Roboguru

Pendekatan kronologi menggunakan metodologi dimensi ....

Pertanyaan

Pendekatan kronologi menggunakan metodologi dimensi ....

Pembahasan Soal:

Pada studi geografi, metodologi dengan menggunakan dimensi waktu atau sejarah, dikenal sebagai pendekatan historis atau pendekatan kronologi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Kartikasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Daerah pesisir pantai dapat menjadi objek penelitian geografi. Contoh tema penelitian yang berhubungan dengan keadaan penduduknya adalah ...

Pembahasan Soal:

Tema yang dapat digunakan untuk mengkaji kondisi sosial penduduk dapat beragam yaitu tingkat pendidikan, mata pencaharian penduduk, dan populasi penduduk pesisir pantai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E

0

Roboguru

Pak Bambang adalah seorang ahli dan pakar di bidang geografi. Dia akan melakukan sebuah penelitian di Denpasar mengenai kondisi sosial-kemasyarakatan dan kebudayaan yang diharapkan akan mendukung pene...

Pembahasan Soal:

Kata kunci yang terdapat pada soal diatas adalah “sosial-kemasyarakatan”. Adapun disiplin ilmu yang fokus mempelajari mengenai fenomena sosial dalam sebuah ruang lingkup tertentu adalah sosiologi, sehingga pak Bambang dapat meminta seorang ahli sosiologi untuk melakukan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat Denpasar untuk mendukung data penelitiannya.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Apakah perbedaan dan persamaan antara studi kependudukan, studi lingkungan, dan studi geografi di bidang industri ? Berikan penjelasan !

Pembahasan Soal:

Studi kependudukan merupakan studi yang membahas tentang hubungan antara faktor-faktor perubahan penduduk dan faktor-faktor pembangunan. Dengan kata lain studi kependudukan lebih bersifat interdisipliner dan lebih mencakup tentang ilmu sosial, ekonomi, budaya, lingkungan, politik, dan biologi.

Studi lingkungan adalah bidang multidisiplin yang membahas mengenai hubungan interaksi antara manusia dengan lingkungan fisik dan membahas tentang penerapan untuk meningkatkan kualitas hidup melalui kebijakan, perencanaan dan desain lingkungan.

Studi geografi merupakan suatu studi yang berhubungan dengan interelasi manusia dengan lingkungan hidupnya.

Berdasarkan ketiga definisi tersebut maka persamaannya dalam bidang industri adalah membahas tentang hubungan, interaksi, dan interelasi antara manusia dengan lingkungan hidupnya, bahwa manusia dalam menjalankan sebuah industri harus berdasar kepada dampak lingkungan dan menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan. Sedangkan untuk perbedaannya yaitu objek yang dibahasnya, studi kependudukan lebih mengutamakan manusianya, studi lingkungan lebih mengutamakan lingkungannya, dan studi geografi mencakup dua hal tersebut.

0

Roboguru

Fenomena berikut ini yang dapat diteliti dalam penelitian geografi fisik adalah....

Pembahasan Soal:

Geografi fisik adalah bagian ilmu geografi yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan studi tentang proses dan pola dalam lingkungan alam di muka bumi. Dari pilihan jawaban yang ada, yang termasuk kajian geografi fisik adalah tentang studi sedimentasi di hilir Sungai Kapuas, sedangkan pilhan jawaban lain merupakan kajian dari geografi sosial.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Pemanasan global yang sekarang ini menjadi permasalahan global telah menyebabkan terjadinya kekacauan musim yang terjadi di hampir keseluruhan negara di dunia dan menyebabkan terjadinya peningkatan ke...

Pembahasan Soal:

Penelitian geografi adalah kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk menguji kebenaran dan memecahkan permasalahan geografi (gejala alam) secara sistematis yang meliputi ruang sebagai objek penelitian. Objek penelitian geografi menekankan pada fenomena geosfer yang meliputi litosfer, atmosfer, biosfer, hidrosfer, dan antroposfer. Pada soal dijelaskan fenomena pemanasan global yang menyebabkan terjadinya kekacauan musim dan peningkatan ketinggian air laut, hal tersebut merupakan kajian Atmosfer. Atmosfer merupakan lapisan udara, membentuk iklim dan cuaca.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved