Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pemerintah memindahkan penduduk dari daerah padat ke daerah jarang penduduknya dengan menanggung seluruh biayanya, dikenal dengan sebutan ….

Pemerintah memindahkan penduduk dari daerah padat ke daerah jarang penduduknya dengan menanggung seluruh biayanya, dikenal dengan sebutan ….

 

  1. transmigrasi lokal

  2. transmigrasi spontan

  3. transmigrasi umum

  4. transmigrasi sektoral

     

  5. transmigrasi bedol desa

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jenis-jenis transmigrasi yang dikenal di Indonesia adalah sebagai berikut: Transmigrasi lokal adalah transmigrasi dari suatu daerah ke daerah lain dalam suatu provinsi dan biaya ditanggung oleh departemen transmigrasi. Transmigrasi swakarya adalah transmigrasi yang diselenggarakan oleh departemen transmigrasi dengan jaminan hidup beberapa bulan, selanjutnya diberikan tanah kepada para transmigran untuk dikerjakan. Transmigrasi sektoral adalah transmigrasi yang pembiayaannya ditanggung oleh para transmigran secarabersama-sama. Transmigrasi umum adalah transmigrasi yang disebabkan tekanan penduduk di daerah asal. Biaya yang ditanggung oleh pemerintah. Transmigrasi spontan adalah transmigrasi yang diselenggarakan atas biaya sendiri dengan bimbingan dan fasilitas dari pemerintah. Transmigrasi keluarga adalah transmigrasi yang pembiayaannya ditanggung oleh keluarga yang berada di daerah transmigrasi. Transmigrasi bedol desa adalah transmigrasi seluruh penduduk dari sebuah atau beberapa desa beserta seluruh aparatur pemerintahannya ke daerah yang jarang penduduknya. Berdasarkan penjelasantersebut, maka dapat disimpulkan bahwajawaban yang tepat adalah transmigrasi umum. Pilihan jawaban yang benar adalah C.

Jenis-jenis transmigrasi yang dikenal di Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Transmigrasi lokal adalah transmigrasi dari suatu daerah ke daerah lain dalam suatu provinsi dan biaya ditanggung oleh departemen transmigrasi.
  2. Transmigrasi swakarya adalah transmigrasi yang diselenggarakan oleh departemen transmigrasi dengan jaminan hidup beberapa bulan, selanjutnya diberikan tanah kepada para transmigran untuk dikerjakan.
  3. Transmigrasi sektoral adalah transmigrasi yang pembiayaannya ditanggung oleh para transmigran secara bersama-sama.
  4. Transmigrasi umum adalah transmigrasi yang disebabkan tekanan penduduk di daerah asal. Biaya yang ditanggung oleh pemerintah.
  5. Transmigrasi spontan adalah transmigrasi yang diselenggarakan atas biaya sendiri dengan bimbingan dan fasilitas dari pemerintah.
  6. Transmigrasi keluarga adalah transmigrasi yang pembiayaannya ditanggung oleh keluarga yang berada di daerah transmigrasi.
  7. Transmigrasi bedol desa adalah transmigrasi seluruh penduduk dari sebuah atau beberapa desa beserta seluruh aparatur pemerintahannya ke daerah yang jarang penduduknya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa jawaban yang tepat adalah transmigrasi umum. Pilihan jawaban yang benar adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Secara garis besar mobilitas penduduk terdiri dari ….

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia