Iklan

Iklan

Pertanyaan

Penduduk pedesaan menjual hasil pertanian dan perkebunan ke kota dan dari perkotaan penduduk membeli berbagai jenis kebutuhan hidup seperti: pakaian, peralatan elektronik, dan kendaraan. Prinsip geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ....

Penduduk pedesaan menjual hasil pertanian dan perkebunan ke kota dan dari perkotaan penduduk membeli berbagai jenis kebutuhan hidup seperti: pakaian, peralatan elektronik, dan kendaraan.

Prinsip geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ....
 

  1. prinsip korologi

  2. prinsip interelasi

  3. prinsip distribusi

  4. prinsip interaksi

     

  5. prinsip deskripsi

Iklan

I. Handayani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pada nomor 2 jawaban yang paling tepat adalah prinsip deskripsi, pada soal menjelaskan ilustrasi yang dilakukan penduduk pedesaan yang menjual hasil pertanian dan perkebunan untuk membeli kebutuhan hidupnya.

pada nomor 2 jawaban yang paling tepat adalah prinsip deskripsi, pada soal menjelaskan ilustrasi yang dilakukan penduduk pedesaan yang menjual hasil pertanian dan perkebunan untuk membeli kebutuhan hidupnya.

Iklan

Pembahasan

Ada empat prinsip geografi yang kita harus ketahui. Masing-masing prinsip memiliki perbedaan yang sangat terlihat, berikut pengertiannya masing-masing: Prinsip distribusi , adalah prinsip yang menjelaskan persebaran fenomena alam. Contohnya: Hutan hujan tropis tersebar di Indonesia bagian Barat. Prinsip deskripsi , adalah prinsip yang hanya menjelaskan suatu fenomena tertentu, dengan berbagai jenis data. Contohnya: Hutan hujan tropis adalah jenis hutan heterogen, yang ditumbuhi oleh tanaman yang memiliki daun yang lebat dan tinggi, Oleh karena itu keadaan tanahnya sangat lembab karena sinar matahari tidak tembus sampai ke permukaan tanah, dan hutan hujan tropis banyak ditemukan di seluruh indonesia bagian barat. Prinsip interelasi , adalah prinsip yang menjelaskan hubungan sebab akibat dari fenomena alam yang terjadi, Oleh karena itu mengakibatkan fenomena yang lain. Contohnya Di NTB banyak padang rumput, Oleh karena itu di NTB komoditi masyarakatnya ialah Peternakan. Prinsip korologi , adalah prinsip yang menjelaskan gabungan dari ketiga prinsip diatas, dan penjelasan ilustrasinya sangat panjang dan jelas. Oleh karena itu pada nomor 2 jawaban yang paling tepat adalah prinsip deskripsi, pada soal menjelaskan ilustrasi yang dilakukan penduduk pedesaan yang menjual hasil pertanian dan perkebunan untuk membeli kebutuhan hidupnya.

Ada empat prinsip geografi yang kita harus ketahui. Masing-masing prinsip memiliki perbedaan yang sangat terlihat, berikut pengertiannya masing-masing:

  • Prinsip distribusi, adalah prinsip yang menjelaskan persebaran fenomena alam. Contohnya: Hutan hujan tropis tersebar di Indonesia bagian Barat.
  • Prinsip deskripsi, adalah prinsip yang hanya menjelaskan suatu fenomena tertentu, dengan berbagai jenis data. Contohnya: Hutan hujan tropis adalah jenis hutan heterogen, yang ditumbuhi oleh tanaman yang memiliki daun yang lebat dan tinggi, Oleh karena itu keadaan tanahnya sangat lembab karena sinar matahari tidak tembus sampai ke permukaan tanah, dan hutan hujan tropis banyak ditemukan di seluruh indonesia bagian barat.
  • Prinsip interelasi, adalah prinsip yang menjelaskan hubungan sebab akibat dari fenomena alam yang terjadi, Oleh karena itu mengakibatkan fenomena yang lain. Contohnya Di NTB banyak padang rumput, Oleh karena itu di NTB komoditi masyarakatnya ialah Peternakan.
  • Prinsip korologi, adalah prinsip yang menjelaskan gabungan dari ketiga prinsip diatas, dan penjelasan ilustrasinya sangat panjang dan jelas.

Oleh karena itu pada nomor 2 jawaban yang paling tepat adalah prinsip deskripsi, pada soal menjelaskan ilustrasi yang dilakukan penduduk pedesaan yang menjual hasil pertanian dan perkebunan untuk membeli kebutuhan hidupnya.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Prinsip yang digunakan untuk memberikan gambaran tentang fenomena geografi di muka bumi dengan tulisan, gambar, ataupun tabel adalah ....

5

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia