Roboguru

Pemuda ini adalah seorang perwira yang ditugaskan oleh pemerintah sebagai mata-mata di Malaysia sehubungan dengan terjadinya konfrontasi antara Indonesia-Malaysia. Beliau menjadi salah satu korban Gerakan 30 September. Beliau meninggal pada 1 Oktober 1965. Tokoh pemuda yang dimaksud adalah ...

Pertanyaan

Pemuda ini adalah seorang perwira yang ditugaskan oleh pemerintah sebagai mata-mata di Malaysia sehubungan dengan terjadinya konfrontasi antara Indonesia-Malaysia. Beliau menjadi salah satu korban Gerakan 30 September. Beliau meninggal pada 1 Oktober 1965. Tokoh pemuda yang dimaksud adalah ...

Pembahasan Soal:

Lettu Pierre Tendean kerap dilibatkan dalam operasi-operasi penyusupan ke Malaysia dari Selat Panjang, Kepulauan Meranti, Riau ketika Indonesia sedang mengalami konfrontasi dengan Malaysia. Dalam masa tugas setahun, Pierre telah tiga kali berhasil menyusup ke daratan Malaysia. 

Pada dini hari tanggal 1 Oktober 1965, pasukan Gerakan 30 September (G30S) mendatangi rumah dinas A. H. Nasution dengan tujuan untuk menculiknya. Tendean yang merupakan ajudan dari Nasution sedang tidur di paviliun yang berada di samping rumah dinas Jenderal Nasution. Ia dibangunkan oleh putri sulung sang Jenderal (Yanti Nasution) setelah Yanti mendengar suara tembakan dan keributan yang luar biasa. Pierre pun segera berlari ke bagian depan rumah. Ia ditangkap oleh gerombolan G30S dipimpin oleh Pembantu Letnan Dua (Pelda) Djaharup. Gerombolan itu mengira dirinya sebagai Nasution karena kondisi rumah yang gelap.

Tendean lalu dibawa ke sebuah rumah di daerah Lubang Buaya bersama enam perwira tinggi lainnya, yaitu Suprapto, Sutoyo, Parman, Ahmad Yani, D.I. Pandjaitan, dan M.T. Harjono. Ia ditembak mati dan mayatnya dibuang ke sebuah sumur tua bersama enam jasad perwira lainnya. Merekalah yang kemudian menjadi korban dari Gerakan 30 September 1965 yang didalangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) atau G30S/PKI.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 08 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Malaya Britania dibubarkan pada tahun ...

Pembahasan Soal:

Malaysia adalah sebuah negara federasi yang terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah persekutuan di Asia Tenggara dengan luas 329.847 km persegi. Ibu kotanya adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya menjadi pusat pemerintahan persekutuan.

Sebelumnya, Malaysia merupajan sekumpulan koloni didirikan oleh Britania Raya pada akhir abad ke-18. Kumpulan wilayah jajahan itu dikenal sebagai Malaya Britania hingga pembubarannya pada 1946, ketika kumpulan itu disusun kembali sebagai Uni Malaya. Karena semakin meluasnya tentangan, kumpulan itu lagi-lagi disusun kembali sebagai Federasi Malaya pada tahun 1948 dan kemudian meraih kemerdekaan pada 31 Agustus 1957.

Dengan demikian, Malaya Britania dibubarkan pada tahun 1946.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia Pemerintahan Darurat Republik Indonesia Pemberontakan Darul Islam Indonesia Pemberontakan PKI 1926 Berikut ini yang ...

Pembahasan Soal:

Berikut adalah peristiwa-peristiwa yang merupakan bentuk dari upaya disintegrasi nasional, yaitu Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, Pemberontakan APRA di Bandung, Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia, Perjuangan Rakyat Semesta, Pemberontakan Republik Maluku Selatan, Pemberontakan Andi Azis dan Gerakan 30 September 1965. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Pemberontakan Andi Aziz dapat diakhiri dengan jalan perundingan antara pihak RI dan KNIL. Pihak RI diwakili oleh ....

Pembahasan Soal:

Setelah bergabungnya Negara Indonesia Timur (NIT) kedalam NKRI pasukan KNIL semakin terdesak, akhirnya pada tanggal 8 Agustus 1950, pihak KNIL meminta untuk berunding. Perundingan dilakukan oleh Kolonel Alex Kawilarang dari pihak Republik Indonesia dan Mayor Jendral Scheffelaar dari pihak KNIL. Hasil dari perundingan tersebut adalah kedua belah pihak setuju untuk menghentikan peperangan dan dalam waktu dua hari pasukan KNIL harus meninggalkan Makassar.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C

 

0

Roboguru

Pemberontakan Andi Aziz terjadi di Makasar pada masa pembentukan RIS. Pemberontakan tersebut terjadi karena....

Pembahasan Soal:

Pada awal April 1950, pemberontakan Andi Azis terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan. Pemberontakan ini dipimpin oleh Kapten Andi Azis sendiri, Ia merupakan mantan perwira KNIL dan baru diterima masuk ke dalam APRIS. Andi Azis bersama gerombolannya ingin mempertahankan Negara Indonesia Timur. Selain itu, hal ini juga dilatarbelakangi oleh penolakan terhadap masuknya anggota TNI ke dalam bagian APRIS. Pada 5 April 1950, gerombolan Andi Azis mulai melancarkan serangan. Mereka menyerang serta menduduki tempat-tempat penting, selain itu mereka juga menawan seorang Panglima Teritorium Indonesia Timur, yaitu Letnan Kolonel A.J. Mokoginata. Mengetahui hal tersebut, pemerintah kemudian mengeluarkan ultimatum sebagai bentuk reaksi atas kejadian tersebut pada tanggal 8 April 1950. Ultimatum yang dilayangkan isinya memerintahkan kepada Andi Azis untuk melaporkan diri sekaligus harus mempertanggungjawabkan perbuatannya itu ke Jakarta, Andi Azis diberi waktu selama 4 x 24 jam. Selain itu Andi Azis juga diminta untuk menyerahkan senjata beserta menarik pasukannya, dan diminta untuk membebaskan para sandera.space

Dengan demikian, latar belakang pemberontakan Andi Azis adalah penolakan terhadap masuknya anggota TNI ke dalam bagian APRIS.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Tuliskan pendapat kamu mengenai persamaan atau perbedaan latar belakang terjadinya aneka pemberontakan pada periode 1948-1965 dengan beberapa konflik pusat di daerah pada masa sekarang!

Pembahasan Soal:

Aneka pemberontakan, terutama yang terjadi pada Masa Pemberontakan Dalam Negeri, yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan ancaman integrasi bangsa yang berasal dari dalam negeri. Hal ini terjadi setelah kemerdekaan yang diakibatkan karena faktor ketidakpuasan rakyat terhadap berbagai macam kebijakan pemerintah.
Meski demikian, serangkain pemberontakan yang terjadi di masa lalu itu, memiliki persamaan dan perbedaan dalam konteks pemberontakan kekinian, beberapa di antaranya.

Perbedaan

 Latar belakang pemberontakan periode 1948-1965:

  • dapat terjadi karena faktor eksternal seperti pengaruh komunis dari Uni Soviet (PKI Madiun) dan bentuk negara federal oleh Belanda (Pemberontakan APRA).
  • erat kaitannya dengan mengubah ideologi dan dasar hukum negara (Pemberontakan DI/TII)
  • rakyat belum percaya sepenuhnya pada pemerintah

Latar Belakang konflik pusat-daerah masa sekarang:

  • terjadi karena faktor internal negara, seperti hukum yang berlaku kurang tegas sehingga orang yang bersalah bisa bebas dari hukum pidana
  • erat kaitannya dengan penuntutan keadilan dan kesejahteraan masyarakat

Persamaan

  • alasan melakukan pemberontakan/konflik masih berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan sistem pemerintahan

Dengan demikian, persamaan atau perbedaan latar belakang terjadinya aneka pemberontakan pada periode 1948-1965 dengan beberapa konflik pusat di daerah pada masa sekarang biasanya didasari karena faktor ketidakpuasan rakyat terhadap kebijakan pemerintah.

3

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved