosiologi dapat dibedakan menjadi penelitian pustaka, l apangan, dan laboratorium . Di soal ini dijelaskan bahwa peneliti mendatangi responden untuk pengambilan data mengenai kehidupan masyarakat miskin di suatu kota dengan menggunakan wawancara dan observasi. Penelitian sosial yang dilakukan di mana tempat responden berada adalah penelitian lapangan (pilihan jawaban B). Adapun penjelasan lain dari jenis penelitian berdasarkan tempatnya, yaitu: Penelitian laboratorium ( laboratory research ) adalah suatu penelitian yang dilakukan di dalam laboratorium yaitu suatu tempat yang dilengkapi perangkat khusus untuk melakukan penyelidikan terhadap gejala tertentu melalui tes-tes atau uji yang juga dilakukan untuk menyusun karya ilmiah. Penelitian pustaka ( library research ) merupakan suatu penelitian yang yang dilakukan di ruang perpustakaan untuk menghimpun dan menganalisis data yang bersumber dari perpustakaan, baik berupa buku, majalah ilmiah, kisah-kisah sejarah, dokumen- dokumen maupun materi perpustakaan lainnya yang dapat dijadikan rujukan dalam penulisan ilmiah.

Bila dilihat dari latar tempatnya, penelitian sosiologi dapat dibedakan menjadi penelitian pustaka, lapangan, dan laboratorium.

Di soal ini dijelaskan bahwa peneliti mendatangi responden untuk pengambilan data mengenai kehidupan masyarakat miskin di suatu kota dengan menggunakan wawancara dan observasi. Penelitian sosial yang dilakukan di mana tempat responden berada adalah penelitian lapangan (pilihan jawaban B).

Adapun penjelasan lain dari jenis penelitian berdasarkan tempatnya, yaitu:

  • Penelitian laboratorium (laboratory research) adalah suatu penelitian yang dilakukan di dalam laboratorium yaitu suatu tempat yang dilengkapi perangkat khusus untuk melakukan penyelidikan terhadap gejala tertentu melalui tes-tes atau uji yang juga dilakukan untuk menyusun karya ilmiah.
  • Penelitian pustaka (library research) merupakan suatu penelitian yang yang dilakukan di ruang perpustakaan untuk menghimpun dan menganalisis data yang bersumber dari perpustakaan, baik berupa buku, majalah ilmiah, kisah-kisah sejarah, dokumen- dokumen maupun materi perpustakaan lainnya yang dapat dijadikan rujukan dalam penulisan ilmiah.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

16

Doni Kurniawan

Makasih ❤️ Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Eksploratif dan eksplanatori merupakan jenis penelitian sosial yang dapat dikaji secara sosiologis. Namun, yang membedakan penelitian tersebut adalah ciri penelitian eksploratif dan eksplanatori adala...

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia