Iklan

Iklan

Pertanyaan

Teks editorial berikut untuk soal nomor 1-5.
 

     Fenomena alam ialah takdir yang tidak bisa dilawan. Akan tetapi, besar-kecilnya dampak bencana yang disebabkan fenomena alam tersebut sangat ditentukan oleh manusia sendiri. Cuaca ekstrem akibat siklon tropis Seroja telah mengakibatkan banjir bandang dan tanah longsor di berbagai daerah di NTT dan NTB. Puluhan orang dilaporkan meninggal dan puluhan lainnya belum ditemukan.

    Dampak fenomena alam itu mestinya sudah bisa diantisipasi sebelumnya. Tindakan antisipasi tersebut karena Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah memprediksikan dengan tepat keberadaan siklon tropis Seroja dan juga dampak yang ditimbulkannya. Prediksi BMKG itu seakan-akan diabaikan dengan penuh kesadaran. Tidak perlu mencari siapa yang salah.

    Saatnya bangsa ini lebih menghargai ramalan cuaca. Ramalan cuaca merupakan hasil kerja rasional dan berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan. Hasil kerja itu bersifat empiris, bukan spekulatif, apalagi hasil mimpi semalam. Oleh karena itu, sepatutnya kita berpedoman padanya.

Sumber: http://web.archive.org/web/20210409012300/https://m.mediaindonesia.com/editorials/s/detail_editorials/2294-membudayakan-tanggap-cuaca, diakses 9 April 2021space

Pendapat yang sesuai dengan teks editorial tersebut adalah ...

Pendapat yang sesuai dengan teks editorial tersebut adalah ...space 

  1. BMKG sudah memprediksikan keberadaan siklon tropis Seroja.space 

  2. Cuaca ekstrem akibat siklon tropis Seroja terjadi di NTT dan NTB.space 

  3. Dampak cuaca ekstrem akibat siklon tropis Seroja seharusnya dapat dihindari.space 

  4. BMKG mempublikasikan ramalan cuaca terkait siklon tropis Seroja beserta dampaknya kepada masyarakat.space 

  5. Puluhan orang dilaporkan meninggal dan puluhan lainnya belum ditemukan pasca terjadinya siklon tropis Seroja.space 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.

jawaban yang tepat adalah pilihan C.space

Iklan

Pembahasan

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu/masalah aktual. Pendapat yang dimaksud dalam teks editorial adalah sebuah pernyataan subjektif yang berasal dari sikap seseorang atau interpretasi fakta yang didapatkan. Pendapat tersebut digunakan untuk menguatkan pandangan atau sikapnya terhadap suatu peristiwa dan masalah yang dibahas. Pendapat atau opini redaksi dalam teks editorial dapat berupa penilaian, kritik, prediksi (dugaan berdasarkan fakta empiris), harapan, dan saran penyelesaian masalah. Berikut ini adalah analisis pendapat yang sesuai dengan teks editorial di atas, yaitu: Pada kalimat pilihan A yang berbunyi "BMKG sudah memprediksikan keberadaan siklon tropis Seroja" bukan termasuk pendapat melainkan sebuah fakta karena terdapat pihak atau lembaga resmi yang terbukti kebenarannya. Pada kalimat pilihan B yang berbunyi "Cuaca ekstrem akibat siklon tropis Seroja terjadi di NTT dan NTB" bukan termasuk pendapat melainkan sebuah fakta karena terdapat data tempat kejadian peristiwa tersebut. Pada kalimat pilihan C yang berbunyi "Dampak cuaca ekstrem akibat siklon tropis Seroja seharusnya dapat dihindari" termasuk pendapat karena pada kalimat tersebut berisikan sebuah harapan mengenai permasalahan yang terjadi. Pada kalimat pilihan D yang berbunyi "BMKG mempublikasikan ramalan cuaca terkait siklon tropis Seroja beserta dampaknya kepada masyarakat" bukan termasuk pendapat melainkan sebuah fakta karena terdapat pihak atau lembaga resmi yang terbukti kebenarannya. Pada kalimat pilihan E yang berbunyi "Puluhan orang dilaporkan meninggal dan puluhan lainnya belum ditemukan pasca terjadinya siklon tropis Seroja" bukan termasuk pendapat melainkan sebuah fakta karena terdapat data berupa bilangan yang menunjukkan banyaknya korban akibat peristiwa tersebut. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu/masalah aktual.

Pendapat yang dimaksud dalam teks editorial adalah sebuah pernyataan subjektif yang berasal dari sikap seseorang atau interpretasi fakta yang didapatkan. Pendapat tersebut digunakan untuk menguatkan pandangan atau sikapnya terhadap suatu peristiwa dan masalah yang dibahas. Pendapat atau opini redaksi dalam teks editorial dapat berupa penilaian, kritik, prediksi (dugaan berdasarkan fakta empiris), harapan, dan saran penyelesaian masalah.

Berikut ini adalah analisis pendapat yang sesuai dengan teks editorial di atas, yaitu:

  • Pada kalimat pilihan A yang berbunyi "BMKG sudah memprediksikan keberadaan siklon tropis Seroja" bukan termasuk pendapat melainkan sebuah fakta karena terdapat pihak atau lembaga resmi yang terbukti kebenarannya.
  • Pada kalimat pilihan B yang berbunyi "Cuaca ekstrem akibat siklon tropis Seroja terjadi di NTT dan NTB" bukan termasuk pendapat melainkan sebuah fakta karena terdapat data tempat kejadian peristiwa tersebut.
  • Pada kalimat pilihan C yang berbunyi "Dampak cuaca ekstrem akibat siklon tropis Seroja seharusnya dapat dihindari" termasuk pendapat karena pada kalimat tersebut berisikan sebuah harapan mengenai permasalahan yang terjadi.
  • Pada kalimat pilihan D yang berbunyi "BMKG mempublikasikan ramalan cuaca terkait siklon tropis Seroja beserta dampaknya kepada masyarakat" bukan termasuk pendapat melainkan sebuah fakta karena terdapat pihak atau lembaga resmi yang terbukti kebenarannya.
  • Pada kalimat pilihan E yang berbunyi "Puluhan orang dilaporkan meninggal dan puluhan lainnya belum ditemukan pasca terjadinya siklon tropis Seroja" bukan termasuk pendapat melainkan sebuah fakta karena terdapat data berupa bilangan yang menunjukkan banyaknya korban akibat peristiwa tersebut.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space

Latihan Bab

Mengenal Teks Editorial

Mengidentifikasi Teks Editorial

Kebahasaan Teks Editorial

Analisis Teks Editorial

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

12rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

lsu aktual dalam teks editorial tersebut adalah ...

20rb+

4.7

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia