Iklan

Iklan

Pertanyaan

    Suatu pagi, seorang manajer klub sepak bola Solo United sedang bertamu di rumah salah seorang striker andal, Bryan. Manajer mengutarakan maksud dan tujuan bertamu. la menjelaskan bahwa ia sedang mencari seorang striker andal yang memiliki kecepatan dan kelincahan. la memutuskan memilih Bryan agar bergabung dengan klub sepak bolanya. la berjanji berani membayar dengan harga tinggi jika Bryan bergabung dengan klubnya.

    Bryan pun bertanya mengenai gaji yang akan diterimanya jika bergabung dengan klub Solo United. Manajer memberikan pengajuan gaji Rp10 juta per bulan. Bryan menolak dengan alasan gaji yang ditawarkan tidak sebanding dengan kebutuhan sehari-harinya, seperti sepatu bola dan peralatan lainnya. Manajer menjelaskan bahwa gaji yang ia terima adalah gaji bersih. Semua fasilitas untuk bermain bola akan ditanggung oleh klub. Bryan masih menolak. la mengatakan bahwa masih ada klub sepak bola lain yang berani membayarnya lebih tinggi daripada yang ditawarkan.

    Manajer kemudian memberikan penawaran gaji menjadi Rp12 juta per bulan. Akan tetapi, Bryan masih tetap menolak penawaran yang diajukan. Bryan beralasan bahwa gaji yang akan ia terima tidak sesuai dengan skill yang ia miliki. la mematok harga Rp18 juta per bulan. la akan senang hati menerimanya dan berjanji akan bermain sungguh-sungguh.

    Setelah berpikir dengan matang, Manajer menetapkan harga Rp20 juta per bulan. Manajer menetapkan syarat bahwa klub tidak memberikan fasilitas berupa perlengkapan selama bermain bola. Akhirnya, Bryan menerima tawaran manajer untuk menjadi striker di Solo United. Manajer meminta Bryan datang ke stadion untuk melakukan medical check up pada keesokan harinya. Setelah melakukan medical check up, Bryan diperbolehkan untuk berlatih dengan klub Solo United. Manager dan Bryan berpamitan dan saling mengucapkan terima kasih. 

Disadur dari: https:llmysaffron.wordpress.comi20/15/04/28/mengkonversiteks-negosiasi-menjadi-narasimonolog-sepak-bola/, diunduh 1 Juni 2016undefined 

Penawaran gaji yang disetujui Bryan dan manajer tersebut adalah....

Penawaran gaji yang disetujui Bryan dan manajer tersebut adalah.... 

  1. Bryan menyetujui penawaran gaji sebesar Rp10 juta per bulanundefined 

  2. Manajer menyetujui memberikan gaji Rp18 juta per bulanundefined 

  3. Bryan menyetujui gaji Rp18 juta per bulan dengan syarat tertentuundefined 

  4. Manajer menyetujui gaji Rp20 juta per bulan kepada Bryanundefined 

  5. Bryan menyetujui gaji Rp20 juta per bulan dengan syarat tertentu.undefined 

Iklan

N. Novitasari

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.undefined 

Iklan

Pembahasan

Teks negosiasi adalah teks yang berisi interaksi sosial berupa tawar menawar terhadap suatu hal. Pada teks di atas penawaran gaji yang disetujui Bryan dan manajer tersebut adalahRp20 juta per bulan dengan syarat tertentu. Hal tersebut dapat terlihat pada pernyataan Setelah berpikir dengan matang, Manajer menetapkan harga Rp20 juta per bulan. Manajer menetapkan syarat bahwa klub tidak memberikan fasilitas berupa perlengkapan selama bermain bola. Akhirnya, Bryan menerima tawaran manajer untuk menjadi striker di Solo United . Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Teks negosiasi adalah teks yang berisi interaksi sosial berupa tawar menawar terhadap suatu hal. Pada teks di atas penawaran gaji yang disetujui Bryan dan manajer tersebut adalah Rp20 juta per bulan dengan syarat tertentu. Hal tersebut dapat terlihat pada pernyataan  Setelah berpikir dengan matang, Manajer menetapkan harga Rp20 juta per bulan. Manajer menetapkan syarat bahwa klub tidak memberikan fasilitas berupa perlengkapan selama bermain bola. Akhirnya, Bryan menerima tawaran manajer untuk menjadi striker di Solo United.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

208

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan yang mengandung alasan terdapat pada nomor ....

625

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia