Iklan

Iklan

Pertanyaan

Penanggulangan bencana perlu memperhatikan kearifan lokal dan menggunakan ilmu pengetahuan untuk mengurangi risiko bencana. Jelaskan maksud pernyataan tersebut !

Penanggulangan bencana perlu memperhatikan kearifan lokal dan menggunakan ilmu pengetahuan untuk mengurangi risiko bencana. Jelaskan maksud pernyataan tersebut !

Iklan

R. Dewi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Kearifan lokal atau local wisdom merupakan suatu pemahaman kolektif, pengetahuan, dan kebijaksanaan yang bisa memengaruhi keputusan penyelesaian atau penanggulangan suatu masalah kehidupan. Kearifan lokal ini merupakan perwujudan seperangkat pemahaman dan pengetahuan yang mengalami proses perkembangan oleh suatu kelompok masyarakat setempat yang terhimpun dari proses dan pengalaman panjang dalam berinteraksi dalam satu sistem dan dalam satu ikatan hubungan yang saling menguntungkan. Kearifan lokal ini bisa diwariskan secara turun temurun. Kearifan lokal yang berlaku di suatu masyarakat bisa berdampak positif bagi masyarakat dalam menghadapi bencana yang ada di suatu wilayah. Kearifan lokal bisa membentuk siklus yang bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mitigasi bencana. Pengetahuan dan pemahaman untuk menghadapi bencana ini bisa diwariskan secara turun temurundan dihasilkan dari pengalaman para leluhur di masa lampau saat menghadapi bencana.

Kearifan lokal atau local wisdom merupakan suatu pemahaman kolektif, pengetahuan, dan kebijaksanaan yang bisa memengaruhi keputusan penyelesaian atau penanggulangan suatu masalah kehidupan. Kearifan lokal ini merupakan perwujudan seperangkat pemahaman dan pengetahuan yang mengalami proses perkembangan oleh suatu kelompok masyarakat setempat yang terhimpun dari proses dan pengalaman panjang dalam berinteraksi dalam satu sistem dan dalam satu ikatan hubungan yang saling menguntungkan. Kearifan lokal ini bisa diwariskan secara turun temurun.

Kearifan lokal yang berlaku di suatu masyarakat bisa berdampak positif bagi masyarakat dalam menghadapi bencana yang ada di suatu wilayah. Kearifan lokal bisa membentuk siklus yang bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mitigasi bencana. Pengetahuan dan pemahaman untuk menghadapi bencana ini bisa diwariskan secara turun temurun dan dihasilkan dari pengalaman para leluhur di masa lampau saat menghadapi bencana.

Latihan Bab

Pengantar Bencana

Jenis-Jenis Bencana

Siklus Manajemen Bencana

Manajemen Bencana di Indonesia

147

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kearifan Iokal yang berhubungan dengan sistem irigasi pertanian dan berasal dari Bali adalah ....

985

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia