Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pemilihan calon presiden dan wakil presiden sering menimbulkan konflik antar pendukung. Konflik tersebut membutuhkan upaya integrasi dan reintegrasi sosial agar hubungan antar pendukung kembali harmonis. Ilustrasi tersebut termasuk contoh konflik di tingkat....

Pemilihan calon presiden dan wakil presiden sering menimbulkan konflik antar pendukung. Konflik tersebut membutuhkan upaya integrasi dan reintegrasi sosial agar hubungan antar pendukung kembali harmonis. Ilustrasi tersebut termasuk contoh konflik di tingkat....space space 

  1. ....space space 

  2. ....space space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

konflik pada ilustrasi di atas terdapat pada tingkat konflik interorganisasi.

konflik pada ilustrasi di atas terdapat pada tingkat konflik interorganisasi.space space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Poin pada soal adalah terkait dengan jenis tingkatan konflik sosial dalam masyarakat. Dalamkehidupan sosial masayarakat akan selalunada interaksi-interaksi yang mempengaruhi hubungan masyarakat. salah satunya adalah i nteraksi yang memiliki dampak negatif, yang akan memicu terjadinya konflik sosial dalam masyarakat yang merupakan pertentangan antaranggota atau masyarakat yang bersifat menyeluruh di kehidupan. Konflik sosial tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat. Munculnya konflik sosial ini biasanya karena perbedaan antarindividu maupun kelompok. Sehingga konflik itu akan menjadi fenomena yang selalu ada antar masyarakat.Konflik yang terjadi dalam masyarakat memiliki beberapa tingkatan yaitu : 1) Konflik intrapersonal , adalah konflik yang terjadi pada diri sendiri. Konflik intrapersonal ini ditimbulkan oleh faktor-faktor pemikiran pribadi itu sendiri sendiri. 2) Konflik interpersonal ,adalah konflik yang terjadi karena pertentangan antar satu individu dengan individu lainnya baik. Konflik ini biasanya dipengaruhi oleh adanya perbedaan diantara masing-masing individu tersebut. 3) Konflik intragroup , adalah konflik yang disebabkan oleh individu-individu dalam kelompok itu sendiri. Konflik intragroup (intra kelompok) ini terjadi karena adanya ketidakcocokan ataupun kesalahpahaman di antara kelompok tersebut. 4) Konflik intergroup , adalah konflik yang terjadi karena adanya perbedaan ataupun persaingan di antara dua kelompok. 5) Konflik interorgansasi , adalah konflik yang terjadi antara dua organisasi atau lebih. Organisasi yang dimaksud di sini dapat berupa sebuah perusahaan, partai politik maupun negara. Dengan demikian, konflik pada ilustrasi di atas terdapat pada tingkat konflik interorganisasi.

Poin pada soal adalah terkait dengan jenis tingkatan konflik sosial dalam masyarakat. 

Dalamkehidupan sosial masayarakat akan selalunada interaksi-interaksi yang mempengaruhi hubungan masyarakat. salah satunya adalah interaksi yang memiliki dampak negatif, yang akan memicu terjadinya konflik sosial dalam masyarakat yang merupakan  pertentangan antaranggota atau masyarakat yang bersifat menyeluruh di kehidupan. Konflik sosial tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat. Munculnya konflik sosial ini biasanya karena perbedaan antarindividu maupun kelompok. Sehingga konflik itu akan menjadi fenomena yang selalu ada antar masyarakat.  Konflik yang terjadi dalam masyarakat memiliki beberapa tingkatan yaitu : 

1) Konflik intrapersonal, adalah konflik yang terjadi pada diri sendiri. Konflik intrapersonal ini ditimbulkan oleh faktor-faktor pemikiran pribadi itu sendiri sendiri.
2) Konflik interpersonal, adalah konflik yang terjadi karena pertentangan antar satu individu dengan individu lainnya baik. Konflik ini biasanya dipengaruhi oleh adanya perbedaan diantara masing-masing individu tersebut.
3) Konflik intragroup, adalah konflik yang disebabkan oleh individu-individu dalam kelompok itu sendiri. Konflik intragroup (intra kelompok) ini terjadi karena adanya ketidakcocokan ataupun kesalahpahaman di antara kelompok tersebut.
4) Konflik intergroup, adalah konflik yang terjadi karena adanya perbedaan ataupun persaingan di antara dua kelompok.
5) Konflik interorgansasi, adalah konflik yang terjadi antara dua organisasi atau lebih. Organisasi yang dimaksud di sini dapat berupa sebuah perusahaan, partai politik maupun negara.

Dengan demikian, konflik pada ilustrasi di atas terdapat pada tingkat konflik interorganisasi.space space 

Latihan Bab

Pengantar Integrasi Sosial

Syarat Terjadinya Integrasi Sosial

Faktor yang Memengaruhi Integrasi Sosial

Bentuk-Bentuk Integrasi Sosial

632

Septian Surya nugraha

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Rehabilitasi sangat diperlukan di daerah pasca konflik. Berikut ini yang tidak termasuk upaya rehabilitasi pasca konflik adalah ...

432

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia