Iklan

Iklan

Pertanyaan

Penduduk Jakarta banyak yang membutuhkan mesin pendingin ruangan, sehingga produsen mesin tersebut banyak menjual produknya di Jakarta. Konsep geografi yang sesuai dengan fenomena tersebut adalah....

Penduduk Jakarta banyak yang membutuhkan mesin pendingin ruangan, sehingga produsen mesin tersebut banyak menjual produknya di Jakarta.

Konsep geografi yang sesuai dengan fenomena tersebut adalah....

  1. konsep lokasi

  2. konsep aglomerasi

  3. konsep interaksi interdependensi

  4. konsep diferensiasi area

  5. konsep keterkaiatan keruangan

Iklan

A. Aghnia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

kosep lokasi atau letak adalah suatu tempat atau letak daerah dimana adanya keterkaitan suatu objek di muka bumi. Secara umum konsep lokasi dibagi menjadi dua yakni lokasi absolut dan lokasi relatif. konsep aglomerasi adalahkecenderungan pengelompokan suatu gejala yang terkait dengan aktivitas manusia. konsep interaksi interpendensi merupakan terjadinya hubungan yang saling mempengaruhi antara suatu gejala dengan gejala lainnya. Definisi lainnya mengungkapkan keterkaitan dan ketergantungan satu daerah dengan daerah lain untuk saling memenuhi kebutuhannya. konsep diferensiasi areaadalah fenomena yang berbeda antara tempat yang satu dengan yang lain. Diferensiasi areamembandingkan antara dua wilayah untuk menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain karena tiap wilayah memiliki karakteristik yang unik. konsep keterkaitan ruang adalah hubungan antara suatu fenomena dengan fenomena lainnya yang merupakan suatu keterkaitan keruangan. Hal ini mendorong terjadinya sebab-akibat antar wilayah. Sesuai dengan penjabaran di atas, maka jawaban yang tepat untuk fenomena tersebut adalah konsep keterkaitan ruangan. Penjualan mesin pendingin ruangan diakibatkan kondisi Jakarta yang panas.

  • kosep lokasi atau letak adalah suatu tempat atau letak daerah dimana adanya keterkaitan suatu objek di muka bumi. Secara umum konsep lokasi dibagi menjadi dua yakni lokasi absolut dan lokasi relatif.
  • konsep aglomerasi adalah kecenderungan pengelompokan suatu gejala yang terkait dengan aktivitas manusia.
  • konsep interaksi interpendensi merupakan terjadinya hubungan yang saling mempengaruhi antara suatu gejala dengan gejala lainnya. Definisi lainnya mengungkapkan keterkaitan dan ketergantungan satu daerah dengan daerah lain untuk saling memenuhi kebutuhannya.
  • konsep diferensiasi area adalah fenomena yang berbeda antara tempat yang satu dengan yang lain. Diferensiasi area membandingkan antara dua wilayah untuk menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain karena tiap wilayah memiliki karakteristik yang unik.
  • konsep keterkaitan ruang adalah hubungan antara suatu fenomena dengan fenomena lainnya yang merupakan suatu keterkaitan keruangan. Hal ini mendorong terjadinya sebab-akibat antar wilayah.

Sesuai dengan penjabaran di atas, maka jawaban yang tepat untuk fenomena tersebut adalah konsep keterkaitan ruangan. Penjualan mesin pendingin ruangan diakibatkan kondisi Jakarta yang panas.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

52

Siti NurJihan R

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan istilah-istilah di bawah ini! keruangan interelasi interaksi-interdependensi pola keterkaitan ruang Konsep esensial geografi ditunjukkan oleh nomor ....

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia