Pertanyaan

Penambahan TEL ke dalam bensin menghasilkan endapan hitam PbO yang tertimbun dalam mesin motor. Untuk menghindari hal ini biasanya ditambahkan ....

Penambahan TEL ke dalam bensin menghasilkan endapan hitam PbO yang tertimbun dalam mesin motor. Untuk menghindari hal ini biasanya ditambahkan .... 

  1.  

  2.  

  3.  

  4.  

  5.  

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah A.

jawaban yang benar adalah A.

Pembahasan

Bensin yang dihasilkan dari proses distilasi biasanya masih memiliki bilangan oktan yang rendah. Untuk meningkatkan bilangan oktan perlu ditambahkan zat anti ketukan, salah satunya adalah Tetra Ethyl Lead (TEL).Penambahan TEL ke dalam bensin menghasilkan endapan hitam yang tertimbun dalam mesin motor. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya ditambahkan zat aditif 1,2-dibromoetana ( C 2 ​ H 4 ​ Br 2 ​ ) . Adanya unsur Br dapat mencegah oksida timbal menempel pada mesin yaitu dengan membentuk senyawa PbBr 2 ​ yang mudah menguap. Dengan demikian semua timbal akan keluar bersama asap kendaraan bermotor lewat knalpot. Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Bensin yang dihasilkan dari proses distilasi biasanya masih memiliki bilangan oktan yang rendah. Untuk meningkatkan bilangan oktan perlu ditambahkan zat anti ketukan, salah satunya adalah Tetra Ethyl Lead (TEL). Penambahan TEL ke dalam bensin menghasilkan endapan hitam yang tertimbun dalam mesin motor. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya ditambahkan zat aditif 1,2-dibromoetana (). Adanya unsur  dapat mencegah oksida timbal menempel pada mesin yaitu dengan membentuk senyawa  yang mudah menguap. Dengan demikian semua timbal akan keluar bersama asap kendaraan bermotor lewat knalpot.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

2rb+

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikan saran atau pendapat bagaimana cara mengurangi dampak negatif akibat penggunaan bahan bakar minyak yang berlebihan.

7rb+

4.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia