Iklan

Iklan

Pertanyaan

Penduduk Indonesia terdiri dari beberapa kelompok meliputi Asiatik Mongoloid, Malayan Mongoloid dan Melanesoid. Kelompok ini merupakan kelompok horizontal yang didasarkan pada ....

Penduduk Indonesia terdiri dari beberapa kelompok meliputi Asiatik Mongoloid, Malayan Mongoloid dan Melanesoid. Kelompok ini merupakan kelompok horizontal yang didasarkan pada ....

  1. suku bangsa

  2. agama

  3. ras

  4. adat

  5. gender

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Penggolongan masyarakat secara horizontal disebut Diferensiasi sosial. Salah satu wujud Diferensiasi adalah Ras yaitu penggolongan masyarakat berdasarkan ciri fisik bawaan lahir. Ciri fisik bawaan sejak lahir yang menjadi parameter penggolongan meliputi warna kulit, bentuk bibir, bentuk hidung, warna dan bentuk rambut dan warna mata. Sebagai contoh ras Asiatik Mongoloid, Malayan Mongoloid, dan Melanesoid. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Suku bangsa, merupakan penggolongan kelompok masyarakat berdasarkan budaya-budaya yang dimiliki. Sebagai contoh suku bangsa jawa, sunda, papua. Agama, merupakan penggolongan kelompok masyarakat berdasarkan kepercayaan atau keyakinan kepada Tuhan. Sebagai contoh Islam, hindu, budha, kristen,katolik. Gender, merupakan penggolongan kelompok masyarakat berdasarkan ciri-ciri biologisnya seperti Wanita dan pria Adat merupakan budaya atau tradisi dalam masyarakt yang sudah melembaga.

Penggolongan masyarakat secara horizontal disebut Diferensiasi sosial. Salah satu wujud Diferensiasi adalah Ras yaitu penggolongan masyarakat berdasarkan ciri fisik bawaan lahir. Ciri fisik bawaan sejak lahir yang menjadi parameter penggolongan meliputi warna kulit, bentuk bibir, bentuk hidung, warna dan bentuk rambut dan warna mata. Sebagai contoh ras Asiatik Mongoloid, Malayan Mongoloid, dan Melanesoid.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Suku bangsa, merupakan penggolongan kelompok masyarakat berdasarkan budaya-budaya yang dimiliki. Sebagai contoh suku bangsa jawa, sunda, papua.
  • Agama, merupakan penggolongan kelompok masyarakat berdasarkan kepercayaan atau keyakinan kepada Tuhan. Sebagai contoh Islam, hindu, budha, kristen,katolik.
  • Gender, merupakan penggolongan kelompok masyarakat berdasarkan ciri-ciri biologisnya seperti Wanita dan pria
  • Adat merupakan budaya atau tradisi dalam masyarakt yang sudah melembaga.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

23

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kroeber membagi ras menjadi dua kelompok diantaranya ....

1

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia