Roboguru

Pendeta Kalingga yang membantu pendeta Cina Huining dalam menerjemahkan kitab suci agama Buddha dari bahasa Sanskerta ke bahasa Cina adalah ...

Pertanyaan

Pendeta Kalingga yang membantu pendeta Cina Huining dalam menerjemahkan kitab suci agama Buddha dari bahasa Sanskerta ke bahasa Cina adalah ... space

  1. Jnanabadra space

  2. Huining space

  3. Atisa space

  4. Darmapala space

  5. Sakyakirti space

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kalingga atau Holing merupakan salah satu kerajaan Hindu-Buddha yang pernah berdiri di Jawa Tengah pada abad ke-6 Masehi. Menurut catatan I-Tsing, pada abad ke-7 di Kerajaan Kalingga terdapat pendeta terkenal dari Cina bernama Huining yang menerjemahkan kitab suci agama Buddha Mahayana dari bahasa Sansekerta ke bahasa Cina. Dalam penerjemahannya ini, ia dibantu oleh pendeta Kalingga yang bernama Jnanabadra.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimanakah kehidupan politik masyarakat Kalingga?

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kalingga merupakan salah satu kerajaan bercorak Hindu di Jawa. Kerajaan yang muncul sekitar abad ke-6 M tersebut termasyur akan kepemimpinan Ratu Sima yang menjalankan pemerintahan dengan tegas, keras, adil, dan bijaksana. Dia melarang rakyatnya untuk menyentuh dan mengambil barang bukan milik mereka yang tercecer di jalan. Hukuman berat akan diterapkan untuk rakyat yang melanggar aturan tersebut.

Dengan demikian, kehidupan politik Kerajaan Kalingga berjalan tertib dan aman dibawah kepemimpinan Ratu Sima.

0

Roboguru

Kerajaan Kalingga pernah dipimpin seorang perempuan bernama .…

Pembahasan Soal:

Dalam sejarahnya, Kerajaan Kalingga pernah diperintah oleh seorang ratu yang dikenal sangat adil dan bijaksana, ia bernama Ratu Shima. Hal ini membuat kerajaan-kerajaan lain merasa hormat, segan, dan kagum dengan sosok Ratu Shima. Menurut cerita lisan masyarakat lokal dan sumber berita Tiongkok, Ratu Shima memerintah dari tahun 674 Masehi sampai 732 Masehi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Jelaskan kondisi sosial-budaya Kerajaan Kalingga

Pembahasan Soal:

Penduduk Kalingga hidup dengan teratur. Ketertiban dan ketentraman sosial di Kalingga dapat berjalan dengan baik berkat kepemimpinan Ratu Sima yang tegas dan bijaksana dalam menjalankan hukum dan pemerintahan.

Dalam menegakkan hukum Ratu Sima tidak membedakan antara rakyat dengan anggota kerabatnya sendiri. Berita mengenai ketegasan hukum Ratu Sima pernah didengar oleh Raja Ta-Shih. Ta-Shih adalah sebutan Cina untuk kaum muslim Arab dan Persia. Raja Ta-Shih lalu menguji kebenaran khabar tersebut.

Dengan demikian kondisi sosial dan budaya Kerajaan Kalingga ialah kehidupan rakyatnya sudah dipengaruhi kebudayaan Hindu-Budha, hidup teratur dan makmur terutama pada masa pemerintahan Ratu Shima.

0

Roboguru

Kerajaan Holing mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan ... yang terkenal karena ketegasannya dalam memerintah.

Pembahasan Soal:

Salah satu raja terkenal Kerajaan Kalingga adalah Ratu Shima, yang berkuasa antara 674-695 M. Pemimpin Kerajaan Kalingga inilah yang berhasil membawa kerajaan mencapai puncak kejayaan. Ratu Shima memerintah dengan sangat keras, tegas, tetapi juga adil, sehingga rakyatnya hidup dengan aman, tertib, dan teratur. Pada masa kejayaannya, Kerajaan Kalingga menjadi pusat agama Buddha di Jawa. Sepeninggal Ratu Shima, Kerajaan Kalingga ditaklukkan oleh Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan Kalingga kemudian dibagi menjadi dua, yaitu Kerajaan Keling yang diperkirakan di sekitar Magelang dan Kerajaan Medang yang diperkirakan di sekitar Yogyakarta.

Dengan demikian, maka jawaban yang benar adalah B.
 

0

Roboguru

Jelaskan kondisi politik dan sistem pemerintahan Kerajaan Kalingga

Pembahasan Soal:

Pemimpin yang terkenal dari kerajaan Kaling yakni Ratu Sima (Ratu Simo). Ratu Sima memimpin sejak tahun 674 Masehi. Ia dikenal tegas, keras, dan menjunjung tinggi kejujuran. 

Salah satu cerita yang terkenal dari Kerajaan Kaling yakni tentang hukuman bagi pencuri. Suatu hari, sang raja meletakkan kantong berisi emas di tengah jalan. Karena hukum yang berlaku sangat tegas, tak ada satu orang pun berani mengambilnya. Namun tiga tahun kemudian, putra mahkota tak sengaja menyentuh kantong emas dengan kakinya.

Sang raja pun memutuskan hukuman mati bagi anaknya. Namun keputusan ini ditentang oleh para menteri. Akhirnya hukuman mati dibatalkan. Tetapi sang raja memberi hukuman baru yakni memotong kaki anaknya yang telah menyentuh kantong emas.

Dengan demikian Kerajaan Kalingga mencapai zaman keemasan ketika dipimpin oleh seorang ratu bernama Ratu Shima,  ia pemimpin yang jujur dan adil sehingga rakyatnya hidup teratur, makmur dan tentram.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved